Bahan Recommended untuk Celana Training | Toko Kain Surabaya

Windy 13 Oct 2021 at 7:30
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

 

7 Bahan Recommended untuk Celana Training

 

Kenapa diperlukan bahan-bahan khusus untuk pakaian olahraga? 

Olahraga merupakan aktivitas yang satu level di atas lainnya. Dalam hal apa? Dalam hal intensitas aktivitas. Ketika berolahraga, tubuh mengerahkan tenaga lebih banyak. Gerakan-gerakan lebih lebar, lebih cepat, lebih melelahkan dibanding dengan aktivitas kerja lainnya. Intensitas yang tinggi itu, tentu mendorong tubuh mengeluarkan banyak keringat dan membutuhkan outfit yang mendukung agar tidak menghalangi performa. Nah masalahnya, tidak semua bahan kain cocok digunakan untuk kegiatan olahraga. 

 

Bahan Celana Training

 

Outfit untuk kantor misalnya, lebih banyak berbahan katun, linen, rayon dan sebagainya, yang mana bahan-bahan tersebut mudah sobek, jadi berat saat mengandung air karena tidak mudah kering dan kurang elastis. Sedangkan kita membutuhkan pakaian yang cenderung elastis, tidak mudah sobek, kuat dan mudah menyerap keringat sekaligus cepat kering untuk menunjang performa terbaik olahraga kita. 

 

Celana training adalah satu diantara outfit olahraga yang harus menjadi perhatian utama. Celana training pasti dipakai, kecuali jika lebih memilih celana pendek. Celana training punya banyak ragam dari segi model dan pemilihan bahannya. Bahan pun akhirnya menentukan harga celananya. Tapi kebanyakan merk lebih berpengaruh. Meski begitu, pertimbangan jenis bahan celana harus menjadi yang pertama. Berikut ini adalah beberapa bahan rekomendasi yang paling banyak dijadikan celana training! Yuk simak!

Baca Juga Yuk Artikel Berikut Ini

 

Bahan diadora 

Rekomendasi yang pertama ini sudah melanglang buana di jagat fashion sporty. Bahan diadora menjadi primadona karena memberikan spesifikasi yang mantap dengan harga ekonomis. Banyak celana-celana training yang dibuat dari bahan diadora dengan tingkat gramasi yang berbeda-beda. Meski begitu, tingkat ketebalan bahan diadora masih berada di batas nyaman untuk berolahraga. Tidak terlalu tebal apalagi tipis. Tidak menerawang dan sangat nyaman dipakai. 

 

Bahan untuk Celana Training

 

Bagian dalamnya lembut sekali karena permukaannya dari serat-serat berbulu yang hampir sama seperti bahan fleece. Serat halus inilah yang meminimalisir gesekan kasar dengan kulit yang dapat menyebabkan iritasi dan gatal. Celana training berbahan diadora juga terlihat mengkilap, halus dan agak licin pada bagian luarannya. Itu memberikan kesan mahal padahal harganya ekonomis dan sangat terjangkau. Bahannya pun tidak panas dan cukup baik dalam penyerapan keringat. Hanya saja bahan ini tak memiliki kemampuan cepat kering. 

 

Bahan spandex 

Tak hanya diadora, spandex juga menjadi bahan favorit dalam dunia olahraga. Bahannya yang elastis membuat pemakainya nyaman bergerak selebar dan secepat apapun. Tidak takut sobek dan tidak terhambat gerakannya. 

 

Bahan untuk Celana Training

 

Bahan spandex juga lebih tipis dibanding diadora, meski demikian spandex memiliki pilihan tingkat gramasi yang beragam. Spandex cocok sebagai bahan pakaian olahraga dengan kemampuan penyerapan keringatnya yang tinggi. Dibandingkan diadora, spandex lebih cepat keringnya dan bahannya lebih ringan. Tidak ada perbedaan permukaan dalam dan luarnya. Spandex sering dijadikan bahan celana training yang ketat, biasanya celana training untuk wanita. 

 

Bahan jersey

 

Bahan untuk Celana Training

 

Hampir semua kaos olaahraga komunitas, klub, lomba-lomba, memakai kaos berbahan jersey. Pilihan itu tepat karena jersey punya kemampuan penyerapan keringat sekaligus cepat kering yang baik. Sama seperti spandex yang ringan, jersey pun tidak berat kainnya. Tingkat gramasi jersey hampir sama ketebalannya. Namun untuk elastisitas masih lebih baik spandex. Bahan jersey cukup digemari karena ketika dipakai berolahraga tidak akan membuat gerah. Pori-pori kainnya besar sehingga memberikan sirkulasi udara yang baik untuk panas tubuh keluar. 

 

Kain dryfit 

 

Bahan untuk Celana Training

 

Bahan dryfit sedang naik daun dewasa ini. Menjadi bahan primadona yang begitu dicari paara pencinta olahraga. Kenapa? Seperti namanya, bahan dryfit mudah sekali kering sehingga ketika celana training basah karena keringat maupun cipratan air, celana akan mudah untuk kering. Diangin-angini atau dipakai di bawah sinar matahari lebih cepat keringnya. 

 

Bahan dryfit termasuk kain yang tipis namun kuat dan tidak menerawang. Bahan dryfit juga memiliki pilihan warna yang banyak dengan warna-warna yang tajam. Satu kekurangan bahan dryfit adalah dari segi harga yang masih tergolong mahal dibandingkan bahan lainnya. Celana training dryfit saat ini berada di kelas atas. 

 

Kain despo 

 

Bahan untuk Celana Training

 

Kain despo cocok sekali untuk celana training yang dapat melindungi tubuh dari terpaan angin. Itu karena bahan despo ini tahan angin, bersifat windbreaker. Tapi tak dilengkapi dengan sifat tahan air seperti paket-paket spesfikasi pada bahan pakaian outdoor. Bahan despo bisa menyerap air sehingga masih nyaman dipakai untuk celana olahraga, bisa menyerap keringat. Bahannya halus, lembut, tipis dan seratnya kecil-kecil. Ada dua jenis bahan despo yang sering dipakai, yang bisa molor dan elastis, satu lagi tidak bisa. 

 

Parasut

 

Kain parasut tidak absen dalam produk celana training ini. Parasut masih banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan training karena kainnya yang tipis, ringan dan  tidak mudah basah. 

 

Baca Juga Yuk Artikel Berikut Ini

 

Micro 

 

Bahan untuk Celana Training

 

Bahan micro sekilas nampak mirip dengan kain lainnya, namun bahan micro ini sangat halus. Itu karena tenunan benangnya yang begitu rapat dan serat-serat benangnya dipintal sangat kecil. Bahan micro yang halus dan ada sensasi sedikit mengkilapnya itu membuat bahan micro terlihat mewah dan mahal, padahal harganya cukup ekonomis. 

Hampir semua rekomendasi bahan terbaik untuk celana training adalah bahan-bahan yang ringan, halus permukaannya, mampu menyerap keringat dengan baik sekaligus proses penguapan yang cepat. Sifat-sifat tersebut sangat mendukung untuk performa yang optimal dalam berolahraga. 

 

Pilihan Warna Bahan Mikro Tipis Bahan Celana Training Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 55
  • 9481 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article