Inilah 5 Langkah Cara Mencuci Masker Kain Agar Siap Pakai Lagi | Toko Kain Surabaya

Administrator 7 Jan 2021 at 8:23
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Inilah 5 Langkah Cara Mencuci Masker Kain Agar Siap Pakai Lagi

 

 

Sejak pandemi Covid-19 memaksakan sebuah kebiasaan baru kepada kita untuk menggunakan masker, hal itu akhirnya menjadi bagian tak terpisahkan. Setiap hari kita harus memakainya, saat keluar rumah, entah untuk bekerja maupun bepergian. Dimana masker kain menjadi alternatif andalan mayoritas orang Indonesia, karena pakai ulang dan jauh lebih ekonomis.

 

Agar masker kain siap untuk kita pakai kembali, tentu saja kondisinya harus benar-benar bersih, bukan? Sehingga cara mencuci masker menjadi salah satu poin penting yang perlu kita perhatikan. Tidak bisa kita sama ratakan seperti halnya mencuci pakaian pada umumnya. Jika ada residu atau bakteri yang tertinggal, pernapasan kita yang jadi korbannya.

Jadi bagaimana cara mencuci masker kain supaya benar-benar bersih saat dipakai kembali?

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Merendam Masker Kain, Why not?

 

Sebagian orang memiliki kebiasaan untuk merendam terlebih dulu pakaian yang hendak dicuci. Sehingga dengan begitu kotoran akan terangkat dan lebih mudah saat proses mencucinya. Itulah kenapa mungkin juga muncul pertanyaan yang sama tentang merendam masker kain. Jawabannya, masker kain juga boleh direndam kok!

Bedanya, waktu untuk merendam kain masker tidak lama-lama. Cukup lima menit saja, sampai masker siap untuk masuk proses cuci. Selain itu gunakan air panas dengan suhu sekitar 50-60 derajat Celcius. Gunakan detergen secukupnya saja, terutama jika Anda mencuci kain masker berbahan Oxford Dy. Supaya seratnya tidak mudah rusak.

 

 
ilustrasi menuci masker

ilustrasi menuci masker

 
 

Mencuci Manual atau Mesin?

 

Meskipun jika ditanyakan apakah masker kain bisa dicuci dengan mesin, jawabannya bisa, tapi lebih baik jangan. Karena putaran mesin yang terlalu kuat bisa merusak serat kain dan mengurangi elastisitas karet pengaitnya. Sehingga lebih baik untuk masker kain Anda dicuci manual menggunakan tangan. Itupun ingat selalu untuk tidak menguceknya terlalu kuat, supaya serat kainnya tidak rusak.

 
 

Teknik Membilas

 

Sangat disarankan untuk Anda membilas masker yang sudah dicuci dengan air yang mengalir. Alih-alih mencelupkannya pada air dalam wadah atau ember. Karena itu akan jauh lebih higienis, terutama jika Anda mencuci beberapa masker sekaligus. Tentu saja gunakan air mengalir yang bersih dan bagus kualitasnya.

Pastikan bahwa ketika Anda membilasnya, tidak tertinggal residu detergen pada masker. Karena selain hal itu membuat aroma detergen yang menyengat tertinggal dalam masker, juga bisa mengganggu kesehatan pernapasan. Anda bisa melihatnya dari ada tidaknya busa saat masker dibilas, lakukan sampai tidak ada lagi busa yang terlihat.

 
 

Mengeringkan Masker

 

Anda bisa mengeringkan masker dengan menjemurnya langsung di bawah terik matahari. Tapi usahakan jangan terlalu lama agar tidak membuat warna pada masker cepat pudar. Kecuali jika Anda masker tersebut berbahan Oxford Dy yang kuat dan warnanya tahan lama.

 

 
ilustrasi mengeringkan masker

ilustrasi mengeringkan masker

 
 

Selain itu juga penting untuk menjemurnya dengan membagi dua bagian sama rata. Alih-alih menggunakan karet pengaitnya sebagai tumpuan. Karena hal itu bisa membuat karet semakin longgar dan kehilangan elastisitasnya. Kecuali jika Anda menggunakan masker berbahan Oxford Dy yang menggunakan pengait dari tali, Anda bisa menggunakan bagian tali sebagai tumpuan saat menjemur.

 

Pilihan Bahan Masker Berkualitas dari Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

 

Menyetrika Masker, Bolehkah?

 
 
ilustrasi menyetrika masker

ilustrasi menyetrika masker

 
 

Jawabannya, boleh. Anda bisa menyetrika masker seperti halnya pakaian pada umumnya. Hal itu lebih baik, terutama jika masker Anda berbahan Oxford Dy. Karena bahan tersebut kuat panas sehingga tahan ketika disetrika. Selain tentu saja membuatnya tampak lebih rapi sehingga meningkatkan rasa percaya diri ketika digunakan!

 

Semakin melengkapi kenyamanan Anda saat memakai masker Oxford Dy yang dibuat dengan teknologi Achroma. Membuatnya jadi masker kain yang efektif untuk menahan droplet virus Covid-19. Selain juga tentu saja menjaga tampilan Anda tetap stylish dengan banyaknya ragam pilihan warna yang bisa dipakai.

 

Apabila anda membutuhkan Berbagai macam kain oxford, baik itu Oxford sari warna, Oxford Dy by sumtex, Oxford twotone. Kusuka Tropical. Kami Mitra mulia menyediakan nya. Untuk informasi lebih jelas dapat menghubungi contact wa kami : 081703812160 atau di web kami www.mitramulia.com

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 90
  • 2413 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article