Tutorial Membuat Celana Kargo Wanita dengan Kain Drill | Toko Kain Surabaya

Windy 15 Nov 2021 at 9:23
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tutorial Membuat Celana Kargo Wanita dengan Kain Drill

 

Celana kargo wanita semakin banyak diminati terutama oleh kalangan muda. Mereka yang selalu mengikuti perkembangan tren fashion, lebih menyukai model-model yang sedang banyak disukai. Padahal sebenarnya model ini tidak termasuk baru, karena celana kargo sendiri sudah lahir sejak lama. Hanya saja memang pada awalnya celana ini hanya dipakai oleh kalangan pria, khususnya para tenaga militer. Hingga pada perkembangannya, celana ini juga diminati sebagai style sehari-hari dan para wanita. 

 

Rekomendasi Warna Bahan Celana Kargo Japan Drill Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Tentang Kain Drill

Bahan yang akan digunakan dalam tutorial ini adalah kain drill, khususnya jenis Japan Drill. Tentu saja ini bukan jenis kain yang baru, karena sudah cukup umum digunakan dalam pembuatan pakaian kerja formal, termasuk celana panjang. Bukan tanpa alasan karena memang kain drill memiliki beberapa kelebihan berikut:

  1. Bahan mampu menyerap keringat dengan cukup baik. Itu membuatnya sangat cocok untuk dipakai banyak aktivitas kerja, indoor maupun outdoor.
  2. Permukaan bahan tergolong lembut sehingga nyaman saat bergesekan dengan kulit 
  3. Kain cukup tebal dan kuat, membuatnya tergolong bahan yang tahan lama dan tahan berbagai cuaca
  4. Warna kain tidak mudah memudar dan tidak mudah kusut, menjadikan pemakainya bisa terus merasa percaya diri meskipun dipakai untuk banyak aktivitas gerak 
  5. Pilihan warna banyak dan memudahkan untuk penyesuaian warna sesuai yang diminati 

 

Model Celana Kargo Wanita

Proses pembuatan celana tentu saja dimulai dengan penentuan model. Nantinya akan dilanjutkan dengan penentuan ukuran dan hasil rancangan siap untuk dijadikan sebagai pedoman proses menjahit. Untuk Anda yang ingin memproduksi celana kargo wanita, berikut adalah beberapa inspirasi desain yang bisa Anda terapkan:

 

  1. Celana Kargo Longgar

 

 

Celana kargo wanita yang satu ini memiliki potongan yang lurus, sedikit menyempit di bagian bawah, tapi masih longgar. Bagian pinggangnya umumnya menggunakan model ikat pinggang dan resleting untuk buka-tutup. 

 

  1. Celana Kargo Jogger

 

 

Secara umum, potongan dari celana kargo wanita model jogger hampir sama dengan model longgar. Hanya saja bedanya pada bagian pergelangan kaki, menggunakan kolor. Selain itu pada bagian pinggangnya juga biasanya menggunakan model kolor.

 

  1. Celana Kargo 7/8

 

 

Sedangkan untuk model celana kargo wanita yang satu ini, mirip dengan model jogger. Hanya saja untuk panjangnya dibuat sampai betis. Sehingga lebih mengekspos kaki lebih banyak. 

 

  1. Celana Kargo Pas

 

 

Celana kargo model ini juga sebenarnya hampir mirip dengan celana kargo jogger. Hanya saja untuk potongannya dibuat pas mengikuti bentuk kaki. Sehingga membuatnya ketat saat dipakai. Biasanya model ini lebih disukai oleh para wanita yang lebih percaya diri untuk mengekspos bentuk kaki

 

Pembuatan Celana Kargo Wanita

Celana kerja yang akan dibuat dalam tutorial ini adalah model celana kargo longgar. Sebagaimana telah dipaparkan sejak awal, bahwa celana kerja yang akan dibuat menggunakan bahan Japan Drill. Tentu saja Anda masih bisa menggunakan jenis bahan lain untuk mendapatkan hasil yang hampir serupa, dengan bahan American Drill, katun, corduroy dan seterusnya. Kode warna yang kami pilih adalah 128. 

