Kenali Bahan Polycotton yang Kian Digemari untuk Hijab | Toko Kain Surabaya

Sekar A 26 Jun 2023 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Kenali Bahan Polycotton yang Kian Digemari untuk Hijab

 

 

  

 

 

Hijab menjadi item fashion yang semakin populer di kalangan perempuan muslimah, khususnya di Indonesia. Hal ini tidak hanya didukung oleh kebutuhan akan simbol identitas keagamaan, tetapi juga oleh perkembangan mode yang semakin berkembang. Tidak sedikit merek fashion yang merancang koleksi hijab yang tidak hanya modis tetapi juga sesuai dengan standar agama.

 

Salah satu bahan hijab yang paling banyak dipakai dan mendominasi pasar hijab masyarakat Indonesia adalah bahan polycotton. Polycotton adalah bahan campuran antara serat poliester dan kapas. Karena terbuat dari campuran serat sintetis dan serat alami, polycotton memiliki kelebihan dari kedua bahan tersebut.

 

 

 

 

 

Polycotton memiliki sifat yang nyaman untuk dipakai dan mudah perawatannya. Bahan ini juga tahan terhadap kerutan dan kusut, serta tidak mudah pudar warnanya. Untuk mengenal lebih jauh tentang bahan ini, berikut karakteristik bahan polycotton yang sangat digemari sebagai bahan membuat hijab.

 

 

Tekstur Kainnya Agak Kasar

Bahan polycotton terbilang agak kasar. Bahan ini tidak selembut bahan lainnya yang lebih premium misalnya katun, voal, sutra dan lainnya. Namun demikian, pakaian yang terbuat dari kain polycotton tetap nyaman ketika dipakai. Hal tersebut karena polyctton memiliki segudang kelebihan-kelebihan lainnya yang dapat menutupi teksturnya tersebut.

 

 

Baca Juga Artikel Berikut Ini :

 

 

Tipis dan Memiliki Serat yang Kecil

Besar kecilnya serat menjadi faktor tebal tipisnya gramasi kain. Serat yang besar membuat gramasi kain ikut besar. Kain jadi lebih tebal dan berat. Untuk kebutuhan hijab, kain dengan gramasi yang kecil namun tidak transparan menjadi pilihan yang paling tepat. Kain polycotton ini tergolong kain yang tipis karena dibuat dari serat benang yang kecil, sehingga kainnya ringan dan cocok dipakai sebagai hijab.

 

Tidak Transparan

Meskipun tipis, bahan polycotton memiliki serat yang rapat sehingga tidak transparan. Hal ini menjadi aspek yang sangat penting bagi hijab karena dapat menutup aurat. Dalam pemilihan hijab, kebanyakan orang mencari bahan yang nyaman dan mudah dipakai, namun juga harus tetap memperhatikan keamanan aurat. Dengan polycotton, para hijabers dapat merasa tenang dan nyaman saat menggunakan hijab, tanpa perlu khawatir akan terjadi pelanggaran terhadap nilai-nilai keagamaan.

 

 

 

 

 

Fleksibel dan Mudah Dibentuk

Fleksibilitas kain juga sangat mempengaruhi kenyamanan hijab saat dipakai. Bahan hijab yang fleksibel berarti mampu mengikuti bentuk wajah dengan baik dan mudah dibentuk. Sifat ini penting sekali dalam pemilihan bahan hijab karena kain yang terlalu kaku dan tidak fleksibel membuat tampilan hijab jelek saat dipakai. Bahan polycotton memiliki karakter fleksibel yang cukup baik sehingga akan memudahkan anda mendapatkan look hijab yang cantik.

 

Mudah Menyerap Keringat

Hijab yang mampu menyerap keringat dapat memberikan kenyamanan ekstra untuk pemakainya, terutama di wilayah beriklim panas seperti di Indonesia. Bahan polycotton memiliki keunggulan penyerapan keringat yang baik sehingga kita tidak perlu cemas akan kegerahan. Hijab mungkin akan basah oleh keringat anda, tetapi bahan ini juga mengering dengan cepat karena tipis.

 

Adem Ketika Digunakan

Tenunan serat kain polycotton memang rapat, tetapi bukan berarti pori-pori dan sirkulasi udaranya ikut tertutup. Kain ini masih memiliki sirkulasi udara yang baik melalui pori-pori kain sehingga udara panas di bawah kain akan terus bergerak keluar. Inilah yang membuat kain terasa sejuk dan anti gerah.

 

 

 

 

 

Bahan Anti Jamur

Sifat tahan jamur pada bahan polycotton adalah keunggulan lain yang tidak kalah penting. Bahan yang disimpan dalam waktu lama seringkali mengalami masalah jamur atau bau tidak sedap, namun polycotton dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Sifat tahan jamur pada polycotton disebabkan oleh adanya campuran serat poliester yang tidak menyerap air dengan serat kapas yang mudah menyerap air. Hal ini membuat polycotton tidak mudah lembab, sehingga tidak menjadi sarang untuk tumbuhnya jamur.

 

Dalam konteks penggunaan hijab, keunggulan ini menjadi sangat penting karena hijab sering kali disimpan dalam waktu yang lama, terutama untuk hijab yang hanya digunakan pada acara-acara tertentu. Dengan bahan polycotton, para hijabers dapat merasa tenang karena hijabnya tetap aman dan tidak rusak meskipun disimpan dalam waktu yang lama.

 

Tidak Mudah Kusut dan Susut

Keunggulan lain yang dimiliki bahan ini adalah tidak mudah kusut dan susut. Dua kata yang mirip tersebut memiliki arti yang berbeda. Tidak mudah kusut berarti kain polycotton tetap akan halus sekalipun dilipat dalam waktu lama atau digunakan untuk aktivitas intensitas tinggi. Sementara tidak susut artinya luas kain akan tetap seperti semua bahkan setelah dicuci. Dengan dua sifat ini, hijab polycotton akan tetap rapi dan tanpa menyusut sekalipun dicuci dan dipakai berulang kali.

 

Selain itu, polycotton juga tahan lama dan tidak mudah rusak meskipun sering dicuci. Hal ini tentunya sangat membantu para hijabers yang aktif dan sering bergerak, sehingga hijab tetap dapat digunakan dalam waktu yang lama tanpa kehilangan kualitasnya. 

 

 

 

 

Pilihan Warna yang Beragam

                   Keserasian warna adalah satu hal yang sangat diperhatikan kaum hawa dalam berpakaian. Antara warna pakaian dengan hijab harus serasi, apakah berwarna sama, memainkan gradasi ataukah tampil berani dengan warna yang kontras, semuanya bisa direalisasikan dengan banyaknya pilihan warna hijab. Bahan polycotton adalah pilihan yang tepat untuk mencari warna yang senada dengan outfit kita karena memiliki pilihan warna yang beragam.

 

 

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya : 

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 9
  • 7353 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article