Tips Fotografi Kain Supaya Warnanya Tidak Berbeda dari Riilnya | Toko Kain Surabaya

Windy 2 Oct 2022 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tips Fotografi Kain Supaya Warnanya Tidak Berbeda dari Riilnya

 

Kekecewaan konsumen akan terjadi saat warna produk pada katalog tidak sesuai, itulah sebabnya sangat penting sekali memotret produk dengan baik, salah satunya adalah produk kain yang sangat berpengaruh pada warna rillnya. Jangan sampai Anda menerima komplain secara terus-menerus karna perbedaan warna tersebut. Untuk itu pastikan Anda menyewa profesional agar mendapatkan foto terbaik, tetapi jika Anda ingin memotret produk sendiri maka tips dibawah ini akan sangat bermanfaat untuk Anda.

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Alas Kain

 

Diberi Alas Kain Agar Warnanya Tidak Berbeda dari Riilnya

 

Meletakkan kain secara mendatar merupakan hal yang terpenting saat akan memotret kain. Hal tersebut berguna untuk menghindari kerutan yang dapat terlihat. Karena posisi kain yang mendatar tersebut maka diperlukan panggung besi agar dapat membantu saat pemotretan kain dari arah atas.

 

Pilihan Warna Rekomendasi Kain American Drill Bahan Kain Seragam Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Memilih Kamera

Pilih kamera yang berkualitas baik seperti kamera DSLR atau Mirrorless yang bagus karena diperlukan pula lensa yang memiliki perspektif baik agar tidak menimbulkan lengkungan pada keempat sisi kain. Walaupun pada akhirnya kain yang dipotret tidak berbentuk segi empat lagi, sehingga masih diperlukan koreksi kembali dengan perangkat lunak agar dapat terlihat seperti kondisi riilnya.

 

Software Pendukung

 

Menggunakan Software Pendukung Supaya Warnanya Tidak Berbeda dari Riilnya

 

Setelah memilih kamera terbaik, Anda juga harus mengalibrasi kamera menggunakan hardware dan software tertentu. Hardware yang digunakan adalah X-Rite Color Checker Passport 2 untuk memastikan setiap foto yang dihasilkan warnanya akan presisi. Kemudian 24 panel warna dari hardware tersebut akan dibaca dan diproses oleh software untuk menghasilkan profil warna yang aktual pada 24 panel. Sehingga warna yang ditangkap oleh sensor dari kamera apapun akan diterjemahkan ke dalam 24 panel warna tersebut.

Alternatif yang lain jika tidak memiliki hardware software untuk kalibasi kamera Anda bisa memanfaatkan pengaturan yang terdapat dalam fitur kamera. Salah satunya pengaturan white balance di kamera juga sangat penting untuk langkah awal dalam mendapatkan hasil foto riil. Upayakan supaya benda yang berwarna putih saat diterangi oleh cahaya dengan warna apa pun contohnya cahaya dari flash, matahari, lampu neon, lampu jalanan, lampu bohlam maka warna benda tersebut akan tetap berwarna putih.

Cara mengatur White Balance (WB) di kamera ada beberapa cara antara lain: cara yang praktis dan cukup akurat Anda bisa memilih Auto WB, sayang sekali kelemahannya tidak konsisten karena akan menghasilkan beberapa variasi warna walaupun saat melakukan pemotretan di tempat yang sama. Jika ingin konsisten Anda bisa memilih setingan Preset tetapi dengan lokasi yang sama dan juga sumber cahaya yang tetap.

Anda juga bisa menggunakan temperatur sumber cahaya menggunakan nilai Kelvin agar mendapatkan warna lebih akurat, tetapi cara ini harus beberapa kali percobaan. Cara terakhir yaitu pengaturan Custom WB, cara ini sangat akurat walaupub cukup repot karna harus memotret benda putih terlebih dahulu.

Dari keempat cara diatas Anda bisa tentukan sesuai dengan kenyamanan Anda, dengan setingan WB warna yang dihasilkan akan lebih akurat walaupun caranya agak repot. Kamera digital generasi modern selain DSLR juga sudah dilengkapi dengan fitur tersebut.

Diperlukan beberapa softbox untuk membantu pencahayaan agar merata pada setiap sisi kain. Karena sumber cahaya akan sangat berpengaruh dengan foto yang akan dihasilkan. Cahaya yang terlalu gelap maupun terlalu terang akan membuat warna foto menjadi kurang detail dan pasti sangat berbeda dengan riilnya.

Pastikan cahaya yang digunakan tidak berlebih agar highlight tidak terlalu terang dan kontras tinggi pada foto yang dihasilkan. Agar hasil foto sesuai dengan warna riilnya maka pilih format file RAW. Dengan format tersebut akan memudahkan perangkat lunak dalam mengoreksi warna dari hasil pemotretan, seperti untuk pengaturan hue (tone color) dan saturasi yang sangat mempengaruhi warna foto.

 

Editing Foto

 

Melakukan Editing Foto Supaya Warnanya Tidak Berbeda dari Riilnya

 

Gunakan warna netral untuk latar belakang kain, seperti warna putih agar tidak mengganggu warna kain, kain akan menjadi fokus utama serta akan memudahkan saat diedit. Pengeditan foto menggunakan aplikasi edit foto merupakan hal penting untuk menyempurnakan foto hasil pemotretan. Hasil foto harus tetap terlihat natural walaupun sudah dilakukan edit foto.

Pengeditan yang menggunakan monitor berjenis LCD memiliki kesamaan dengan LCD yang terdapat pada kamera sehingga belum tentu menampilkan warna yang akurat. Agar warna di monitor LCD jadi akurat juga diperlukan kalibrasi terlebih dahulu agar dapat menampilkan terang dan gelap yang standar. Anda bisa menggunakan software khusus atau website online untuk kalibrasi LCD monitor jika ingin yang simple.

Tapi cara yang lain juga bisa dengan pengaturan di komputer dengan memilih menu untuk mengatur brightness serta contras ke nilai tertentu kemudian memilih beberapa gambar sehingga otomatis terbuat profil pengaturan. Kalibrasi yang lebih profesional harus menggunakan alat otomatis spectrocolorimeter yang akan membuatkan profil tertentu yang sesuai. Dengan cara tersebut monitor dapat menampilkan gelap terang (tingkat contras) serta warna yang lebih akurat.

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 6
  • 1852 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article