Tips Memilih Jenis Kain Gordyn Yang Cocok Untuk Rumah Anda | Toko Kain Surabaya

Windy 1 Sept 2022 at 8:03
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tips Memilih Jenis Kain Gordyn Yang Cocok Untuk Rumah Anda 

 

 

Kain yang cocok untuk gordyn

 

Untuk mendapatkan kain gordyn terbaik yang sesuai dengan dekorasi dan fungsinya di ruangan, kita perlu mengetahui jenis kain gordyn. Banyak pilihan kain yang dapat kita pilih sebagai bahan dasar gordyn rumah dengan berbagai jenis karakteristiknya. Ada kain dengan karakteristik yang berat dan tidak tembus cahaya, ada pula sebaliknya, kain yang ringan dan tembus cahaya. Ada kain gordyn yang begitu lembut permukaannya, ada pula kain yang bertekstur dan sedikit kasar. Kain gordyn juga hadir dengan berbagai pilihan warna dimana setiap warna yang ditawarkan memiliki kekhasannya masing-masing sesuai jenis kainnya. 

 

Oleh karena itu, mari kita urai satu demi satu jenis kain gordyn agar dapat memilih kain yang terbaik dan cocok sesuai kebutuhan kita.

 

Cek Yuk Warna Bahan Seragam Kerja Grandmax Tropical Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Kain blackout 

 

Kain Blackout cocok untuk gordyn rumah

 

Inilah jenis kain gordyn yang paling tidak tembus cahaya. Kemampuannya untuk menghalangi cahaya masuk ke ruangan sangat baik dan sempurna. Kain blackout memiliki warna yang solid, cenderung warna-warna yang gelap dan serat kainnya rapat. Meski namanya cukup gahar, kain blackout memiliki permukaan yang halus dan lembut. Kain ini juga mudah dibersihkan sehingga dari segi perawatan cukup mudah dilakukan. 

 

Warna-warna solid kain blackout sangat cocok dipadukan di ruangan dengan tema dekorasi yang cerah maupun soft. Kita dapat memilih warna-warna yang senada dengan tema ruangan. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Kain dimout 

 

Kain Dimout cocok untuk gordyn rumah

 

Bila anda pernah melihat gordyn jendela di perkantoran yang dapat digulung rapi ke atas dan apabila diturunkan maka gordyn akan melebar seperti sebuah kertas, maka itulah satu contoh gordyn berbahan dimout. Kain dimout memiliki permukaan yang bertekstur dan cukup tipis. Kemampuannya menghalau cahaya matahari hampir 90%, sehingga ruangan yang ditutup dengan gordyn dimout ini tidak bisa gelap sempurna. Kain dimout masih memungkinkan terlihatnya bayangan objek yang berada dekat dengan kain. Warna gordyn dimout yang sering digunakan adalah putih gading, karena dinilai cerah, bersih dan elegan. Model gordyn yang dapat digulung dengan rapi ini sangat efisien ruang. Ada dua jenis model gordyn dimout, yaitu digulung horizontal ke atas, atau vertikal ke samping. 

 

Kain satin 

 

Kain satin cocok untuk gordyn rumah

 

Jenis kain gordyn berikutnya adalah kain satin. Berbeda dengan kain blackout dan dimout yang cenderung elegan dan casual, kain satin justru menampakkan kemewahan dengan permukaannya yang mengkilap dan sedikit licin. Kain satin memiliki karakter kain yang jatuh, hal ini dapat menambah keindahan gordyn. Selain itu, kain satin tersedia dalam pilihan polos dan motif. Kita dapat memilih memakai gordyn bermotif atau polos berdasarkan tema dekorasi ruangan yang kita inginkan. 

 

Kain lace

 

Kain lace cocok untuk gordyn rumah

 

Ada kalanya kita membutuhkan kain gordyn yang tidak menghalangi cahaya matahari sepenuhnya, mungkin hanya 50%-70% saja. Kita membutuhkan ruangan yang tetap terang oleh cahaya matahari namun tidak menyilaukan mata. Untuk memenuhi kebutuhan ini, kita membutuhkan kain lace yang tipis dan mampu menghalangi silau cahaya matahari hngga 60%. Kain lace masih memungkinkan kita melihat ke luar atau ke dalam ruangan, karena kainnya cukup transparan. Dengan sifat kain ini, gordyn lace membutuhkan kain gordyn tambahan yang memiliki ketebalan cukup dan mampu menghalangi cahaya matahari secara penuh.  

 

Kain chenille 

 

Kain chenille cocok untuk gordyn rumah

 

Kain chenille menawarkan gordyn dengan kesan yang mewah, sekaligus simpel di waktu yang sama. Kain ini memiliki ketebalan yang pas untuk dijadikan gordyn. Permukaannya bertekstur namun tidak kasar dan sangat lembut. Banyak pilihan warna yang ditawarkan oleh kain chenille sehingga kita memiliki keleluasaan memilih dan memadukan dengan dekorasi ruangan. Kain chenilla lebih cocok dengan desain gordyn yang simpel lurus ke bawah. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Tips memilih kain gordyn 

Setelah mengetahui 5 jenis kain gordyn, mari kita uraikan secara singkat tips untuk memilih kain gordyn. 

  1. Pilih jenis kain gordyn berdasarkan fungsi di ruangan 

Gordyn terbaik adalah yang dapat bekerja sesuai fungsinya. Bila kita membutuhkan gordyn untuk menghalangi cahaya matahari secara penuh di dalam ruangan, kita bisa menggunakan kain yang tebal, seratnya rapat dan berwarna solid. Sedangkan kain yang tipis, berserat renggan dan tembus pandang, akan lebih cocok untuk gordyn lapis dalam yang tetap meneruskan cahaya matahari ke ruangan. 

 

  1. Sesuaikan warna kain gordyn dengan tema ruangan 

Agar dekorasi ruangan tidak bertabrakan dan tetap cantik, sesuaikan pemilihan warna gordyn dengan warna ruangan. Maksimal ada 3 variasi warna dalam satu ruang agar triangle warna tetap terjaga. 

 

  1. Pilihlah kain gordyn yang karakternya sesuai dengan kebutuhan dekorasi 

Selain jenis kain, gordyn pun memiliki banyak model. Ada yang hanya lurus vertikal ke bawah, ada yang dibuat melengkung bergelombang, ada juga gorden yang dapat digulung ke atas seperti gordyn di perkantoran. Untuk memilih jenis kain gordyn, kita perlu mempertimbangkan juga model gordyn yang akan digunakan di ruangan kita. 



 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 6
  • 1974 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article