Penggunaan Kain Drill dalam Dekorasi Rumah dan Interior | Toko Kain Surabaya

Hilda W 19 May 2023 at 2:53
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Penggunaan Kain Drill dalam Dekorasi Rumah dan Interior

 

Kain Drill

 

     Kain drill adalah bahan tekstil yang sering digunakan untuk membuat berbagai macam produk tekstil seperti celana kain, kemeja, serta seragam kerja. Kain ini terbuat dari bahan katun yang kuat dan tebal dengan serat yang rapat sehingga kain ini menjadi sangat tahan lama dan tidak mudah robek. Sebagai kain dengan serat benang yang kuat dan tahan lama, kain ini tidak hanya bisa dijadikan pakaian formal saja, tetapi juga sangat cocok untuk menjadi bahan dasar dekorasi interior rumah yang indah dan kuat.

      Dalam dunia dekorasi rumah dan interior, penggunaan kain drill semakin populer karena kekuatannya yang cocok untuk digunakan sebagai bahan pelapis, penutup meja, hiasan dinding, hingga sebagai bahan pembuatan tirai. Selain itu, drill juga memiliki banyak pilihan warna dan motif yang bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan dekorasi rumah Anda.

 

Baca Juga Artikel

 

Karakteristik Kain Drill

 

Kain Drill

 

 

     Untuk memahami mengapa bahan drill cocok digunakan untuk bahan dekorasi rumah dan interior, sangat penting untuk memahami karakteristiknya terlebih dulu. Selain menambah keyakinan untuk memilih drill sebagai bahan dasar, pemahaman terhadap karakteristik kain ini juga akan membantu dalam perencanaan dan proses pembuatan interior. Berikut karakteristik bahan drill yang penting untuk diketahui:

 

  1. Memiliki serat yang kuat

      Saat menyentuh permukaan kain drill, kesan pertama yang akan terasa adalah kain yang kokoh dan kuat. Hal tersebut karena kain ini disusun dari serat-serat yang ditenun dengan kuat. Serat benang yang kuat menjadikan bahan drill tidak mudah sobek dan rusak. Bila pun terjadi sobekan atau kerusakan, biasanya bukan pada kainnya tetapi pada jahitan yang kurang kuat. 

 

  1. Tidak elastis

      Berbeda dengan beberapa jenis kain yang memiliki sifat elastis, drill sama sekali tidak elastis. Bila difungsikan sebagai hiasan dekorasi yang tidak membutuhkan elastisitas karena mereka tidak bergerak, maka bahan drill cocok sekali. Namun, sifat ini justru membuat sedikit tidak nyaman untuk dijadikan pakaian yang digunakan dalam banyak aktivitas seperti baju olahraga. 

 

  1. Warnanya tajam dan hidup

     Kain drill memiliki banyak varian warna yang memberikan kita kebebasan untuk memilih dan menyocokkan dengan desain interior rumah. Selain itu, warna-warna bahan drill cukup tajam dan terkesan hidup. Hal tersebut karena proses penyerapan saat pewarnaan sangat baik.

 

  1. Tidak mudah kusut maupun susut

    Beberapa kain memiliki karakteristik mudah kusut dan tidak. Bahan drill termasuk yang tidak mudah kusut dan susut setelah penyucian. Sifat ini mempermudah proses perawatan dan bisa dipakai meski belum disetrika.

 

Kain Drill untuk Dekorasi Interior Rumah

Jika Anda berniat untuk menjadikan drill sebahai bahan dasar untuk dekorasi interior rumah, kreasi-kreasi berikut bisa jadi rekomendasinya:

 

  1. Pelapis dinding atau wallpaper

    Bahan drill dapat digunakan sebagai pelapis dinding dengan cara mengaplikasikannya menggunakan lem khusus. Pilih motif kain yang sesuai dengan tema dekorasi rumah Anda, seperti motif floral atau polkadot untuk tampilan yang lebih feminin dan elegan, atau motif geometris untuk tampilan yang modern dan minimalis.

 

Kain Drill Digunakan sebagai pelapis dinding atau wallpaper

 

  1. Hiasan dinding

    Bahan drill juga dapat digunakan sebagai bahan hiasan dinding. Anda dapat membuat potongan-potongan kain drill dan menempelkannya pada dinding dengan cara yang kreatif dan unik, seperti membentuk pola tertentu atau menempelkannya secara acak.

 

  1. Tirai

    Drill juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat tirai dengan gaya yang natural dan hangat. Pilihlah warna netral seperti beige atau putih untuk tampilan yang bersih dan minimalis. Anda juga dapat menambahkan aksen dengan mengaplikasikan hiasan atau bordir pada bagian tepinya.Untuk tirai dengan model dua lapis, kain drill berperan sebagai lapisan yang gelap. Biasanya akan dipadukan dengan kain yang lebih tipis dan transparan.

 

Kain Drill digunakan sebagai tirai

 

  1. Taplak meja

     Taplak meja sering kali menggunakan bahan-bahan yang lucu dan estetik, tetapi ada juga yang lebih menyukai taplak yang lebih formal dan tegas. Bila menginginkan kesan taplak meja yang lebih formal dan minimalis, drill dapat menjadi pilihan bahan yang tepat. Sesuaikan pilihan warna dan modelnya dengan desain interior ruangan, juga warna sofa agar senada.

 

  1. Penutup sofa atau kursi

      Kain drill juga bisa dikreasikan menjadi sarung khusus bagian atas sandaran sofa yang berfungsi untuk melindungi agar tidak cepat kotor. Sarung drill ini juga dapat berfungsi sebagai hiasan.

 

  1. Bantal dekoratif

    Bahan drill dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan bantal dekoratif yang dapat memberikan tampilan yang unik dan berbeda. Meskipun bahan drill tidak selembut woll dan seindah sutra, bahan ini sangat cocok dimanfaatkan sebagai bahan sarung bantal sofa. Bahannya yang kokoh dan kuat, memberikan kesan yang tegas pada sarung bantal.

 

 

Kain Drill Digunakan sebagai bahan bantal dekoratif

Baca Juga Artikel

 

  1. Keset

   Kemampuan bahan drill dalam menyerap air yang cukup baik membuatnya cocok digunakan sebagai bahan pembuat keset. Selain aspek fungsionalnya, keset berbahan drill dapat menjadi inovasi baru untuk peluang bisnis.

       Itulah beberapa inspirasi produk dekorasi interior rumah yang bisa dibuat menggunakan kain drill. Anda dapat memberikan tampilan yang unik dan berbeda serta menambah nilai estetika pada ruangan, serta mendapatkan manfaat dari sifat dan karakteristik bahan drill. Selamat berkreasi.

 

Rekomendasi Bahan Unione Drill untuk Gorden atau aksesories Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 13
  • 1019 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article