 

Sedangkan untuk ukuran yang digunakan pada pembuatan celana dalam artikel ini antara lain:

  • Lingkar Pinggang 78 cm
  • Lingkar Paha 48 cm
  • Lingkar pinggul 90 cm
  • Lingkar pergelangan kaki 23 cm
  • Panjang kaki 93 cm

 

Anda juga bisa menggunakan ukuran custom sendiri atau menggunakan ukuran celana wanita universal seperti berikut ini:

 

 

Jika semua bahan dan alat sudah tersedia, maka Anda bisa melanjutkan pada proses berikut ini:

 

  1. Pembuatan Pola 

Jika Anda mengikuti tutorial ini dan menggunakan ukuran celana wanita universal,, Anda bisa menggunakan pola baju wanita universal yang sudah tersedia. Namun jika Anda menggunakan ukuran yang lebih custom, maka Anda perlu membuat polanya terlebih dulu sesuai ukuran tersebut. Anda bisa melihat selengkapnya cara untuk membuat pola dasar celana panjang disini.

Berikut gambaran umum pola yang dibuat berdasarkan ukuran yang telah ditentukan di atas:

 

  1. Pemotongan Pola

Tahap berikutnya adalah memotong pola yang sudah dibuat. Disarankan untuk memakai gunting yang benar-benar tajam agar hasil potongan rapi. Anda bisa memulai potongan dari bagian yang dekat dengan tepian, mengikuti garis yang sudah dibuat. Sampai dihasilkan potongan pola seperti yang tampak di gambar atas. 

 

 

  1. Memindahkan Pola 

Penjahit biasanya akan memindahkan pola pada kain untuk memudahkan proses jahit. Bisa menggunakan kapur jahit, karbon jahit atau jejulur renggang. Berikut ini beberapa tanda pola yang perlu untuk dipindahkan pada kain:

  1. Garis tepi pola
  2. Garis lipatan celana
  3. Batas saku celana
  4. Tanpa lipit dan tanda kupnat
  5. Batas pinggang dan panggul serta lutut dan kaki 

 

Menjahit Celana 

Jika semua tanda pola sudah dipindahkan, kain sudah siap untuk dijahit menjadi celana kargo wanita. Berikut ini beberapa step dalam proses menjahit:

  1. Jahit Bagian Depan

Langkah awal bisa dimulai dengan menyatukan potongan bahan bagian depan (kanan dan kiri). Asumsi model yang dijahit dalam tutorial ini menggunakan model kolor, sehingga tidak ada proses menjahit resleting. 

 

  1. Jahit Bagian Saku

Langkah berikutnya adalah menjahit bagian saku. Khususnya saku bagian samping yang menyatu dengan jahitan samping celana. 

 

 

  1. Menyambungkan Pesak Belakang Celana 

Setelahnya Anda bisa menyatukan potongan celana bagian belakang (kanan dan kiri). Teknik yang bisa digunakan untuk menjahit bagian ini adalah teknik kampuh buka. 

 

  1. Menjahit Bagian Samping

Jika bagian depan dan bagian belakang sudah selesai, maka selanjutnya adalah menjahit bagian samping untuk menyatukan bagian depan dan belakang. Supaya mudah, posisikan bagian depan dan belakang secara berhadapan dan jahit sesuai garis kampuh. 

 

  1. Penyempurnaan

Tahap terakhir yang perlu dilakukan adalah membuat tempat kolor dan memasang kantong, serta merapikan jahitan pada bagian pergelangan kaki. 

 

 

Jika sudah dilakukan pengepresan dengan setrika, celana akan tampak seperti berikut ini:

 

 

Selamat mencoba!


 

Baca juga yuk artikel Mitra Tentang Tutorial lain nya

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 11
  • 6646 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article