Tips Menghilangkan Noda Membandel pada Pakaian dengan Mudah | Toko Kain Surabaya

Windy 12 Jul 2022 at 8:01
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tips Menghilangkan Noda Membandel pada Pakaian dengan Mudah

 

Pakaian yang kita kenakan selalu saja rentan terkena berbagai noda saat sedang beraktivitas. Baik itu noda kering maupun noda basah. Noda kering seperti kumpulan debu atau kotoran biasanya masih bisa dihilangkan. Namun tidak halnya dengan noda membandel, seperti saos, kopi, tinta pulpen, permen karet, dan yang lainnya.

 

Tips Menghilangkan Noda Membandel

 

Noda yang membandel di pakaian kita dapat merusak warna dan estetika pakaian. Apalagi jika warna noda membandel masuk ke serat kain sehingga membuat baju terlihat kotor dan sulit untuk di cuci. Oleh karena itu, kamu harus paham apa saja yang harus kamu lakukan saat bajumu terkena noda membandel. 

 

  1. Jangan mengelap dengan cara menyamping

Mengelap dengan cara menyamping akan membuat noda tersebar ke daerah baju yang lain. Kamu bisa menyerap noda dengan tisu bersih agar noda berpindah tempat dari kain ke tisu.

 

  1. Basuh dengan air bersih dan mengalir

Jika kamu membasuh kain yang terkena noda dengan air bersih, maka kamu akan membuat noda mengalir bersama air serta menghilangkan sisa noda yang berbentuk cairan. Tapi perlu diingat jangan dikucek agar bagian bajumu yang bersih tidak menjadi kotor.

 

  1. Jika kamu sedang ada di rumah, langsung saja direndam dengan detergen selama 5 menit, lalu di kucek secara berulang sampai noda hilang. Jika belum hilang bisa gunakan sikat yang lembut untuk membersihkan noda. Setelah bersih kamu dapat langsung mengeringkan pakaianmu.

Selain cara di atas, berikut ini beberapa tips untuk menghilangkan noda membandel pada pakaian:

 

Rekomendasi Bahan Seragam Kantor Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Noda Saus

 

Tips Menghilangkan Noda Membandel

 

Untuk membersihkan noda saus, kamu hanya membutuhkan pisau, sabun cuci piring, dan cuka putih. Pertama, kamu harus mengkikis sisa noda saus dengan pisau. Setelah bersih, tutup bagian noda dengan sabun cuci piring dan tambahkan cuka putih di atasnya. Tunggu selama 10 menit dan bilas dengan air sampai noda saus hilang.

 

Noda minyak

Untuk menghilangkan noda pada minyak, kamu memerlukan tisu, bedak bayi atau tepung, sabun cuci piring, dan air. Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah membersihkan sisa noda minyak dari pakaian dengan tisu, tambahkan bedak bayi atau tepung pada noda tersebut, dan diamkan selama satu jam hingga minyaknya terserap.

Bersihkan tepung atau bubuk, oleskan sedikit sabun cuci piring ke noda, dan tambahkan sedikit air. Gosok pakaian dengan lembut, lalu cuci di mesin cuci seperti biasa.

 

Noda tinta

Untuk menghilangkan noda tinda kamu dapat menggunakan hairspray dan handuk atau kain. Langkah yang harus Anda lakukan adalah menyemprot noda tinta dengan hairspray dan diamkan selama 10 menit. Bersihkan noda dengan handuk atau kain, lalu cuci seperti biasa.

 

Noda darah

Jika pakaianmu terkena darah, kamu memerlukan air dingin, garam, dan hidrogen peroksida. Langkah-langkah yang harus kamu lakukan adalah mencampur garam dan air dalam mangkuk. Rendam pakaian yang terkena noda selama 10 menit. Kemudian bilas dan oleskan hidrogen peroksida pada noda darah dan cuci menggunakan mesin cuci atau cuci manual.

 

Noda kopi

 

Tips Menghilangkan Noda Membandel

 

Noda kopi pasti sering menodai pakaian kamu. Oleh karena itu, untuk menghilangkan noda tersebut kamu membutuhkan air dingin dan sabun cuci piring cair.

Untuk noda baru, langkah yang harus kamu lakukan adalah membasahi bagian belakang noda dengan air mengalir hingga pakaian yang terkena noda tersebut bersih. Jika tidak berhasil, campurkan sabun cuci piring cair dengan air dingin dan tuangkan di atas noda. Selanjutnya, usap pakaian kamu secara perlahan. Diamkan selama setengah jam, lalu gosok perlahan. Setelah itu bilas dengan air dingin dan cuci seperti biasa.

 

Noda keringat di bagian bawah baju dekat ketiak

Jika bajumu terkena noda keringat, bahan-bahan yang kamu butuhkan adalah secangkir cuka, setengah cangkir soda kue, satu sendok teh garam, dan satu sendok teh hidrogen peroksida. Langkah pertama adalah memasukkan pakaian ke dalam wadah dan rendam dalam cuka dan dua gelas air hangat selama 30 menit. Di mangkuk lain, campur sisa bahan sampai teksturnya lembek. Selanjutnya, lepaskan kemeja dari rendaman cuka dan letakkan di atas handuk. Oleskan bahan tadi ke noda keringat lalu diamkan 25 menit. Setelah itu dapat dibilas dan dicuci seperti biasa.

 

Noda lipstik

 

Tips Menghilangkan Noda Membandel

 

Jika kamu tak sengaja menempelkan lipstik ke baju dan ingin menghilangkan noda lipstik, yang kamu perlukan hanyalah hairspray dan kain lembab. Langkah yang harus kamu lakukan adalah menyemprotkan hairspray pada area yang bernoda dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, bersihkan area yang terkena noda dengan kain lembab.

 

Noda rumput

Jika kamu tak sengaja bermain di luar dan terjatuh, kemudian celana mu terkena rumput, kamu tentu harus membersihkannya. Satu-satunya hal yang kamu butuhkan adalah cuka secukupnya. Kamu harus mengoleskan cuka pada noda. Gosok perlahan dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, lakukan cucian seperti biasa.

Demikianlah tips untuk menghilangkan noda. Semoga tips ini dapat membantu menghilangkan noda membandel dari pakaianmu ya.

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 8
  • 1634 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article