Inilah Cara Menggambar Motif Floral Batik Stilasi | Toko Kain Surabaya

Windy 27 Apr 2023 at 8:01
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Inilah Cara Menggambar Motif Floral Batik Stilasi

 

 

Batik Stilasi Motif Floral

 

Ada banyak ragam motif batik Indonesia yang saat ini beredar di pasaran. Masing-masing motif tersebar di setiap daerah dengan ciri khas yang berbeda-beda. Setiap bentuk motif yang ditorehkan dengan canting pada kain batik memiliki makna yang tersembunyi. Motif floral merupakan beberapa jenis motif yang mudah ditemukan dan biasa digunakan dalam membuat kain batik.

Salah satu metode menggambar motif batik floral yang banyak digunakan adalah stilasi. Teknik stilasi merupakan metode membatik dengan mengubah bentul asli dari sumber objek, dalam hal batik floral, maka objek yang dimaksud adalah tumbuhan. Dalam membuat motif floral dengan teknik stilasi, objek dilihat dari berbagai arah untuk kemudian digambar dengan pengayaan melalui penambahan berbagai macam bentuk baru yang dekoratif tanpa menghilangkan bentuk atau ciri asli objeknya. Batik yang dibuat dengan metode stilasi dinamakan batik stilasi.

 

Baca Juga Artikel Tentang Stilasi

 

Aspek Penting Ketika Menggambar Motif Floral Batik Stilasi

 

Motif Floral Batik Stilasi

 

Pada mulanya, teknik stilasi ini dimaksudkan untuk memudahkan pembatik dalam menorehkan lilin cair dalam canting ketika membuat motif batik pada kain mori. Dengan menggunakan teknik stilasi, suatu karya juga dapat menjadi lebih menarik dari pada objek aslinya.

Ketika membuat motif floral pada batik stilasi, terdapat dua hal paling penting yang harus diperhatikan yaitu bentuk bangun luar dan juga isen. Bangun luar merupakan bentuk terluar dari gambar batik, sedangkan isen merupakan kelengkapan dari bagian dalam bangun luar agar bentuk keseluruhan gambar stilasi menjadi sangat khas sekaligus menambah nilai variasi dan daya tarik dari motif  floral.

Dalam menggambar motif floral pada batik dengan teknik stilasi, ada beberapa penting yang harus diperhatikan oleh pembatik. Aspek penting tersebut yaitu:

  • Menyusun motif baru dapat dilakukan dengan cara merangkai bentuk yang tidak tepat, untuk kemudian bentuk tersebut disederhanakan. 
  • Cara menyusun motif baru yang akan dibuat yaitu dengan menyederhanakan bentuknya kemudian merangkai bentuk-bentuk tersebut.
  • Teknik stilasi memperbolehkan pembatik untuk menyederhanakan bentuk asli, tetapi tidak menghilangkan ciri khusus pada bentuk aslinya. 
  • Tetap mempertahankan ciri khas bentuk asli saat mengubah bentuk asli sumber menjadi bentuk dengan dekorasi yang baru.

 

Langkah-Langkah Membuat Motif Floral dengan Teknik Stilasi

 

Langkah - Langkah Menggambar Motif Floral Batik Stilasi

 

Menggambar motif floral dengan teknik stilasi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Pembatik harus mengikuti langkah-demi langkah secara tepat dan bertahap. Cara membuat gambar motif batik floral dengan teknik stilasi meliputi:

  1. Memilih Motif

Memilih motif floral atau objek tumbuhan yang akan dibuat sebagai batik stilasi merupakan hal yang harus Anda lakukan pertama kali. Dengan menetapkan objek tumbuhan yang akan digambar, Anda telah memiliki konsep dasar dari motif floral yang akan dibuat. Hal ini akan memudahkan Anda dalam membuat detail pola beserta improvisasi desain yang nantinya akan dibuat.

Untuk batik motif floral, Anda tidak harus menggambar keseluruhan bentuk tumbuhan. Namun, Anda bisa mengadaptasi berbagai bentuk dari bagian tumbuhan seperti bunga, daun, hingga tangkai tanaman dengan dekorasi yang menarik.

  1. Gambar Bangun Luar

Setelah objek tumbuhan yang akan menjadi inspirasi desain batik stilasi telah ditentukan, Anda bisa mempersiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan serta mulai menggambar motif batik. Buat gambar motif floral mulai dari bangun luar terlebih dahulu. Anda bisa menggambarnya dalam bentuk bebas atau bisa juga mengacu pada bentuk bidang hias aslinya.

  1. Bagi Bangun Luar Menjadi Beberapa Bagian

Jika gambar bangun luar telah tergambar seluruhnya, bagi menjadi beberapa bagian bangun luar. Hal ini bertujuan untuk menyempurnakan bagian-bagian bangun luar sesuai dengan bentuk-bentuk bagian motif batiknya.

  1. Buat Isen

Langkah berikutnya, Anda perlu melengkapi gambar stilasi pada bangun luar dengan isen-isen yang terdiri dari variasi titik, garis, blok, dan warna yang menjadi ciri khas obyek inspirasi Anda. Buat semenarik mungkin, namun tetap proporsional supaya gambar stilasi motif batik menjadi lebih menarik dan enak dilihat.

  1. Penyempurnaan Gambar

Selesaikan motif floral Anda dengan cara membersihkan bagian yang tidak diperlukan. Pada tahap ini, Anda juga harus menyempurnakan bagian-bagian bentuk, garis, blok dan warna motif batik agar tampilannya menjadi lebih rapi dan menarik.

 

Cek Yuk Sis Pilihan Warna Bahan Kemeja Dan Gamis Inma Premium Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Tips Menggambar Motif Floral Pada Batik Stilasi

 

Proses Menggambar Motif Floral Batik Stilasi

 

Meskipun dalam teknik stilasi terdapat kebebasan dalam mengkreasikan bentuknya sehingga tidak ada suatu batasan tertentu, tapi sebaiknya Anda tetap memperhatikan beberapa tips dalam membuat batik stilasi untuk mempermudah proses pembuatan batik. Berikut tips membatik dengan teknik stilasi yang bisa Anda ikuti:

  1. Gambar stilasi yang dibuat harus memberikan gambar yang tegas, sehingga maksud bentuk yang akan dibuat semakin jelas.
  2. Untuk memudahkan gambar stilasi dapat dibuat pada bidang datar atau dibuat dengan desain pola yang datar, sehingga tidak perlu membuat gambar yang tampak seperti tiga dimensi yang akan menyulitkan Anda.
  3. Setiap ornamen yang dibuat harus memiliki nilai keindahan serta tetap proporsional pada setiap ornamennya. Setiap coretan yang dibuat juga harus menjadi satu kesatuan gambar yang integral.
  4. Tidak menghilangkan ciri khas dari bentuk aslinya walau telah dikembangkan menjadi ornamen dan tambahan bentuk yang baru.

 

Itulah cara dan tips menggambar motif floral pada batik stilasi. Sebenarnya, langkah dan tips diatas juga bisa Anda implementasikan ketika menggambar motif batik lainnya. Selamat mencoba.

 

Baca Juga Artikel Terkait

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 19
  • 1928 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article