5 Pilihan Terbaik untuk Bahan Jaket Coach | Toko Kain Surabaya

Administrator 13 Jun 2021 at 17:52
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

 

5 Pilihan Terbaik untuk Bahan Jaket Coach

 

Bahan Jaket Coach

 

Jaket coach banyak digunakan sebagai jaket-jaket untuk aktivitas olahraga maupun bepergian. Fungsi utama jaket ini adalah menangkal angin dan air. Jaket coach cenderung berbahan tipis sehingga lebih ringan dipakai namun tetap memberikan perlindungan maksimal. Ada lima bahan yang sering digunakan untuk pembuatan jaket coach. Apa saja itu? Ini dia! 

 

Baca Yuk Artikel Tentang Jaket Yang Lain

 

Kain Taslan 

Kain taslan menjadi rekomendasi pertama untuk bahan pembuatan jaket coach. Kenapa? Karena fungsi jaket coach yang menjadi pelindung tubuh dari angin dan hujan dalam intensitas rendah, dapat dipenuhi oleh kain Taslan ini. Kain Taslan memiliki keunggulan yaitu anti air dan anti angin juga anti jamur. Lengkap sekali kan? 

Kain Taslan yang dijadikan bahan pembuatan jaket coach ini dapat memberikan fungsi melindungi tubuh pemakai dari hempasan angin dan juga agar tidak basah ketika hujan, dengan catatan hujannya maish intensitas rendah. Kain Taslan juga anti jamur, sehingga tidak akan mudah muncul bintik-bintik hitam pada kain jika terlalu lama berada dalam suhu yang lembap. 

Bahan Jaket Coach Milky Taslan

Bahan Taslan juga punya sifat yang anti minyak. Sehingga sangat lengkap dan cocok sebagai bahan jaket coach. Permukaannya yang lembut dan memiliki elastisitas yang tinggi semakin menambah kenyamanan pemakaian bahan ini menjadi jaket coach. 

Kain Taslan dibuat dengan proses taslanising, Yaitu proses memperbaiki struktur benang dari yang awalnya berupa filament panjang menjadi pintalan. Selain itu, benang yang akan digunakan akan dilapisi dulu agar menjadi kuat dan tahan air. Ada beberapa jenis kain taslan yang biasa digunakan sebagai bahan jaket: kain taslan salur, taslan milky, taslan coating bening, taslan balon, taslan latex, taslan parasut. 

Kain taslan memiliki metode perawatan khusus ketika pencucian. Jika salah cara mencuci dapat merusak tekstur kain. Yang perlu diingat adalah jangan mencuci jaket berbahan taslan dengan detergen dan jangan memelintirnya ketika memeras. Gunakan shampoo untuk menggantikan deterjen. Dan sebaiknya langsung dijemur tidak di bawah sinar matahari langsung. 

 

Pilihan Warna Bahan Taslan di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Bahan Parasut 

 

Rekomendasi bahan kedua untuk jaket coach ini adalah kain parasut. Ya, jenis kain ini sudah sangat familiar dibanding dengan nama ‘taslan’. Awal mulanya penamaan kain parasut ini didasarkan pada jenis kain yang dipakai sebagai parasut para penerjung payung. Seiring berkembangnya kebutuhan, kain parasut mengalami banyak modifikasi yang kemudian dijadikan bahan konveksi untuk fashion. 

 

Bahan Jaket Coach Bahan Parasut

 

Ketebalan kain parasut pun disesuaikan, termasuk dengan kekuatan dan halus kasar permukaannya. Ada jenis parasut yang sangat tipis, ada yang lebih tebal. Ada yang kasar, ada yang halus. Jika untuk kebutuhan pakaian, kain parasut yang sering dipilih adalah yang lebih tebal dan halus. 

Kain parasut ini cocok sekali dijadikan bahan jaket coach karena memiliki sifat yang anti air dan dapat menghalau angin. Selain itu bahannya yang tipis membuatnya mudah kering dan tidak berbau. Jadi perawatannya sangat mudah. 

Untuk perawatan kain parasut sendiri tidak seperti kain taslan yang harus diperlakukan khusus agar tidak rusah serat kainnya. Untuk bahan parasut masih tahan terhadap deterjen, sehingga dalam mencuci kita boleh menggunakan deterjen. Tapi jangan terlalu lama merendamnya karena itu bisa menghancurkan serat parasut Anda. 

Ada dua jenis kain parasut yang biasa dipakai sebagai jaket, yaitu parasut bening dan parasut milky. Pembedanya adalah lapisan coating bagian dalam kain. Untuk parasut milky memiliki lapisan putih susu, sedangkan parasut bening, lapisannya berwarna bening. 

 

Pilihan Warna Bahan Parasut Water Repellant di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Kain Kanvas 

 

Bahan Jaket Coach Bahan Kanvas

Jaket coach juga bisa menggunakan bahan kanvas yang sudah sangat terkenal dan tinggi peminatnya di Indonesia. Itu karena jaket yang dibuat dari kanvas sangat stylis dan keren. Banyak model dan warna sehingga bisa dipadu-padankan dengan baik. Kain kanvas juga memiliki sifat anti angin, namun untuk ketahanan pada air tak sebaik keempat bahan lainnya. Kain kanvas ini dapat memberikan kehangatan saat dipakai. 

 

Polyester 

 

Bahan polyester memang menjadi andalan untuk pakaian-pakaian yang dibuat untuk menahan angin dan tidak tembus air. Sama seperti bahan lainnya, polyester memiliki sifat tahan angin dan air, asalkan bukan air dalam jumlah banyak. Bahannya yang kuat, ringan dan tidak kaku sangat cocok untuk dijadikan jaket karena dapat mengikuti bentuk tubuh, tidak menambah beban berat tubuh namun juga kuat. 

Bahan Jaket Coach Bahan Polyester

Jenis polyester ini juga anti jamur sehingga tidak perlu khawatir jika dipakai dalam suhu yang lembap. Bahan polyester memiliki variasi warna yang beragam dan tidak mudah pudar sehingga aman jika dicuci dengan deterjen. 

Pilihan Warna Bahan Parasut Mikro Tipis di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

Mayer 

Bahan Jaket Coach Bahan Mayer

Kain mayer memiliki karakteristik yang hampir sama dengan parasut, yakni tipis, mengkilap, tidak tembus air dan angin. Namun kain mayer ini biasanya sedikit lebih tipis dari parasut dan juga lebih lembut dan lemas. Kain mayer memiliki banyak variasi warna sehingga cocok sekali dijadikan bahan jaket coach. Sayangnya, kain mayer ini tidak elastis dan rawan sekali sobek jika tidak hati-hati. 

 

Baca Yuk Artikel Tentang Jaket Yang Lain 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 93
  • 19936 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article