Ingin Mulai Usaha Inilah Cara Membuat Masker Kain Oxford | Toko Kain Surabaya

Administrator 3 Jan 2021 at 9:30
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Ingin Mulai Usaha Inilah Cara Membuat Masker Kain Oxford

 

 

Dari sekian banyak pertanyaan tentang masker kain, ini adalah yang cukup sering diajukan. Tentang bagaimana membuat masker kain, terutama supaya bisa benar-benar efektif untuk mencegah virus Covid-19. Itulah mengapa judul ini secara khusus membahas proses pembuatan masker berbahan Oxford, karena karakter kain ini memenuhi syarat bahan masker yang efektif.

 

Sebenarnya ada beberapa jenis bahan kain Oxford dan untuk pembahasan ini, membahas salah satu jenisnya yaitu Oxford Dy. Karena bahan ini dibuat dengan teknologi Achroma yang membuatnya anti bakteri dan anti air. Sehingga bisa secara efektif menahan droplet virus Covid-19 dan cocok dibuat menjadi masker kain.

 

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Simak lebih lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga Artikel Berikut

  

First, Siapkan Alat dan Bahan!

 
Foto Gunting , Benang , Dan Meteran
 
 
 

Tentu saja sebelum memulai tahap awal membuat masker kain, pastikan dulu bahwa semua bahan dan alat berikut ini sudah tersedia:

- Kain Oxford Sumtex (Minimal 25cm x 25 cm)

- Kain Golden Mella (Minimal 25cm x 25cm)

- Kain tambahan (jika ingin membuat masker 3 lapis)

- Gunting

- Karet (yang biasanya dipakai di dalam ikat rambut)

- Jarum dan benang, atau mesin jahit

- Pensil dan penggaris

 

 

Cek Yuk Warna2 kain pilihan oxford di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

#1 Pola dan Pemotongan Bahan

 
 
ilustrasi mempersiapkan pola

ilustrasi mempersiapkan pola

 
 

Pertama gambar pola pada kain yang sudah disiapkan sesuai ukuran yang diinginkan. Jika bingung, bisa mencontoh masker kain yang sudah dimiliki dan size-nya pas. Pola bisa digambarkan langsung pada kain menggunakan pensil dan garis. Setelahnya gunting kain mengikuti pola yang sudah digambar tersebut.

Karena disini dibuat 2 lapis kain menggunakan bahan Oxford Dy dari Sumtex dan bahan kain Golden Mella, keduanya digambar dan digunting dengan ukuran yang sama. Usahakan untuk menggambar di sisi yang nantinya akan dipakai sebagai sisi dalam. Sehingga coretan pensil bisa tertutup oleh jahitan.

 
 

#2 Menjahit Tepian Atas-Bawah

 

 
ilustrasi menjahit tepian atas dan bawah

ilustrasi menjahit tepian atas dan bawah

 
 

Setelah digunting, dua lapis kain tersebut dijahit menjadi satu. Caranya dengan menjahit bagian atas dan bagian bawahnya. Selain berfungsing menggabungkan kedua bahan tersebut, jahitan tepian juga akan membuat masker tampak lebih rapi. Supaya kain tidak mudah bergeser, Anda bisa menggunakan peniti untuk menjaganya tetap stabil.

 
 

#3 Menjahit Tepian Samping

 
ilustrasi menjahit tepian samping

ilustrasi menjahit tepian samping

 
 

Setelah selesai dengan tepian atas bawah, saatnya Anda menjahit tepian samping kanan dan samping kiri. Sebelum menjahitnya, lipat kain masker bagian atas menuju ke tengah dan bagian tengah menuju ke bawah. Sehingga bentuknya mirip dengan lipatan pada masker medis. Jumlah dan lebar lipatan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan lebar kain.

Untuk lipatan tepi samping, Anda bisa sekaligus melintangkan karet yang nantinya digunakan sebagai pengait telinga. Sehingga secara lebar lipatan bisa dibuat lebih besar dibanding dengan lipatan atas dan bawah. Supaya lipatan bagian tengah masker tidak terlepas saat Anda menjahit, bisa ditahan dengan peniti.

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

#4 Finishing

 

ilustrasi masker yg sudah jadi
ilustrasi masker yg sudah jadi
 
 

Untuk tahap akhir, Anda bisa menggunting bagian tepi masker supaya lebih rapi. Selain itu juga bisa membuat Anda lebih nyaman ketika menggunakannya. Ketika Anda menyelesaikan tahapan ini, Anda sudah berhasil membuat masker kain yang sesuai dengan standar efektif. Karena bahan Oxford Dy teruji anti air sehingga bisa menahan droplet dari luar untuk masuk ke hidung atau mulut.

 

Tentu saja tahapan ini bisa Anda modifikasi kembali menyesuaikan dengan kebutuhan. Terutama dari pola desain masker kain. Karena ada cukup banyak ragam bentuk masker kain yang beredar di pasaran dan bisa Anda jadikan contoh. Apalagi jika Anda berencana untuk menjual masker kain Oxford tersebut, maka desain akan jadi poin yang sangat penting.

 

Apabila anda membutuhkan Berbagai macam kain oxford, baik itu Oxford Super Pandawa, Oxford Dy by sumtex, Oxford twotone. Kusuka Tropical. Kami Mitra mulia menyediakan nya. Untuk informasi lebih jelas dapat menghubungi contact wa kami : 081703812160

Selamat mencoba!

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 97
  • 4909 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article