Tipe Mesin Jahit dan Kelebihan serta Kekurangannya | Toko Kain Surabaya

Windy 31 Oct 2022 at 8:07
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tipe Mesin Jahit dan Kelebihan serta Kekurangannya

 

 

Setiap tipe mesin jahit memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Perkembangan teknologi membuat  jenis mesin jahit semakin beragam dan lebih modern. Berikut ini tipe mesin jahit menurut cara pengoperasiannya antara lain:

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Mesin Jahit Manual

Merupakan tipe mesin jahit mekanik dengan desain seperti peluru, berbahan besi dan mesin paling awal yang diproduksi. Jenis mesin manual ini harus digerakkan secara mekanik yaitu ada yang menggunakan putaran dengan tangan dan ada pula dengan injakan kaki ke arah depan dan belakang. Jahitan yang dihasilkan dari mesin jahit ini yaitu jahitan rantai dengan jarak kecil. 

 

Foto : Mesin Jahit Manual

 

Tetapi dengan perkembangan zaman mesin ini juga telah banyak melalui modifikasi yang cukup signifikan. Yaitu modifikasi mesin manual dengan hasil jahitan zig-zag, dan yang bisa menghasilkan beberapa pola yang lebih dekoratif atau sering disebut mesin manual high end. 

Kelebihan dari mesin manual ini antara lain, akan lebih awet karena body mesin terbuat dari besi, hasil jahitan pola yang rapat, rapi dan berjarak kecil membuat kain yang dijahit berkualitas tinggi dan sangat bagus, karena menggunakan tenaga mekanik Anda tidak perlu khawatir jika listrik padam akan tetap bisa menggunakan mesin jahit manual ini. 

Kekurangan dari tipe mesin ini yaitu kecepatannya dipengaruhi oleh gerakan mekanik yang Anda lakukan jadi relatif rendah kecepatannya dan tentu saja juga cukup melelahkan.

 

Mesin Jahit Listrik

Tipe mesin jahit ini dilengkapi dengan motor sebagai penggeraknya serta menggunakan tenaga listrik yang dapat menggerakkan jarum serta mendorong kain yang telah terjahit. Kekurangan dari tipe mesin ini antara lain bentuk pola jahitan terbatas dan sederhana sekali. 

 

Foto : Mesin Jahit Listrik

 

Kelebihannya harganya lebih murah, putaran dinamonya halus dan bisa diatur kecepatannya, serta harga dinamonya juga murah. Mesin jahit listrik juga banyak jenisnya antara lain: 

  1. Mesin Jahit Portable

Mesin ini sangat multifungsi karena selain dapat menjahit pola juga bisa menjahit lubang kancing, semi obras, bordir manual dan jahit zig-zag. Selain itu kelebihan yang lainnya yaitu karena bahannya ringan mesin ini sangat mudah untuk dipindahkan, desain mesin juga lebih modern. 

 

Foto : Mesin Jahit Portable

 

Tetapi mesin ini juga memiliki kelemahan antara lain body mesin yang tak sepenuhnya dari bahan besi membuatnya lebih rentan rusak jika terjatuh, agak sulit digunakan pada kain berjenis stretch, sangat bergantung terhadap listrik sehingga jika listrik sedang padam mesin ini tidak bisa digunakan.

 

  1. Mesin Jahit High Speed

Foto : Mesin Jahit High Speed

Kecepatan pada mesin ini lebih stabil sehingga sering digunakan pada industri garmen, hal tersebut karena menggunakan dinamo sebesar 250 watt. Besarnya daya tersebut merupakan kelemahan pada tipe mesin jahit ini. Kelebihannya hasil jahitan dapat lebih maksimal, dan terdapat sistem pelumasan mesin otomatis sehingga tidak diperlukan pelumasan tambahan secara manual.

 

  1. Mesin Jahit Tepi Kain

Terdapat 3 mesin yang berfungsi untuk menjahit bagian tepi pakaian agar kain tidak rusak saat dicuci, yaitu mesin obras, mesin neci dan mesin wolsum. Sedangkan pada mesin obras memiliki beberapa jenis antara lain mesin obras benang 3, benang 4, benang 5, serta benang 6. Kelebihannya yaitu hasil jahitan rapi karna dilengkapi pisau pemotong kain. Kelemahan dari mesin ini yaitu sangat tergantung terhadap listrik untuk pengoperasiannya.

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Mesin Jahit Digital 

Mesin ini merupakan tipe mesin jahit tercanggih karena sudah terkomputerisasi, dilengkapi dengan monitor, lampu LED, bisa mengatur kecepatan mesin, serta terdapat memori untuk menyimpan setingan. 

 

Foto : Mesin Jahit Digital

 

Kelebihan dari mesin jahit digital yaitu pola jahitan jenisnya lebih banyak, bentuknya hasil jahitan lebih indah, tersedia fitur otomatis,  suara putaran dinamo sangat halus dan pengaturan putaran dinamonya juga lebih mudah, kemampuan dari fitur yang beragam, lebih canggih dan modern.

 Beberapa fitur pada mesin ini antara lain terdapat pengaman saat menggunakan jarum ganda, saat mesin dihentikan posisi jarum bisa diatur yaitu berada di atas kain ataupun menusuk kain, serta juga dilengkapi juga dengan lampu LED yang hemat listrik untuk penerangan. 

Kekurangannya yaitu harganya relatif mahal, cara pengoperasiannya butuh pembelajaran khusus, harga dinamo juga lebih mahal, body mesin terbuat dari plastik sehingga rentan terhadap kerusakan. Mesin jahit digital juga  sudah beragam, berikut beberapa jenisnya:

 

  1. Mesin Jahit Bartack

Mesin ini berfungsi untuk membuat jahitan pengunci pada saku ataupun zipper. Proses jahit pengunci ini merupakan proses paling akhir pada industri garmen. Kelebihan dari jenis mesin ini antara lain terdapat control panel untuk mengatur bentuk patern.

 

Foto : Mesin Jahit Bartack

 

Serta kecepatan jahit, motor penggerak mesin sudah buid in pada body mesin, bisa menjahit 2 bahan sekaligus yang disertai dengan pengaturan kecepatan jahit yang berbeda. Kelemahannya selain sangat bergantung terhadap listrik juga bila ada kerusakan harus diservis di tempat khusus yang berhubungan dengan kelistrikan. 

 

  1. Mesin Jahit Ultrasonik

Mesin canggih ini di desain tanpa menggunakan benang Tak seperti mesin jahit pada umumnya. Jadi prinsip kerjanya untuk menyatukan kain menggunakan roda gerigi panas inilah salah satu kelebihan dari mesin ultrasonik.

 

Foto : Mesin Jahit UltraSonik

Rekomendasi Bahan Seragam Kerja Japan Drill Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 21
  • 14013 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article