Daftar Bahan yang Bisa Digunakan untuk Membuat Vest Gelembung | Toko Kain Surabaya

Hilda W 26 Jun 2023 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Daftar Bahan yang Bisa Digunakan untuk Membuat Vest Gelembung

 

 

 

kain parasut

 

 

 

Vest gelembung atau bisa juga disebut rompi gelembung menjadi salah satu item fashion yang paling banyak dicari saat musim dingin tiba. Untuk iklim tropis seperti di Indonesia yang tidak memiliki musim dingin, jenis vest ini tetap dibutuhkan pada cuaca berangin dan musim hujan. Rompi gelembung ini juga sering dipakai para pendaki gunung untuk menghangatkan badan.

      

Rompi gelembung dibuat dengan tujuan melindungi tubuh dari udara dingin. Oleh karenanya, rompi gelembung tidak cocok digunakan saat cuaca panas karena akan membuat pemakainnya merasa gerah. Rompi gelembung dibuat secara khusus untuk menghalau angin dan udara dingin agar tidak bersentuhan langsung dengan tubuh. Tidak hanya udara dingin yang berangin biasa, tetapi pada tingkatan ekstrem tertentu.

   

Kegunaan tersebut tidak terlepas dari dua lapis perlindungan untuk tubuh yang ada pada vest gelembung. Lapisan pertama, yaitu bahan luar vest menggunakan bahan anti angin dan air. Dengan sifat bahan tersebut, angin luar tidah bisa menembus tubuh, dan kehangatan tubuh dapat terjaga. Lapisan kedua yaitu isian di dalam vest yang memberikan volume dan tambahan kehangatan. Isian vest ini ada dua jenis, yang alami biasanya diisi bulu angsa. Vest ini juga bisa diisii dengan bahan sintetis seperti serat dacron yang juga dapat memberikan kehangatan untuk tubuh pemakainya. 

      

Perbedaan jenis bahan yang digunakan dalam membuat vest gelembung akan menentukan tingkat kenyamanan pemakaian dan kekuatan perlindungannya terhadap dingin dan cuaca berangin. Perbedaan kualitas inilah yang juga menjadi variabel perbedaan harga di pasaran.  Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami karakteristik dari masing-masing bahan vest ini dan kualitasnya.

 

 

Bahan Luar untuk Vest Gelembung 

Bagian luar dari rompi gelembung bisa dibuat dari berbagai jenis bahan. Tiga jenis bahan yang paling sering digunakan untuk membuat rompi ini meliputi:

 

  1. Bahan parasut

Bahan pertama adalah bahan parasut yang terbuat dari serat polyester murni. Bahan parasut ini sangat panas karena tidak memiliki serat alami sama sekali. Bahan parasut tidak memiliki cukup pori-pori untuk menjaga sirkulasi udara di dalam dan di luar tubuh. Selain membuat bahan ini cenderung panas, bahan parasut juga tidak dapat menyerap keringat dengan baik.

 

Bahan parasut memiliki kemampuan tahan air, meskipun tingkat kemampuannya tersebut berbeda-beda tergantung jenis parasut yang digunakan. Sayangnya, parasut tergolong bahan yang tipis dan mudah kusut. Vest dengan bagian luar parasut butuh isian yang lebih tebal agar cukup untuk menghangatkan tubuh.

 

 

 

Bahan parasut

 

 

  1. Bahan ribstop 

Ribstop berada satu tingkat di atas parasut dari segi kualitas dan harganya. Bahan ribstop sedikit lebih tebal. Dari segi kekuatan serat kain, ribstop juga lebih baik dibandingkan bahan parasut. Bahan ini dibuat dengan tentunan berpola crosshatch. Ada serat benang penguat yang dibuat pada interbal 5-8 mm. Pola crosshatch inilah yang memberikan tekstur kotak-kotak pada kain.

    

Ribstop dibuat dari kombinasi sutra, polyester, kapas dan nilon, sehingga sifat-sifat di dalamnya merupakan perpaduan dari bahan-bahan tersebut. Ribstop cocok sekali untuk vest gelembung karena kedap angin dan udara yang diharapkan mampu melindungi tubuh dari angin dan suhu dingin. 

 

 

Bahan ribstop

 

 

  1. Bahan taslan 

Bahan taslan yang banyak digunakan sebagai bahan dasar peralatan kegiatan outdoor seperti tenda, tas, jaket dan celana, juga sering menjadi bahan untuk membuat bagian luar rompi gelembung. Bahan ini memiliki sifat tahan air dan angin serta daya tahan bahan yang sangat tinggi. Kekuatan seratnya sangat baik, yang membuatnya tidak mudah sobek.

     

Bahan taslan memiliki serat nilon di dalamnya dan dibuat dengan  metode air jet texturing. Keunggulan lain yang dimiliki kain taslan adalah bahannya anti jamur dan permukaan yang lembut. 

 

 

 

Bahan taslan

 

 

Bahan isian vest gelembung

Bahan isian vest memiliki peranan penting dalam memberikan kehangatan serta kenyamanan vest gelembung. Berikut adalah 2 jenis isian yang paling banyak digunakan:  

 

  1. Bulu angsa sintetis 

Bulu angsa asli sering digunakan untuk pengisian bantal dan jaket. Seiring perkembangan zaman dan teknologi, kini telah ditemukan teknologi pembuatan bulu angsa sintetis yang dinamakan microfiber. Bulu angsa asli lebih sulit didapatkan. Selain itu, harganya yang sangat mahal dan lebih mudah berjamur serta kotor membuat penggunaan bulu angsa sintetis semakin meningkat.

 

Bulu angsa sintetis dibuat dari serat polyester, yang kemudian diubah bentuk menjadi benang-benang fiber sangat kecil. Bulu angsa sintetis lebih mudah dirawat dan lebih tahan lama dibandingkan bulu asli. Bulu angsa sintetis juga tidak menyerap air, sehingga tidak mudah basah dan tetap ringan meski basah. Kemampuannya tersebut membuatnya mampu memberikan isolasi yang baik, sehingga dapat menjaga suhu tubuh pemakainya saat digunakan di cuaca dingin.

 

 

isian vest gelembung

 

 

  1. Dacron 

Dacron adalah salah satu bahan yang sering digunakan sebagai isian vest gelembung karena lebih ringan daripada bulu angsa atau bahan isian lainnya. Dacron juga tergolong jenis isian yang mudah dirawat dan lebih tahan lama dibandingkan bahan lainnya. Dacron memiliki daya isolasi yang baik, sehingga mampu menjaga suhu tubuh pemakainya di cuaca dingin. Dacron juga tahan terhadap kelembaban dan cepat kering, sehingga cocok digunakan dalam cuaca basah.

 

 

Dacron

 

 

Rekomendasi Warna Bahan Parasut Milky Taslan di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 9
  • 1643 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article