Apa yang Dimaksud Dengan Batik Stilasi Ini Penjelasan Selengkapnya | Toko Kain Surabaya

Windy 25 Mar 2023 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Apa yang Dimaksud Dengan Batik Stilasi? Ini Penjelasan Selengkapnya!

 

 

Motif kain batik sangat beragam karena mengandung kekayaan unsur budaya nusantara. Mulai dari motif tumbuhan, binatang, abstrak atau motif lainnya. Umumnya, bentuk motif yang diukir pada pada kain batik mengandung suatu makna tertentu. Sama halnya dalam motif batik stilasi yang diperoleh dari pengembangan bentuk alami dari sebuah obyek.

 

Rekomendasi Bahan Seragam Kerja Unione Drill Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Mengenal Batik Stilasi

 

Batik Stilasi

 

Stilasi merupakan motif hias yang digayakan, yang berarti memberikan suatu gaya atau mode untuk mendesain suatu bentuk motif hias agar tercipta variasi motif hias yang berbeda dan lebih inovatif dari motif aslinya. Dalam istilah desain sendiri, stilasi merupakan proses penggayaan maupun penyederhanaan bentuk realistis suatu benda (obyek) menjadi bentuk dekoratif. Hal ini akan membuat benda tersebut menjadi terlihat lebih indah dan menarik tanpa harus menghilangkan bentuk maupun karakter aslinya.

Merujuk pada buku Hasanudin, yang berjudul Batik Pesisiran disebutkan teknik stilasi merupakan hasil visualisasi dari bentuk yang menekankan pada gaya atau langgam bentuk. Teknik ini berfokus pada gaya yang bersumber dari imajinasi seseorang berdasarkan pengamatannya terhadap suatu bentuk, yang kemudian diaplikasikan dalam karya stilasi. Beragam motif hasil imajinasi tersebut seperti dedaunan, burung-burungan, ataupun motif bintang yang akan memberikan kesan indah. 

Baca Juga Artikel Terkait

 

Teknik Membuat Batik Stilasi

 

Batik Stilasi

 

Secara sederhana, batik stilasi menggunakan teknik mengubah bentuk asli menjadi bentuk yang baru. Bentuk asli tetap bisa ditemukan dari sumber tertentu atau bisa juga dengan cara melihat objek dari berbagai arah tertentu karena hasil dari penggayaan obyek. Sedangkan bentuk baru pada batik bersifat dekoratif, tetapi tetap akan memperhatikan ciri khas dari bentuk aslinya.

Sebuah fakta dibalik cara membuat batik stilasi yang sedemikian rupa adalah fungsinya yang ternyata dapat memudahkan seseorang pada saat menorehkan canting berisi lilin cair pada kain mori batik. Dengan mengikuti bentuk motif dasar, pembatik dapat membentuk sebuah obyek tertentu sesuai dengan kreativitas yang dimiliki.

Merujuk pada buku Hasanudin, yang berjudul Batik Pesisiran disebutkan teknik stilasi merupakan hasil visualisasi dari bentuk yang menekankan pada gaya atau langgam bentuk. Teknik ini berfokus pada gaya yang bersumber dari imajinasi seseorang berdasarkan pengamatannya terhadap suatu bentuk, yang kemudian diaplikasikan dalam karya stilasi. Beragam motif hasil imajinasi tersebut seperti dedaunan, burung-burungan, ataupun motif bintang yang akan memberikan kesan indah. 

Teknik yang dipakai dalam membuat batik stilasi telah banyak dijumpai pada berbagai karya batik. Untuk membuat bentuk objek terlihat lebih sederhana pada saat pengerjaan stilasi, proses pembuatan akan menggunakan mal atau patron. 

 

Baca Juga Artikel tentang Batik Stilasi

 

Prinsip Dasar Membuat Batik Stilasi

ada beberapa prinsip kerja dasar yang dapat diterapkan dalam proses pembuatan batik stilasi, antara lain:

  1. Menggambar bentuk asli obyek atau benda dari berbagai perspektif atau arah pandang yang berbeda, bisa dari arah tampak depan, samping, belakang, samping, maupun bawah.
  2. Mencari inspirasi untuk bagian yang akan menjadi objek kemudian dituangkan dalam karya berdasarkan gaya atau selera sendiri.
  3. Lengkapi gambar stilasi dengan isen-isen berupa variasi titik, garis, blok, dan warna dengan memperhatikan ciri serta sifat khas sumbernya, yang akan membuat karya lebih indah dan menarik.

 

Anda juga harus mempertimbangkan pula beberapa ketentuan dalam membuat gambar stilasi, meskipun dalam proses pembuatan motif batik dengan metode ini terdapat suatu kebebasanketentuan tersebut meliputi membuat gambar harus memberikan bentuk yang tegas, memiliki kesan gambar yang datar, serta membuat bentuk ornamen yang estetik.

 

Bentuk-Bentuk Motif Batik  Stilasi

Teknik stilasi dapat menghasilkan berbagai jenis bentuk yang sangat beragam, berikut ini beberapa motif yang dapat dijadikan rujukan antara lain:

  1. Bentuk Naturalis

Merupakan bentuk berdasarkan benda yang ada di alam sekitar, seperti tumbuhan dan hewan. Pada motif tumbuhan, stilasi dapat dibentuk menjadi berbagai bagian dari tumbuhan seperti buah-buahan, dedaunan, batang, dan juga biji. 

Motif hias tumbuhan ini tak hanya ditemukan pada kain batik saja, tapi juga sangat banyak ditemukan pada beragam karya seni yang lainnya seperti kain tenun dan kain songket. Selain itu pada teknik stilasi juga dapat menggunakan motif hewan yang objeknya telah disederhanakan, seperti bentuk ikan dan kura-kura juga banyak ditemukan pada kain batik. 

 

Batik Stilasi

 

  1. Motif Geometris 

Motif geometris merupakan bentuk bangun datar seperti lingkaran, segi empat, bujur sangkar, segitiga, dan yang lainya juga digunakan dalam teknik stilasi. Motif tersebut biasanya akan disusun secara berulang hingga akhirnya akan terbentuk kesatuan motif hias yang harmonis.

 

Batik Stilasi

 

Itulah pembahasan lengkap mengenai apa yang dimaksud dengan stilasi, aspek yang perlu diperhatikan, berbagai jenis motif, dan juga prinsip kerja dalam metode stilasi yang bisa Anda praktikkan untuk membuat karya seni. Semoga pembahasan tersebut bisa bermanfaat dengan baik untuk Anda, selamat mencoba metode stilasi!!!

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 11
  • 4162 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article