Tips Mengembangkan Bisnis dengan Strategi Kemitraan | Toko Kain Surabaya

Windy 5 Oct 2021 at 7:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tips Mengembangkan Bisnis dengan Strategi Kemitraan

 

Dalam berbisnis, ada banyak sekali tugas yang butuh diselesaikan, dikembangkan dan diwujudkan agar bisnis tersebut bisa maju dan berkembang. Tak hanya melulu soal bagaimana cara meningkatkan penjualan dan keuntungan semata saja, tapi banyak aspek yang butuh untuk difokusi dan dikembangkan juga. Karena seyogyanya hasil penjualan yang meningkat maupun laba yang besar adalah hasil akhir dari sebuat performa perusahaan yang optimal. 

 

Performa yang optimal ini disokong oleh banyak hal, mulai dari strategi, manpower, hubungan dengan stakeholder, mitra dan pelanggan yang baik dan sebagainya. 

 

Dalam kesempatan ini kita akan membahas mengenai bagaimana kemitraan bisa menjadi salah satu opsi strategi untuk mengembangkan bisnis dan bagaimana tipsnya agar strategi tersebut berhasil. 

 

2 orang sedang mencapai kesepakatan bisnis

 

Kemitraan bukan hal baru di dalam dunia bisnis. Seperti halnya manusia yang merupakan makhluk sosial, berangkat dari itu pula, sebuah perusahaan tak bisa berdiri dan bergerak sendiri. Perusahaan pun membutuhkan kehadiran, keterlibatan dan kerja sama dengan perusahaan lain untuk menyokong dan memajukan bisnisnya. Banyak perusahaan memilih strategi ini karena kehadiran mitra dapat meringankan pekerjaan perusahaan yang mana hal itu secara tidak langsung menjadi upaya meningkatkan performa perusahaan. 

 

Bagian mana yang akan terbantu akan bergantung pada di bidang apa kerja sama dengan mitra dilakukan. Apakah di bagian produksi, suplier, marketing dan sebagainya. Nah berikut ini adalah beberapa tips untuk mengembangkan bisnis dengan strategi kemitraan.

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Apa saja yang perlu dipertimbangkan? 

 

Orang sedang memikirkan pengembangan bisnis

 

Sebelum lebih jauh membahas kerja sama kemitraan bisnis, bagi Anda yang mungkin masih akan memulai kemitraan, sebaiknya lakukanlah riset lebih dahulu dengan perusahaan mana yang paling cocok menjadi mitra bisnis Anda. Mempertimbangkan mitra sebelum bekerja sama bisa dikatakan sebagai salah satu langkah terpenting. Keliru dalam memetakan calon mitra akan berdampak panjang untuk kemajuan bisnis Anda. Bisa jadi, bukannya maju malah akan diliputi berbagai masalah. 

 

Nah, variabel apa saja yang menjadi pertimbangan penting sebelum bersepakat bekerja sama? Pertama pastilah visi misi perusahaan calon mitra. Visi calon mitra patut kita pertimbangkan karena hal itu adalah arah yang dituju oleh perusahaan tersebut. Apakah visi calon mitra mendukung ataukah menghambat visi perusahaan kita. Kedua, kita patut mempertimbangkan spesialisasi kerja calon mitra, bagaimana etos kerja perusahaan tersebut, track record selama berdiri, bahkan prestasi. Semua itu dapat menjadi pertimbangan untuk memantapkan pilihan. 

 

Satukan Visi Bermitra 

 

berbagai elemen menyatukan visi untuk mengembangkan

 

Visi menjadi satu hal yang tak bisa dikompromikan. Baik perusahaan kita maupun mitra telah memiliki visi bisnis masing-masing, nah setelah sepakat bermitra, visi kemitraan harus disepakati bersama. Apa yang ingin diraih dalam kerja sama tersebut sampai merumuskan bersama juga akan sejauh apa dan bagaimana cara-cara meraihnya. 

 

Penyatuan visi bersama ini dapat menjadi pijakan sekaligus penolong jika suatu saat terjadi keretakan atau masalah perpecahan. Visi bisa menjadi perekat untuk kembali kepada kesepakatan kerja sama yang disepakati di awal, sekaligus menjadi penyokong semangat meraih tujuan. Semua langkah dan strategi yang akan diputuskan dan ditempuh berikutnya juga akan berlandaskan pada visi yang disepakati. 

 

Membina Pasar Bersama 

 

memikirkan cara untuk maju bersama

 

Pasar adalah sebuah lahan tempat menanam, merawat kemudian memanen hasil. Pasarlah tempat perusahaan memasarkan barang atau jasanya, dan mendapatkan keuntungan. Pasar yang disasar tak bisa menjadi tanggung jawab salah satu pihak saja, tapi harus dijaga bersama, dirawat dengan baik. 

 

Melaksanakan Hak dan Kewajiban

 

menyatukan visi di bawah hukum 

 

Salah satu tips untuk menjaga kemitraan awet dan membuahkan hasil yang optimal adalah masing-masing pihak menjaga hak dan kewajiban tetap berjalan sebagaimana mestinya. Hak dan kewajiban masing-masing dilakukan dengan baik sehingga tak ada yang dilanggar. Hak dan kewajiban yang terlanggar dapat memicu konflik dan menimbulkan kerugian, besar kecilnya bergantung pada hak dan kewajiban apa yang tidak dilaksanakan. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Mendiskusikan strategi pengembangan bisnis 

 

rapat rutin untuk menyamakan visi dan misi

 

Salah satu pertimbangan kenapa sebuah perusahaan memutuskan strategi bermitra adalah karena ada bidang-bidang yang tak mampu dilakukan sendiri oleh perusahaan sehingga membutuhkan bantuan perusahaan lain. Agar kemitraan yang dibuat ini dapat berjalan sinergis dan keduanya diuntungkan serta memperoleh hasil optimal, maka sebisa mungkin strategi-strategi yang dalam pelaksanaannya melibatkan perusahaan mitra, lebih baik dibahas dan didiskusikan bersama sebelum dibuat keputusan. 

 

Langkah ini dapat menjadi moment untuk menyatukan arah gerak, memberi kesempatan perusahaan mitra mengutarakan pendapat serta masukan dan bagi pihak kita bisa mendapatkan insight baru. Strategi yang diputuskan bersama kemungkinan suksesnya lebih besar karena masing-masing pihak merasa memiliki hak milik dan andil di dalam strategi itu. 

 

Strategi kemitraan dianggap banyak memberikan keuntungan untuk perusahaan disamping banyak juga konsekuensi dan langkah yang butuh dilakukan perusahaan agar kemitraan bisaa awet dan mendulang hasil yang memuaskan. 

 

Semoga tips membangun kemitraan untuk kemajuan bisnis ini dapat bermanfaat untuk Anda!

 

Cek Yuk Warna Bahan Seragam Kerja Grandmax Tropical Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 13
  • 3392 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article