Memahami Cara Memadukan Warna pada Produk Fashion | Toko Kain Surabaya

Windy 10 Sept 2022 at 8:04
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Memahami Cara Memadukan Warna pada Produk Fashion

 

 

Setidaknya ada puluhan cara memadukan warna yang dapat kita temukan di mesin pencari internet bagaimana mendapatkan paduan warna yang estetik dan menarik. Kita akan menemukan berbagai saran untuk mencocokan warna-warna netral, polos dengan motif, bahkan warna yang saling menabrak dan berani. Ada kalanya pilihan warna didasarkan pada warna kulit agar cocok dipakai, atau warna yang mengikuti tema-tema tertentu pada penanggalan. 

 

Cara Memadukan Warna pada Produk Fashion

 

Sebagai contoh warna merah yang banyak dipakai saat Natal, warna putih ketika Idulfitri, dominasi merah putih di bulan Agustus dan sebagainya. Selain mengikuti penanggalan dan hari istimewa, tren warna juga digiring oleh tren fashion yang naik daun. Tren warna apa yang sedang tinggi peminatnya ataupun warna-warna tertentu yang sebetulnya sengaja dibuat untuk menjadi menaiki podium tren fashion. Meski demikian, kita masih membutuhkan pijakan cara memadukan warna yang paling mendasar dan simpel yang dapat menjadi pedoman. Oleh karena itulah, artikel ini ditulis. 

Rupanya ada rumus untuk memadukan warna-warna ini. Kita akan berangkat dari roda warna yang menyatukan tujuh warna pelangi mejikuhibiniu. Seperti di dalam gambar, paling tidak ada 12 warna yang menjadi acuan dasar untuk memadukan warna fashion kita. Perpaduan warna ini tidak hanya pada pakaian saja, namun juga seluruh aksesoris yang kita pakai seperti tas, topi, ikat pinggang dan sepatu. Untuk membahas ragam cara memadukan warna, kita akan membaginya ke dalam 5 kelompok yang masing-masingnya diuraikan sebagai berikut: 

 

 

Cara Memadukan Warna pada Produk FashioN

 

 

Pilihan Warna Bahan Celana Kulot American Drill di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Mengombinasi satu unsur warna dengan sistem gradasi atau ombre 

Banyak yang setuju bila cara memadukan warna yang paling aman adalah membuat gradasi dari satu warna dasar. Gradasi atau ombre adalah kombinasi satu warna dari yang paling tua menuju muda, atau sebaliknya. Mudahnya adalah kita memilih dua hingga tiga variasi warna dari tua menuju gelap dimana warna tersebut masih dalam warna dasar yang sama. Sebagai contoh pada warna dasar hijau, dan kita menginginkan 3 variasi warna, maka gradasinya menjadi hijau tua, hijau muda dan putih/ hijau sangat muda. Ombre ini dapat diterapkan dengan warna tertua di atas maupun di bawah. Kita dapat mengaplikasikannya seperti ini: celana berwarna putih, atasan memilih warna hijau muda dan kerudungnya berwarna hijau tua.

 

Cara Memadukan Warna pada Produk Fashion

 

Tampil segar dengan warna analog (warna bersebelahan)

Cara memadukan warna berikutnya dengan memanfaatkan 3 warna yang bertetangga berdasarkan urutan roda warna. Teknik ini dinamakan teknik paduan warna analog. Rumus ini dapat memilih dua ataupun tiga warna, namun tiga warna terasa lebih sempurna. Sebagai contoh, kita boleh mengambil tiga warna yang di perbatasan merah dan ungu, atau ungu dan biru, asalkan 3 warna yang dipilih bersebelahan. Red-violet red-violet. Blue-blue green-green. 

Pada awalnya perpaduan warna ini mungkin terlihat aneh, namun semakin lama kita mengamatinya, warna ini menjadi lebih segar dan saling melengkapi. Sekalipun tidak umum, namun inilah rumus yang tepat untuk mengkombinasikan warna fashion. 

 

Cara Memadukan Warna pada Produk Fashion

 

Berani berkreasi dengan warna komplementer (warna berseberangan)

Kali ini kita akan mencoba lebih berani dengan mengambil dua warna yang saling kontras, bahkan sangat kontras dan tidak terbayang sebelumnya. Perpaduan komplementer adalah warna-warna yang tidak banyak dipasaran, dan biasanya diaplikasikan pada gaya fashion untuk mendapatkan kesan yang segar dan baru. Jadi bagaimana rumus warna komplementer? Yaitu menyocokkan dua warna pada sumbu yang bersebrangan. Sebagai contoh pada roda warna hijau, di ujung seberangnya adalah merah. Contoh yang kedua, pasangan komplementer warna kuning adalah ungu. 

 

Cara Memadukan Warna pada Produk Fashion

 

Mencoba hal baru dengan kombinasi warna 90 derajat 

Setelah memberanikan warna kontras dengan teknik komplementer, inilah saatnya memilih dua warna yang terpisahkan oleh 2 blok warna sehingga 2 warna yang akan dipadukan ini membentuk sudut 90 derajat di pusat roda warna. Sebagai contoh warna yellow green-orange, terpisahkan oleh dua warna yaitu yellow-yellow orange. Dari dua titik yellow green dan orange yang bertemu di pusat roda, akan didapatkan sudut siku 90 derajat.  

 

Lebih ramai dengan kombinasi 4 warna rectangular 

Beranikah Anda memakai kombinasi lebih dari 3 warna? Bila jawabannya iya, maka tidak ada salahnya menggunakan rumus warna rectangular. Kombinasi 4 warna ini mengambil 4 titik warna berdasarkan bangun persegi. Sebagai contoh seperti gambar persegi pada roda warna berikut ini, kita dapat memilih warna hijau, oranye, merah dan biru violet dalam satu tampilan fashion. Keempat warna ini dapat kita aplikasikan tidak hanya pada pakaian saja, namun juga dalam pemilihan warna aksesoris seperti tas, sepatu, topi, kalung ataupun ikat pinggang. Misalkan kita memilih 3 warna untuk kombinasi pakaian dan 1 warna untuk semua aksesoris. 

 

 

Cara Memadukan Warna pada Produk Fashion

 

Nah itulah 5 cara memadukan warna yang dapat kita coba untuk tampil stylis setiap hari. Padu-padan warna membuat kita tidak bosan pada pilihan fashion setiap harinya, karena setiap hari kita dapat tampil berbeda meski dengan pakaian-pakaian dan aksesoris yang sama. Kuncinya pada keterampilan mix and match. 

 

Baca Artikel Terkait

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 10
  • 2968 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article