Mikrotipis Fungsinya dalam Pembuatan Jaket | Toko Kain Surabaya

Windy 3 Sept 2021 at 7:01
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Apa itu Bahan Mikro? Pahami Fungsinya dalam Pembuatan Jaket

 

Sesuai dengan namanya, bahan mikro identik dengan serat kain yang sangat kecil. Jadi permukaannya sangat halus. Sekalipun asing didengar dibanding bahan lainnya dalam pembuatan jaket, pada kenyataannya bahan mikro ini sudah sangat banyak diaplikasikan dalam jaket-jaket. Kebanyakan digunakan untuk jaket-jaket outdoor yang membutuhkan kehangatan, ringan dan awet. Banyak juga jaket-jaket tim olahraga yang memilih bahan mikro untuk seragam kebanggaan mereka. 

 

Bahan mikro ini terbuat dari campuran nylon dan polyester, yang kemudian diproses dengan teknologi canggih sehingga menghasilkan tenunan benang dengan kerapatan tinggi. Hasilnya begitu halus dan sedikit licin. Bahan mikro ini ada yang tahan air, ada juga yang tidak. 

 

Mikro Tipis

 

Setidaknya ada empat jenis bahan mikro yang kerap dipilih sebagai bahan dasar jaket. Setiap jenis bahan mikro ini memiliki sifat yang sama dengan sedikit beda ciri khas. Mikro bintik memiliki tekstur bintik-bintik, mikro ripstop bertekstur kotak-kotak karena proses penenunan yang dipadu dengan benang sintetis. Bahan mikro TR dianggap lebih kuat karena punya kandungan serat TR atau teteron dalam kombinasi pembuatannya. 

 

Baca Yuk Artikel Tentang Jaket Yang Lain

 

 

Karakteristik Khas Bahan Mikro 

 

Bahan mikro, meski terlihat mirip dengan parasut dalam beberapa aspek penampilannya, bahan mikro punya ciri khas yang membuatnya berbeda. Bahan mikro ini meski halus dan ringan sekali, kainnya jatuh, tidak melayang-layang atau menggembung. Sifat ini dapat menjadikan jaket terlihat lebih bagus ketika dipakai. Lalu permukaannya halus sekali, itu karena bahan mikro dibuat dari benang-benang yang kecil sehingga menghasilkan serat kain yang sangat kecil pula. 

 

Kehalusan permukaan kain mikro ini lebih tinggi dibanding kehalusan kain parasut. Dari segi penampilan, bahan mikro memiliki efek mengkilap dan licin. Jadi ketika jaket dipakai akan sedikit glossy, membuat pakaian lebih mewah. Pada beberapa jaket, penggunaan kain mikro ini masih membutuhkan furing tambahan karena dianggap terlalu tipis. Namun saat ini sudah banyak juga jaket berbahan mikro tanpa furing. 

 

Alasan kenapa jaket berbahan mikro sangat worth it

 

Demi menghapus keraguan memilih bahan ini sebagai bahan dasar jaket, ini dia alasan kenapa bahan mikro cukup bernilai dan patut dipertimbangkan: 

 

  1. Punya banyak varian warna 

 

Varian warna mikro tipis

 

Salah satu keluhan yang sering sampai dari konsumen adalah warna yang diinginkan tidak ada! Beberapa kain yang disukai dengan model jaket yang sudah cocok di hati, ternyata tak memiliki warna yang diinginkan. Persediaan warnanya terbatas, karena dari bahan kainnya pun tak memiliki banyak pilihan warna. Ada bahan-bahan yang hanya menyediakan pilihan warna netral saja, nuansa gelap atau bahkan hanya warna dasar yang tinggi peminatnya. Jangan khawatir, bahan mikro menyediakan cukup banyak pilihan warna. Sehingga kita bisa memilih warna sesuai yang diinginkan dan bebas memadu padankan dengan pakaian. 

 

  1. Kuat dan tahan lama 

 

Kekuatan dan keawetan kain berasal dari bahan pembuatnya serta proses penenunannya. Bahan mikro ini dibuat dari campuran serat nylon dan polyester, dimana kedua bahan tersebut sudah terkenal dengan kekuatan dan keawetannya. Apalagi proporsi polyesternya lebih banyak, sebesar 80%. Sedangkan proses penenunannya menggunakan teknologi yang canggih, sehingga menghasilkan kerapatan benang yang tinggi dan kuat. 

 

  1. Jaketnya Ringan 

 

Model menggunakan Jaket mikro tipis

 

Bahan mikro ini sangat ringan. Salah satu sebabnya karena kain mikro cukup tipis, lebih tipis dibanding parasut. Jaket yang berbahan mikro ini akan sangat ringan saat dipakai, tidak membuat pegal karena berat, namun memiliki fungsi yang sangat baik. Jaket berbahan mikro banyak disukai untuk jaket olah raga, karena jaket yang ringan bisa membuat pemakainya bebas bergerak dan lebih lincah. 

 

  1. Mudah merawatnya 

 

Tak seperti kebanyakan bahan jaket yang butuh perawatan khusus agar sifat-sifatnya tidak rusak dan kegunaannya hilang. Jaket berbahan mikro ini cukup tangguh dengan deterjen. Tidak perlu perawatan khusus yang terlalu rumit. Dicuci bersih biasa menggunakan deterjen tidak masalah, dijemur di bawah matahari pun tidak soal. Hanya saja jangan menyeterika dengan suhu terlalu panas karena jaket bisa rusak. 

 

Baca Yuk Artikel Tentang Jaket Yang Lain

 

  1. Anti iritasi kulit 

 

Model Mikro tipis

 

Salah satu sebab kenapa kulit bisa iritasi, selain karena ada jenis kulit yang sangat sensitif, juga karena gesekan yang terlalu kasar antara kulit dengan kain. Namun jika kainnya halus, gesekan itu akan aman sehingga kemungkinan iritasi juga rendah. Nah, kain mikro ini memiliki permukaan yang sangat halus, bahkan juga licin, sehingga mampu meminimalisir gesekan berlebihan pada kulit, kemungkinan iritasi jadi rendah. Jaket ini sangat cocok bagi yang memiliki kulit sensitif. 

 

  1. Mampu menghangatkan tubuh 

 

Kegunaan jaket ini salah satunya yakni mampu mengikat panas tubuh agar bertahan lebih lama. Bahan mikro mengandung sifat windbreaker, jadi anti angin. Ketika dipakai pada cuaca yang berangin, jaket akan mampu melindungi tubuh supaya anginnya tidak masuk ke badan. Pada tempat-tempat yang dingin, jaket berbahan mikro akan terasa lebih hangat. 

 

 

Rekomendasi Bahan Mikro Tipis Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 20
  • 5172 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article