Jenis Rakel Sablon Beserta Fungsinya | Toko Kain Surabaya

Windy 17 Jun 2021 at 9:45
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Jenis Rakel Sablon Beserta Fungsinya

 

Dalam bisnis konveksi bisa menjadi salah satu alat yang sangat penting terutama jika dalam proses produksi juga disertai dengan sablon. Karena Recall adalah alat yang dipakai untuk mendorong atau menekan tinta sablon dari kain screen supaya nantinya bisa menempel pada media yang disablon misalkan kain plastik atau kertas. Alat ini terdiri dari dua bagian yaitu bagian yang biasanya terbuat dari kayu atau aluminium dan bagian yang lebih lunak untuk menekan screen yang biasanya terbuat dari bahan karet.

Dalam proses sablon pada beberapa jenis rakel yang bisa digunakan. Masing-masing jenis memiliki bentuk yang berbeda-beda sesuai dengan fungsinya. Itulah yang akan dijelaskan lebih lanjut dalam artikel ini!

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Rakel Lancip

 

Rakel

 

Jenis rakel yang pertama adalah rakel berbentuk lancip. Raket jenis ini memiliki dua sisi miring yang simetris bagian ujung yang tajam atau lancip. Fungsi dari bentuk rakel yang Lancip ini ditujukan supaya tinta yang nantinya ditekan bisa menghasilkan gambar yang detail dan jelas. Contohnya digunakan untuk membuat sablon foto orang dengan format raster.

 

Rakel Lancip Ujung Datar

 

Rakel

Jenis rakel yang kedua adalah rakel Lancip namun dengan ujung yang datar. Bagian datar ditujukan untuk membuat tinta yang ditekan bisa lebih lebar dan lebih banyak. Kebanyakan rakel jenis ini digunakan untuk membuat sablon pada kain parasut atau keramik. Namun meski begitu rakyat ini masih memungkinkan untuk juga digunakan dalam proses produksi tekstil.

 

Rakel Kotak

 

Rakel

 

Seperti namanya sakel jenis ini memiliki bentuk yang benar-benar kota dengan masing-masing sudutnya sebesar 90 derajat. Jenis ini biasa digunakan untuk membuat sablon di atas kertas yang memiliki permukaan kasar atau bahan tekstil. Ini juga sering digunakan untuk membuat sablon pada permukaan plastik yang membutuhkan kualitas gambar yang lebih tajam.

 

Rakel Miring

 

Rakel Miring

 

Jenis ini juga memiliki permukaan yang miring seperti raket Lancip namun bedanya pada raket jenis ini satu permukaan saja yang miring. Raket jenis ini lebih banyak dipakai untuk mesin sablon. Secara umum hasil yang didapatkan hampir sama dengan rakel lancip.

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Rakel Bulat

 

Rakel Bulat

 

Seperti namanya raket ini memiliki bentuk ujung yang bulat. Desain yang seperti itu sengaja dibuat supaya rakel mampu menyapu tinta dalam jumlah yang banyak dan tebal. Kebanyakan rakel jenis ini dipakai untuk sablon dengan tinta yang memiliki warna kontras atau menyala.

 

Rakel Tumpul

Sekilas ini mirip dengan pakai kotak. Hanya saja pada kedua ujung sikunya berbentuk tumpul. Sudut yang tumpul tersebut jadi buat supaya rakel nyaman untuk digunakan menyablon pada permukaan seperti bahan kaos, selimut dan handuk. Karena dengan desain yang seperti itu trakea mampu menyapu tinta dalam jumlah yang cukup banyak.

 

Itulah tadi pembahasan tentang jenis-jenis rakel yang digunakan dalam proses sablon. Setelah anda memahaminya, tidak sulit lagi untuk memilih rakel mana yang cocok untuk digunakan dalam proses produksi di bisnis konveksi anda. Semoga bermanfaat!

 

Pilihan Warna Rekomendasi Bahan Jas Almamater dan Baju Wear Pack Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 75
  • 16582 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article