Macam Macam Bahan Kaos yang Menyerap Keringat dan Tips Memilihnya | Toko Kain Surabaya

Windy 13 Mar 2023 at 8:03
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Macam - Macam Bahan Kaos yang Menyerap Keringat dan Tips Memilihnya

 

 

Mungkin sering kali Anda dibuat kebingungan ketika memilih jenis bahan kaos yang mempunyai beragam jenis. Misalnya seperti ketika Anda ingin membuat jumper, hoodie, t-shirt, kaos, jaket dan produk lainnya, apakah produk-produk tersebut memakai satu bahan kaos yang serupa?

Tentu saja tidak seperti itu, setiap produk seharusnya menggunakan jenis bahan yang spesifik. Karena setiap pakaian memiliki perbedaan peruntukan pemakaiannya sehingga akan menentukan kenyamanan saat mengenakannya. Anda harus cermat dalam memilih bahan yang akan dipakai untuk menghasilkan produk yang unggul.

Bahan cotton seperti cotton combed, cotton flanel, cotton japan, dan lain sebagainya adalah contoh bahan kaos yang menyerap keringat dengan mudah. Selain itu, pakaian berbahan polyster yang dipadukan dengan bahan Chief Value Cotton juga menghasilkan bahan kaos yang menyerap keringat yang bagus. 

 

Bahan Cotton Combed

 

Rekomendasi Unione Drill Bahan Seragam Kerja Terbaik Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Jenis-jenis Bahan Cotton

Bahan cotton mempunyai keunggulan sebagai bahan kaos yang menyerap keringat dengan baik. Berikut ini beberapa ulasan tentang bahan kaos yang menyerap keringat mulai dari bahan cotton murni maupun bahan-bahan kombinasi lainnya. Berikut jenis-jenis bahan kaos yang dapat meyerap keringat dengan baik:

  1. Cotton Combed

Pakaian dengan berbahan cotton adalah pakaian yang mempunyai daya serap terhadap keringat yang sangat baik, sehingga produk yang dihasilkan dari bahan ini adalah pakaian yang mempunyai mutu yang baik dan sangat nyaman untuk dikenakan. Bahannya yang terbuat dari 100% kapas, membuat cotton combed menjadi bahan kaos yang menyerap keringat dengan sangat baik. Serat benang yang lembut, dan terlihat rata serta rapi merupakan keunggulan lain dari bahan cotton combed ini.

Bahan ini memiliki beberapa varian yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan produk Anda, contohnya cotton combed 20s, 24s, 30s, dan lain sebagainya. Perbedaan beberapa jenis cotton combed tersebut terdapat pada tingkat ketebalan kain dan gramasi kainnya. Cotton combed 20s memiliki tingkat ketebalan yang lebih baik daripada kain cotton combed 30s. Sehingga dapat disimpulkan semakin kecil angka yang ditunjukkan oleh kain cotton combed maka semakin tebal pula kain tersebut.

 

Bahan Cotton Combed

 

  1. Cotton Carded 

Jenis bahan cotton carded terbuat dari bahan benang, namun bahan ini akan terasa kurang lembut dari pada cotton combed. Sehingga produk yang dihasilkan dari bahan ini bila diraba dengan seksama akan terasa kurang rata dan lembut.

Di pasaran, Carded disebut pula sebagai KW1 dari bahan combed. Karena harganya yang lebih terjangkau daripada bahan combed. Hal ini pula yang membuat banyak orang lebih memilih menggunakan bahan cotton carded, khususnya dari kalangan menengah ke bawah. Dan lazimnya bahan ini dipakai untuk bahan dasar pakaian buruh, kaos oblong olahraga, dan lain-lain.

 

Bahan Cotton Carded

 

  1. Bamboo Cotton 

Komposisi dari bahan Bamboo Cotton ini terdiri dari 70% serat bambu dan 30% dari serat katun. Sehingga bahan ini sangat cepat untuk menyerap air. Keunggulan lain bahan ini, adalah bahan ini terbukti sebagai bahan yang anti bakteri sehingga sangat baik untuk dikenakan bagi Anda yang berkulit rentan terhadap iritasi dan gatal-gatal.

 

Bamboo Cotton

 

  1. Cotton Modal 

Kaos berbahan cotton modal merupakan kombinasi dari 50% serat katun dan 50% dari  serat beechwood sehingga produk yang dihasilkan mempunyai permukaan kain yang begitu halus, adem, dan ringan ketika dikenakan. Tak hanya anti bakteri, kaos berbahan cotton modal dilengkapi dengan anti bau yang membuat bahan kaos ini tergolong kaos yang bermutu tinggi di pasaran.

 

Bahan Cotton Modal

 

  1. CVC (Cotton Viscose) 

Bahan kaos Cotton Viscose (CVC) merupakan kombinasi 45% bahan viscose dan 55% bahan cotton combed. Keunggulan yang dapat Anda peroleh dari bahan kaos ini adalah level penyusutan pola (shrinkage) lebih kecil daripada bahan cotton biasa. Dan jenis bahan ini juga mempunyai daya serap keringat yang sama baiknya dengan jenis kaos berbahan cotton lainnya, sehingga menimbulkan rasa nyaman ketika Anda mengenakannya.

 

Bahan CVC

 

Tips Memilih Jenis Kaos Yang Tepat 

Untuk memilih jenis bahan kaos yang tepat, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Berikut ini beberapa tips untuk mendapatkan jenis bahan kaos yang akurat sesuai kebutuhan Anda: 

  • Gunakan jenis bahan kaos dengan mutu terbaik untuk menghasilkan produk yang nyaman dikenakan dan awet pemakaian dalam waktu yang lama meskipun berkali-kali dicuci.

  • Anggaran dana yang Anda miliki juga perlu dijadikan bahan pertimbangan. Semakin tinggi kualitas bahan yang Anda butuhkan maka anggarannya pun juga akan semakin besar.

  • Pilihlah bahan yang sesuai dengan kebutuhan produk Anda. Misal jika Anda ingin membuat jaket maka bahan yang Anda perlukan adalah bahan yang kuat dan tidak gampang sobek, selain harus mampu menyerap keringat dengan baik. 

 

Bahan Cotton Combed

 

 

Itulah ulasan lengkap mengenai berbagai jenis bahan kaos yang dapat menyerap keringat dengan baik serta juga tips untuk memilih kaos yang tepat, semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda.

 

Baca Juga Artikel Terkait

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 9
  • 5024 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article