Review Tas Wanita dari Kain Drill | Toko Kain Surabaya

Windy 25 Feb 2023 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Review Tas Wanita dari Kain Drill 

 

 

Pernahkah Anda bertanya-tanya, apa jenis kain yang sering digunakan untuk pakaian wearpack, Pakaian Dinas Lapangan (PDL), seragam kantor atau Pakaian Dinas Harian (PDH)? Meskipun tidak semuannya, namun mayoritas menggunakan bahan kain drill ketika ingin membuat jenis pakaian tersebut.

Nyatanya, kain drill memang sudah sejak dulu digunakan untuk pembuatan seragam ataupun pakaian Dinas. Awalnya, bahan kain drill digunakan untuk membuat seragam tentara Inggris di India yang terkenal dengan sebutan Khaki Drill (KD). Hal tersebut terus berlanjut hingga kini, karena memang karakterisitik kainnya yang tebal dan kuat. Sangat jarang kita melihat kain drill digunakan untuk membuat tas kain drill.

Baca Juga :

 

Mengenal Kain Drill

 

Kain Drill Untuk Bahan Tas

 

Kain drill merupakan kain dengan jenis pintalan miring, dimana benang-benangnya yang miring bisa dilihat secara kasat mata. Dengan tenunannya yang seperti itu, kain drill memiliki karakteristik yang terasa kuat, kokoh dan tidak mudah kusut. Bahan kain drill jug cukup tebal. Meskipun demikian, kain drill umumnya tidak panas ketika dikenakan.

Kain drill dapat terbuat dari katun murni (100% katun) atau campuran antara katun dan polyster. Untuk jenis drill campuran, komposisi antara katun dan polysternya sangat bervariasi, tergantung pada masing-masing produsen. Kain drill yang beredar di Indonesia dapat dibedakan menjadi 3. Berikut detailnya:

 

  1. Twist atau Twill Drill

Twist, atau biasa disebut Twill Drill merupakan jenis kain drill dengan serat paling kecil jika dibandingkan dengan dua jenis yang lainnya. Jenis ini memiliki tekstur yang lembut. Meskipun tipis, Twill Drill sulit ditembus air. Karena karakteristiknya tersebut, Twill Drill sering digunakan untuk seragam outdoor.

     2. American Drill

Merupakan jenis drill dengan ukuran sedang. Kain American Drill terbuat dari campuran katun dan polyester, sehingga membuatnya kuat namun tetap adem ketika dikenakan.

     3. Japan Drill

Jenis yang terakhir ini merupakan kain drill dengan serat yang paling tebal, sehingga lebih kuat dibandingkan dua jenis yang lainnya. Meski bahannya tebal, kain Japan Drill tetap terasa adem dan nyaman ketika dikenakan. Jenis kain ini juga memiliki kemampuan menyerap keringat yang paling baik diantara jenis lainnya. Kain Japan Drill terbuat dari bahan dengan campuran katun yang lebih besar, sehingga memiliki harga yang umumnya lebih mahal.

4.Nagata Drill

 

Rekomendasi Unione Drill Bahan Tas Terbaik Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Kelebihan dan Kekurangan Kain Drill

Kain drill memiliki karakteristik bahan yang tebal dan kokoh. Hal ini membuat seragam yang dibuat dari bahan drill tahan lama, meskipun sering digunakan untuk aktivitas kerja serhari-hari. Karena kekuatannya tersebut, bahan drill cocok digunakan untuk seragam karyawan pabrik, bengkel, atau pekerjaan lainnya yang membutuhkan banyak gerakan dan sering membuat pakaian tertarik, tertekan, atau terkena gesekan. Kain drill juga memiliki tingkatan jenis ketebalan mulai dari paling tipis, sedang, hingga paling tebal. Adanya variasi jenis ketebalan ini memberikan pilihan yang fleksibel untuk Anda.

Meskipun bahannya tebal, kain drill memiliki daya serap air yang sangat baik. Hal tersebut membuatnya memiliki kemampuan menyerap keringat yang baik. Sangat cocok digunakan untuk seragam kerja. Kain drill juga memiliki permukaan yang halus sehingga menambah kenyamanan ketika dikenakan.

Disamping kelebihannya, kain drill juga memiliki beberapa kekurangan. Kain drill merupakan jenis kain yang akan luntur pada saat pencucian pertama. Namun, untuk pencucian kedua dan selanjutnya, kain drill cenderung tidak luntur, kecuali apabila direndam dalam waktu yang terlalu lama. Karena bahanya yang tebal, kain drill juga cukup berat ketika dicuci.

 

Penggunaan Kain Drill

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, kain drill seringkali digunakan untuk bahan pembuatan seragam wearpack, Pakaian Dinas Lapangan (PDL), deragam kantor, atau Pakaian Dinas Harian (PDH). Seiring perkembangan zaman, kain drill tidak hanya digunakan untuk pakaian resmi saja, namun juga cocok digunakan untuk jenis pakaian casual. Kain drill juga sering digunakan untuk membuat tote bag,  jas almamater, jaket, rok wanita, celana, jas atau blazer, atau bahkan rompi.

 

Review Tas Kain Drill

 

Tas Dari Bahan Drill

 

Meskipun aplikasinya terbilang jarang dan terbilang tidak umum, kain drill juga bisa dibuat menjadi tas wanita. Tas kain drill umumnya memiliki kualitas yang baik, karena sifat dasar dari kain drill yang kuat. Kreasi kain drill menjadi tas wanita ini dapat menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin membuat produk tas yang berbeda dari di pasaran, atau mungkin digunakan secara pribadi. berikut kelebihan dari tas yang dibuat dari bahan kain drill:

  1. Tas yang kuat

Sebagaimana dibahas diawal, kain drill memiliki karakteristik yang tebal dan kuat. Karenanya, pakaian atau produk yang dibuat dari kain drill akan menjadi kokoh. Hal ini juga berlaku ketika kain drill digunakan sebagai bahan dasar pembuata tas wanita. Tas kain drill memiliki bahan yang tebal dan kuat. Dengan kekuatannya tersebut, Anda bisa memasukan berbagai barang bahkan yang cukup berat sekalipun. Dengan berbahan dasar kain drill, tas tidak akan mudah sobek.

  1. Awet dan tahan lama

Kain drill merupakan jenis kain yang kokoh. Ketika digunakan untuk membuat tas, maka tas yang dihasilkan juga akan menjadi tas yagn kokoh. Ditambah dengan bahannya yang tebal, tas kain drill akan memiliki daya tahan yang cukup lama. Tas tidak akan mudah robek, kusust, atau rapuh dalam waktu dekat.

  1. Tampil cantik dan beda

Kain drill dapat didesain dengan mudah. Anda juga dapat dengan mudah menambahkan bordir motif pada permukaan tas kain drill sesuai dengan keinginan. Dengan customisasi yang mudah, Anda bisa membuat tas yang dapat membuat penampilan Anda menjadi semakin cantik dan berbeda dari yang lainnya.

 

Tas Dari Kain Drill

 

 

Baca Juga Yuk Artikel ini

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 11
  • 1237 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article