Apa itu jaket perang dunia 2 | Toko Kain Surabaya

Windy 12 Aug 2021 at 7:19
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Apa itu jaket perang dunia 2? Ini jawabannya!

 

Apa yang terpikir dalam benak Anda begitu mendengar jaket perang dunia 2? Apakah Anda segera membayangkan itu adalah jaket yang dipakai para tentara perang dunia ke-2? Jaket bekas yang kini dijual kembali? Atau jaket masa kini yang desainnya terinspirasi oleh model jaket para tentara perang dunia? 

Sebenarnya keduanya sama-sama benar, hanya saja dalam tulisan kali ini kita akan lebih berfokus pada pertanyaan kedua. Yaitu mengenai jaket yang diilhami dari desain jaket perang dunia dan bagaimana perkembangan jaket tersebut dari masa ke masa! 

 

Baca Yuk Artikel Tentang Jaket Yang Lain

 

Asal Mula Jaket Bomber

 

Anda pasti tahu jaket model bomber yang tetap ngetren dan tinggi peminatnya sampai masa kini. Mungkin kita mengira jaket bomber adalah model baru, padahal jaket ini sudah ada sejak masa perang dunia pertama! Justru jaket bomber diciptakan untuk menunjang kebutuhan para pilot pesawat tempur perang dunia. 

 

Model Menggunakan Baju Jaket

 

Dahulu, bagian pilot pesawat tempur masih terbuka, tidak seperti masa kini yang sudah memiliki standar keamanan yang baik. Alhasil, para pilot itu butuh perlindungan dari angin kencang dan suhu yang makin dingin di ketinggian. Untuk memberikan kenyamanan, maka dibuatlah jaket bomber dengan desain yang fit di badan dan mampu memberi kehangatan serta perlindungan dari angin kencang. 

 

Jaket terbang untuk pilot awal mulanya dibuat dari bahan yang berat dan kurang fleksibel namun diklaim mampu memberi kehangatan paling ampuh. Jaket tersebut dibuat dari kulit sintetis dengan leher tinggi yang diberi bulu-bulu. Begitu juga pada bagian tangan dan pinggangnya juga diberi bulu-bulu untuk memberikan ekstra kehangatan. Selain itu ditambahkan pula aksen gasper di bagian pinggang agar jaket lebih pas di badan dan menutup tubuh secara sempurna. 

 

Perkembangan Jaket

 

Seiring bertambahnya kebutuhan, jaket terbang pilot desain lama mulai kurang relevan. Pesawat tempur makin canggih, makin cepat dan kokpit makin sempit. Itu karena banyak alat dan fitur baru yang ditambahkan dalam kemudi namun badan pesawat semakin menyempit agar pesawat makin melesat jauh. 

 

Foto tentara AU menggunakan jaket tempur

 

Pada perkembangannya jaket para pilot ini dibuat lebih fit lagi di badan, bulu-bulu diganti dengan karet dan spons agar lebih ringan dan nyaman serta tidak menganggu pilot. Dari segi bahan juga semakin dikembangkan. Dipilih kulit sintetis terbaik yang lebih ringan dan fleksibel untuk pilot. Beberapa pola saku juga dimodifikasi baik bentuknya, pintu lubangnya dan besar kecilnya saku. 

 

Perkembangan Teknologi

 

Semakin canggih teknologi dan makin meningkatnya tuntutan kebutuhan mobilitas yang tinggi dari pesawat tempur dan pilotnya, jaket terbang makin dimodifikasi lagi. Bahan kulit sudah dianggap tidak relevan karena terlalu berat untuk pilot yang membutuhkan pakaian ringan ketika terbang menukik ke atas. 

 

Apalagi semakin canggih pesawat tempurnya, alat-alatnya makin banyak, dudukan cokpit makin sempit. Karena itu para pilot tempur perang dunia ini membutuh jaket yang lebih nyaman, ringan, tidak memenuhi ruang namun tetap bisa melaksanakan fungsinya dengan baik. Bahan jaket bomber untuk pasukan perang akhirnya diganti menjadi nilon yang lebih ringan, kuat dan hangat. 

 

Model menggunakan Jaket

 

Lambat laun dengan semakin berkembangnya zaman, jaket terbang pilot ini tidak hanya dipakai oleh pilot saja, tapi juga tentara perang lainnya yang bukan pilot. Armada angkatan darat dan laut pasukan Amerika pada saat perang dunia juga mengenakan jaket model bomber ini untuk melindungi tubuh mereka dari cuaca dingin dan berangin. Lalu pada masa berikutnya, jaket jenis bomber ini dipakai oleh masyarakat sipil dan berubah menjadi sebuah trend ketika para selebritis berpengaruh memakainya dalam membintangi film, iklan tv maupun dalam majalah-majalah fashion. 

 

Baca Yuk Artikel Tentang Jaket Yang Lain

 

Menjadi Ikon Fashion

 

Model menggunakan jaket untuk fashion

 

Jaket bomber terus berevolusi baik dari jenis bahan pembuatnya dan juga desain jaketnya selalu update dan mengikuti kebutuhan pasar. Bomber kulit sintetis yang sejak awal kali dibuat dulu menjadi andalan untuk menangkal dingin dan angin, kini sudah jarang dipakai. Bahan pembuat bomber lebih beragam lagi. Mulai dari bahan nilon kualitas premium, baby canvas dan bahan-bahan lain yang dinilai mampu memberikan kesan fashionable dan tinggi peminat pasarnya. Bahan kulit sudah dianggap ketinggalan zaman dan terlalu mahal. Dari segi model pun sudah banyak berubah dan variasi. 

 

Apalagi semenjak gelombang k-pop menerjang pasar Indonesia dan banyak bintang korea yang mengenakan jaket bomber sebagai fashion yang casual namun tetap elegan, peminat jaket bomber di Indonesia makin tinggi. Jaket yang dahulu diafiliasikan dengan kelompok-kelompok jahat, negatif bahkan pemberontak (di wilayah dan waktu tertentu), kini menjadi jaket fashionable yang seolah tak lekang perkembangan zaman. Selalu muncul trend baru, harga yang terus bersaing dan pasar yang tak pernah sepi. Jaket perang dunia dua itu selalu memiliki fans setianya hingga ratusan tahun setelah perdamaian. 

 

Pilihan Warna Rekomendasi Bahan Jas Almamater dan Bahan Baju Wear Pack Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 39
  • 4512 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article