Tips Menjahit Baju Muslim Keluarga untuk Momen Idul Fitri | Toko Kain Surabaya

Windy 11 Jun 2022 at 8:01
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tips Menjahit Baju Muslim Keluarga untuk Momen Idul Fitri

 

Momen Idul Fitri menjadi momen yang tepat untuk saling bersilaturahmi. Untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri, rasanya kurang pas jika tidak menggunakan busana dan segala sesuatu terbaik yang kita miliki. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang berburu baju lebaran. Hari lebaran biasanya juga dijadikan momen untuk tampil kompak bersama keluarga. Sehingga Anda perlu busana yang kompak untuk dipakai sekeluarga. 

 

Baju Muslim Keluarga untuk Momen Idul Fitri

 

Jika Anda membeli baju dari Toko atau Mall ada kemungkinan baju tersebut tidak sesuai ukuran atau tidak seragam. Oleh karena itu Anda bisa menjahit baju muslim untuk keluarga Anda. Berikut ini tips menjahit baju muslim keluarga untuk momen idul fitri.

 

Rekomendasi Bahan Gamis Terbaik Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Persiapan Menjahit Baju Muslim

  1. Menyiapkan Model Pakaian

Langkah pertama sebelum mulai menjahit adalah menyiapkan model pakaian seperti apa yang akan Anda buat. Anda bisa mencari referensi di pinterest atau di instagram untuk menemukan model baju muslim keluarga Anda .

  1. Persiapkan Alat dan Bahan

Persiapkan bahan dasar pakaian beserta bahan tambahan lain yang diperlukan. Misalnya kancing, ristleting, manik-manik, furing dan yang lainnya. Untuk membuat baju muslim keluarga, Anda dapat menggunakan kain katun, linen dan katun rayon karena kain tersebut nyaman dipakai dan mudah menyerap keringat. Pada baju yang bahan dasarnya transparan Anda dapat menambahkan kain furing agar nyaman digunakan dan menyerap keringat. 

  1. Pengukuran

Untuk membuat baju muslim keluarga yang berkualitas dan nyaman saat digunakan, Anda perlu mengukur anggota keluarga Anda. Beberapa alat yang perlu dipersiapkan sebelum mengukur badan yaitu meteran, pena dan buku untuk mencatat.

Kemudian, beberapa bagian tubuh yang perlu diukur yaitu panjang baju, lingkar badan, lingkar pinggang, lebar punggung, lebar bahu, panjang lengan, lingkar pergelangan tangan, dan lingkar leher.

  1. Membuat Pola

Setelah mengukur, selanjutnya yaitu membuat pola. Untuk membuat pola baju muslim Anda perlu mempersiapkan skala, buku kostum, penggaris pembentuk, pensil merah biru, kertas kopi atau kertas koran, kertas dorslag merah biru.

 

Membuat Pola Untuk Baju Muslim Keluarga

 

  1. Memotong Kain dan Menjahit Baju Muslim

Setelah Anda selesai membuat pola, Anda dapat memotong kain sesuai pola. Selanjutnya Anda dapat menjahit potongan kain tersebut hingga membentuk baju muslim. Anda dapat mengumpulkan potongan kain yang terbuang untuk dibuat hiasan atau keset.

 

Baca Juga Yuk Artikel Terkait

 

Tips Menjahit Baju Muslim Keluarga

Selanjutnya berikut ini adalah tips agar Baju Muslim Keluarga yang Anda jahit lebih rapi dan nyaman saat dipakai:

  1. Menjahit Ritsleting Baju

Langkah pertema setelah menjahit pola baju, Anda dapat menjahit ristleting baju. Pastikan ukuran ristleting baju pas tidak terlalu panjang atau terlalu pendek. Serta pastikan bahwa ristleting tidak macet.

  1. Menjahit Kancing Baju

Jika baju muslim laki-laki menggunakan kancing, pastikan Anda memasangnya dengan tepat dan kencang agar kancing tidak mudah lepas. Jangan lupa buat pola lubang terlebih dahulu kemudian lubangi kancing sesuai pola agar pas.

  1. Menjahit Manik-manik atau payet

Selanjutnya Anda dapat memasang manik-manik atau payet agar baju lebih indah. Jika Anda ingin menghias baju muslim Anda dengan manik-manik atau payet Anda dapat membuat pola pemasangannya terlebih dahulu lalu menjahitnya dengan menerapkan teknik sulam. Tipsnya yaitu jika kain berwarna gelap, maka akan menjadi cerah jika diberi payet berwarna terang. Apabila Anda ingin mendapatkan busana dengan tema sederhana Anda bisa memilih payet yang natural.

  1. Penyelesaian Akhir

Setelah Anda selesai menjahit dan memasang semua perlengkapannya, Anda dapat mengecek kembali hasil baju muslim keluarga yang telah dijahit. Hal ini agar tidak ada teknik jahit yang salah, benang yang tidak cocok dan benang yang kusut karena hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas produk.

 

Keuntungan Membuat Baju Muslim Keluarga Sendiri

 

Foto Keluarga Memakai Baju Muslim Keluarga Sendiri

 

Setelah Anda menyimak tips dan proses pembuatan baju lebaran, tentunya ada beberapa keuntungan yang Anda dapatkan jika membuat baju muslim keluarga sendiri. Berikut ini beberapa keuntungan yang Anda dapatkan jika membuat baju muslim keluarga sendiri: 

  1. Membuat model baju sendiri akan meningkatkan kreatifitas Anda untuk membuat model baju-baju baru yang tidak kalah menarik. 
  2. Dapat menentukan dan memilih model dan jenis kain, motif kain, warna kain dan hiasan kain yang berkualitas tinggi serta nyaman dipakai.
  3. Dapat menyesuaikan ukuran baju muslim dengan ukuran anggota keluarga Anda. Ukuran baju yang Anda buat bisa disesuaikan dengan bentuk badan. Jadi tidak perlu khawatir lagi akan kebesaran atau kekecilan.
  4. Dapat menghemat pengeluaran dibandingkan harus membeli baju di mall yang harganya relatif mahal.
  5. Model baju muslim keluarga yang Anda buat akan menjadi baju limited edition karena hanya keluarga Anda yang punya dan tidak ada tiruannya.

 

Tentu saja, jika Anda menggunakan jasa penjahit, Anda tidak perlu repot untuk menjalankan proses-proses menjahit di atas. Anda hanya perlu menyiapkan bahan kainnya dan melakukan pengukuran. Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu baju muslim tersebut jadi. Tips lainnya untuk Anda yang ingin menjahit baju muslim keluarga, upayakan untuk melakukannya sejak sebelum lebaran. Supaya penjahit juga tidak terlalu terburu-buru untuk menyelesaikannya sebelum libur lebaran. Semoga bermanfaat!

 

Baca Juga Yuk Artikel Terkait

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 4
  • 2890 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article