Kain Cotton Fleece Cocok Untuk Membuat Hoddie | Toko Kain Surabaya

Windy 4 Feb 2023 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Kain Cotton Fleece Cocok Untuk Membuat Hoddie

 

 

Bahan Cotton Fleece adalah salah satu jenis bahan katun yang paling dinamis karna sering sekali digunakan sebagai bahan baku membuat pakaian. Untuk materi yang digunakan dalam pembuatan bahan Cotton Fleece merupakan bahan kimia campuran Polyester (terutama jenis Polyethylene Terephthalate atau PET) dengan lycra, nylon, dan juga tambahan beragam jenis bahan sintetis yang lainnya.  Selain campuran bahan tersebut ada pula jenis bahan Cotton Fleece yang terbuat dari campuran bahan cotton, CVC (sejenis bahan katun Korea), dan juga tambahan sedikit proporsi serat wol.

 

Bahan dari Cotton Fleece lebih banyak diproduksi dalam membuat pakaian-pakaian hangat dan tebal contohnya hoodie, jaket, dan sweater. Selain dipakai sebagai bahan baku campuran dalam membuat pakaian, bahan Cotton Fleece juga berperan dalam pembuatan selimut dan bed cover atau bed sheet

 

Di dunia Chloting Line, bahan Fleece memang paling populer dan menjadi primadona karna dibuat dari komposisi campuran serat katun (cotton) sebesar 80% dengan serat wol sebesar 20%. Baban ini akan sangat menghangatkan ketika dipakai karna terdapat bulu-bulu lembut dan tebal yang terdapat pada permukaan dalam dari bahan Fleece

 

Kain Cotton Fleece Cocok Untuk Membuat Hoddie

 

Ciri dan Karakteristik Bahan Fleece 

Agar dapat membedakan bahan fleece dengan jenis bahan tekstil yang lainnya, maka simaklah ciri serta karakteristik dari bahan Fleece berikut ini. 

  1. Pada Permukaan Dalam Kain Terdapat Bulu - Bulu Halus dan Tebal

Keunikan yang lainnya yaitu pada permukaan bagian dalam kain terdapat bulu-bulu halus seperti bulu domba, yang berfungsi  untuk menghangatkan tubuh ketika dikenakan.

  1. Ramah Lingkungan 

Ternyata jenis bahan Fleece juga ada yang terbuat dari serat bamboo, namanya “Bahan Fleece Bamboo” yang merupakan hasil perpaduan antara cotton bamboo dengan serat Fleece. Fakta menarik lainnya ternyata bahan-bahan bekas atau limbah daur ulang (recycled waste) seperti plastik bekas juga dapat didaur ulang menjadi bahan baku pembuatan dalam pembuatan bahan Fleece

  1. Hangat, Halus dan Lembut 

Alasan yang membuat bahan fleece ini sangat cocok digunakan dalam pembuatan pakaian penghangat tubuh seperti  sweater, jaket, hoodie, syal, ataupun sarung tangan, tentu saja karena bahan ini bersifat lembut, hangat, tebal, dan juga sangat halus. Sehingga ketika dikenakan akan memberikan kesan yang sangat nyaman dan juga akan terasa hangat. 

Meskipun cukup tebal ternyata bahan ini tidak terasa berat ketika dikenakan, bahan fleece cenderung ringan karna terbuat dari rajutan benang yang dipelintir sampai menjadi kain. Diameter benang yang digunakan dalam pembuatan bahan fleece tergolong cukup tinggi sehingga akan menciptakan hasil akhir bahan Fleece yang lebih ringan dan pastinya juga lembut. 

  1. Permukaan Kain yang Tampak Bercahaya 

Permukaan kain yang tampak bercahaya  jika dilihat dari kejauhan merupakan salah satu keunikan juga dari bahan fleece. Meskipun terlihat bercahaya pada permukaan kainnya tetapi tidak akan membuat Kamu berkeringat ketika memakainya, karena bahan Fleece tidak menyerap panas atau cahaya tetapi malah dapat memantulkannya. 

 

Baca Artikel lain nya

 

Kelebihan Bahan Fleece 

 

Kain Cotton Fleece Cocok Untuk Membuat Hoddie

 

Bahan Fleece memiliki beberapa kelebihan yang dapat menjadi ciri pembeda dari jenis bahan tekstil yang lainnya. Selain itu, kelebihan yang dimiliki oleh bahan Fleece ini juga menjadi nilai tambah dan daya tarik tersendiri di mata pengusaha tekstil atau fashion designers  sehingga sering menjadikan pilihan sebagai bahan baku dalam pembuatan pakaian. Mari simak beberapa ulasan berikut ini.

  1. Permukaan Kain Memiliki Kemampuan Sirkulasi Udara yang Baik 

Meskipun dalam keadaan sedang basah tapi pada permukaan bahan Fleece tetap mampu mengalirkan udara dengan baik, karena sirkulasi udara yang baik inilah dapat membuat tubuh menjadi hangat ketika udara di luar dingin dan juga pada keadaan yang sebaliknya.

  1. Kemampuan Daya Serap yang Baik 

Ternyata tak hanya cocok sebagai bahan dalam pembuatan pakaian penghangat tubuh saja tetapi bahan Fleece juga sangat cocok untuk digunakan pada cuaca panas sekalipun. Karena  bahan ini memiliki kemampuan daya serap yang baik dalam menyerap keringat Saat dikenakan pada cuaca panas. 

  1. Tahan Lama 

Meskipun telah digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, ternyata pakaian yang terbuat dari bahan Fleece cenderung tahan lama dan tidak mudah robek serta rusak.

  1. Elastis dan Tidak Kaku 

Campuran katun dan wol yang digunakan dalam pembuatan bahan fleece inilah yang menjadikannya lebih elastis dan juga sangat nyaman ketika digunakan.

  1. Mudah Kering 

Meskipun kain terlihat tebal ternyata ketika dicuci bahan Fleece ini sangat mudah kering.

  1. Adem dan Nyaman

Bahan ini sangat adem dan juga nyaman ketika dikenakan karena hasil dari campuran bahan katun dan wol dalam pembuatan bahan Fleece.

  1. Harganya Terjangkau dan  Ekonomis  

Walaupun sangat banyak kelebihan yang dimiliki oleh bahan ini jika dibandingkan dengan bahan tekstil yang lainnya, tetapi harga yang ditawarkan tergolong terjangkau dan sangat murah.

 

Pilihan Warna Rekomendasi Bahan Jas Almamater dan Bahan Baju Wear Pack Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 9
  • 1591 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article