Langkah Membuat Katalog Produk yang Menarik Pelanggan | Toko Kain Surabaya

Windy 30 Jul 2022 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Langkah Membuat Katalog Produk yang Menarik Pelanggan

 

Di era yang sedang bertransformasi ini, katalog produk semakin memegang peranan penting untuk menarik calon customer memberi produk yang kita tawarkan. Sebetulnya, katalog produk sudah dipakai semenjak dulu. Bila kita ingat pergi ke supermarket, selalu ada lembaran katalog produk yang sedang diskon di minggu itu pada pintu masuk. Melalui katalog tersebut, kita menjadi tahu produk mana saja yang sedang diskon. Saat ini fungsi katalog produk menjadi lebih dari sekedar memberi informasi diskon dan harga saja, namun seluruh spesifikasi produk disampaikan lewat sebuah katalog. Tidak hanya berbentuk cetak saja, saat ini katalog produk lebih banyak dibuat dalam bentuk online yang dapat diakses siapapun, dimanapun dan kapanpun. Di sanalah salah satu nilai perbedaan yang membuat katalog produk jadi lebih penting. 

 

Katalog Produk yang Menarik Pelanggan

 

Katalog produk bagaikan pertemuan awal calon pembeli untuk mengenali bisnis dan produk kita. Katalog tersebut menjadi wakil kita yang akan mengenalkan kepada konsumen seperti apa kita dan bagaimana produk kita. Apalagi ketika budaya membeli semakin bergeser ke sistem online, maka foto dan video yang ditampilkan pada katalog produk digital menjadi satu-satunya media untuk konsumen mengetahui bentuk rupa produk kita. Katalog produk digital menjadi media yang sangat penting, oleh karenanya kita tidak bisa membuatnya ala kadarnya saja, tapi harus dibuat dan direncanakan dengan sebaik-baiknya. 

Nah, sebelum membuat katalog produk, ada baiknya kita simak dulu beberapa tips berikut ini:

 

Pilihan Warna Rekomendasi Bahan Jas Almamater dan Bahan Baju Wear Pack Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Inilah beberapa hal yang dapat menjadi perhatian dan tips membuat katalog produk yang menarik!

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Tampilkan sisi terbaik dari produk melalui foto yang berkualitas

Foto dan video adalah media yang sangat penting untuk menyuguhkan visualisasi produk kepada customer. Hanya melalui foto dan video inilah customer dapat melihat bagaimana penampakan produk kita. Bila foto yang kita berikan tidak memberikan tampilan yang jelas dan bagus, customer tidak akan tertarik dan urung membeli. 

Saat ini banyak sekali jasa foto katalog produk yang profesional. Mereka menawarkan jasa fotografi untuk mendokumentasikan produk anda pada sisi terbaiknya. Kita memerlukan foto produk yang hidup, dan mempengaruhi minat seseorang untuk membeli hanya dengan melihat foto yang menarik tersebut. 

 

Katalog Produk yang Menarik Pelanggan

 

Contohnya foto makanan, yang diambil dari sudut yang pas, warna yang hidup dan pencahayaan yang tepat, dapat menggugah selera makan dan keinginan untuk mencoba bagaimana rasa makanan itu. Foto produk yang baik adalah yang mampu membuat orang tertarik dan ingin membeli. 

 

Berikan judul atau nama produk yang mudah diingat dan unik 

 

Katalog Produk yang Menarik Pelanggan

 

Jangan lupa, ada foto produk, berikan juga nama produknya di dekat foto tersebut agar orang yang melihat segera mengidentifikasi dan mengingatnya dalam memori mereka. Nama produk yang unik dan mudah diingat, akan sangat membantu customer untuk mengingat produk kita. Kadang kala, keputusan pembelian itu tidak datang sekaligus pada pandangan pertama. Perlu waktu untuk menimbang dan memikirkan kembali beberapa pilihan sebelum akhirnya kembali kepada produk kita dan membelinya. Nama produk yang terlalu sulit akan menyulitkan customer mengingatnya dan akhirnya memperkecil peluang mereka memilih karena lupa. 

 

Sematkan deskripsi produk secara singkat dan jelas 

Deskripsi produk pada saat membuat katalog produk tidak boleh dilupakan. Kolom deskripsi produk pada katalog merupakan cara kita memberitahu konsumen lewat kalimat-kalimat yang padat mengenai detail produk. Keberadaan deskripsi produk, selain itu memberitahu wawasan produk, juga untuk mempengaruhi keputusan pembelian mereka. deskripsi produk dapat berisi kelebihan dan manfaat apa saja yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi produk tersebut, sehingga calon customer lebih yakin untuk membelinya. 

 

Tambahkan kontak yang bisa dihubungi dengan mudah 

 

Katalog Produk yang Menarik Pelanggan

 

Setelah memaparkan, foto dan deskripsi produk yang menarik, jangan lupa bahwa customer butuh tahu kemana mereka harus menghubungi bila ingin mendapatkan produk tersebut. Kita harus membubuhkan kontak customer service yang dapat dihubungi dengan cepat dan mudah agar customer tidak bingung. Semakin mudah dan banyak media yang dapat dihubungi customer, mereka akan semakin senang berbelanja produk kita. 

 

Bubuhkan beberapa testimoni dari customer Anda sebelumnya 

Nah, sebagai tips yang terakhir, testimoni dari customer lain yang sudah merasakan manfaat produk kita dan positif, dapat menjadi penguat untuk meyakinkan calon pembeli bahwa mereka tidak akan rugi jika membeli produk ini. Tidak ada salahnya untuk menyantumkan dua hingga tiga testimoni produk dari customer lainnya pada katalog produk. Pastikan jumlahnya tidak terlalu banyak dan akan lebih menjual bila testimoni tersebut berasal dari orang yang terkenal atau publik figur. Paling tidak, yang memberikan testimoni adalah seseorang yang kredibel di bidangnya sehingga semakin menguatkan pernyataannya. 

Membuat katalog produk yang digunakan secara online maupun offline harus memperhatikan kaidah-kaidah yang tepat agar katalog tersebut mampu menarik pelanggan untuk membeli. Semua unsurnya harus dipersiapkan dan disajikan dengan desain yang tepat sehingga katalog terlihat elegan, bagus dan padat berisi. 


Baca Juga Artikel Berikut

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 7
  • 2401 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article