Kegunaan Dan Jenis Jenis Cotton Combed | Toko Kain Surabaya

Windy 26 Jan 2023 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Kegunaan Dan Jenis - Jenis Cotton Combed

 

 

Cotton combed merupakan salah satu dari sekian banyak bahan ynag sering digunakan untuk membuat kaos oleh para pengusaha konveksi dalam proses produksinya. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya keunggulan dari jenis kain cotton combed. salah satunya kainnya yang lembut dan tidak kasar, karena benang yang digunakan menggunakan benang yang telah melewati proses combing terlebih dahulu. Selain itu, bahan cotton combed juga dapat menyerap air dengan maksimal jika dibandingkan dengan jenis kain yang lainnya.

Bahan Cotton Combed juga lebih mendukung sirkulasi udara pada pakaian, dimana suhu panas tidak tertahan didalam baju seperti yang terjadi pada pakaian berbahan dasar polyester. karena alasa ini, baju/kaos berbahan cotton combed cenderung adem ketika dikenakan.

 

Kegunaan Dan Jenis - Jenis Cotton Combed

 

Pembuatan Kain Cotton Combed

Kain berbahan cotton combed menggunakan benang yang 100% berasal dari kapas, sedangkan sebutan combed merupakan istilah dari nama mesin pemintalnya, yaitu combing. Proses tersebut dilakukan agar dapat memisahkan serat yang panjang dan serat yang pendek serta agar dapat membuang gumpalan atau kotoran yang terdapat pada benang. 

Combing process adalah suatu proses penyisiran yang bertujuan untuk memperoleh serat kapas yang berkualitas tinggi. Proses ini akan dilakukan sebelum memulai proses pemintalan serat kapas tersebut menjadi benang Cotton Combed.

Di dalam proses combing, serat kapas akan disisir dari berbagai kotoran yang terlewat pada proses yang sebelumnya sehingga akan lebih memastikan lagi kebersihan serat kapas yang akan di proses. Serat kapas yang berukuran pendek dalam proses ini juga akan dilakukan pembuangan. Dipisahkan ukurannya agar bisa memperoleh ukuran serat kapas berkualitas tinggi dan panjang saja yang akan melalui proses selanjutnya.

Proses inilah yang menyebabkan kain Cotton Combed memiliki harga yang lebih mahal karna pada serat kapas  benang yang dihasilkan akan jauh lebih lembut, kuat, dan kain yang dihasilkan pun akan lebih halus, permukaannya rata dan tidak kasar. 

Jika diringkas, berikut ini beberapa  karakteristik dari kain cotton combed:

  • Terbuat dari serat alami sehingga tidak membuat alergi 
  • Kain yang dihasilkan lembut dan tidak kasar 
  • Nyaman ketika dikenakan tak mudah terasa panas 
  • Mudah menyerap keringat 
  • Mudah untuk disablon 
  • Tidak cepat berbulu
  • Kuat dan tidak mudah robek 
  • Tidak mudah kusut setelah dicuci 

 

Pilihan Warna Rekomendasi Bahan Jas Almamater dan Bahan Baju Wear Pack Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Jenis-Jenis Kain Cotton Combed 

 

Kegunaan Dan Jenis - Jenis Cotton Combed

 

Terdapat 4 jenis cotton combed yang disimbolkan dengan angka dan huruf yaitu 20S, 24S, 30S, dan 40S. Angka yang tertera menunjukkan jenis benang yang digunakan dan huruf S menunjukkan tipe rajutannya yang digunakan yaitu jenis rajutan tunggal (single knit), perbedaan jenis benang tersebutlah yang membuat perbedaan ketebalan pada setiap jenis kain cotton combed. 

Tipe angka yang 20S merupakan jenis yang memiliki gramasi terberat karna lebih tebal dibandingkan dengan jenis lainnya. Disusul dengan tipe 24S, lalu tipe 30S, sedangkan kan tipe 40S merupakan jenis yang lebih ringan. Untuk lebih mudahnya, jadi tipe cotton combed dengan angka semakin besar menunjukkan kain yang semakin tipis dan ringan, dan sebaliknya semakin kecil jenis angkanya maka menunjukkan kualitas kainnya yang juga semakin tebal.

 

Kegunaan Bahan Cotton Combed

 

Kegunaan Dan Jenis - Jenis Cotton Combed

 

Jenis kain cotton combed yang sangat nyaman ketika dikenakan sehingga sering digunakan dalam berbagai jenis pakaian. Meskipun terkenal dan lebih sering digunakan sebagai bahan pembuatan kaos, cotton combed juga bisa digunakan untuk membuat celana, jaket, baju tidur, baju olah raga, dan lain sebagainya. 

Dari keempat jenis kain Cotton Combed dibuat bukan hanya menjadi sebuah pembeda saja, tetapi karna memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda pada aktivitas tertentu. Jenis Cotton Combed 20S dan 24S cocok digunakan untuk kegiatan kasual sehari-hari seperti pekerjaan yang dilakukan di dalam ruangan seperti, sekolah, kantor, hingga aktivitas ringan lainnya.  

Sedangkan jenis Cotton Combed 30S dan 40S lebih cocok digunakan pada aktivitas fisik yang cukup berat seperti olahraga yang membutuhkan daya serap keringat yang lebih tinggi, selain itu jenis kain ini juga dapat digunakan pada iklim yang lebih panas seperti saat berada di pantai karena memiliki ketebalan bahan yang tipis dan relatif lebih lentur ketika digunakan sehingga dapat menyerap panas lebih baik. 

Hingga kini, bahan kaos yang terbuat dari kain Cotton Combed masih menjadi pilihan utama yang digunakan oleh sebagian besar orang karena kualitasnya yang dikenal baik dan juga harganya jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan bahan kualitas premium lainnya. 

Itulah beberapa penjelasan menarik mengenai jenis-jenis kain cotton combed yang bisa Kamu pakai sebagai inspirasi dalam membuat sebuah produk seperti rok atau gamis, hijab, celana kain dan lain sebagainya. Ternyata kain cotton combed sangat berkualitas dan beragam jenisnya yang menyesuaikan dengan fungsinya dalam pembuatan berbagai fashion item. Semoga pembahasan di atas dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat.

 

Baca Artikel lain nya

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 9
  • 1906 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article