7 Jenis Bahan Fleece dan Karakternya | Toko Kain Surabaya

Windy 24 Jul 2022 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

7 Jenis Bahan Fleece dan Karakternya!

 

Bahan fleece dinilai sebagai solusi untuk pakaian yang menghangatkan tubuh. Sifat bahannya yang mampu mengunci panas dan tebal serta super lembut, menjadi pilihan yang cocok dan solutif. Ditambah lagi dengan harga bahan fleece yang tergolong ekonomis dibandingkan bahan lain dengan karakteristik yang sama, menjadi bahan fleece primadona produsen pakaian. 

 

Jaket Bahan Fleece

 

Kita sering menemui bahan fleece pada produk jaket sweater, cardigan, selimut, pakaian bayi hingga syal musim dingin. Pilihan warnanya pun sangat banyak sehingga kita bisa bebas memadu-padankan dengan berbagai outfit kita. 

Namun, kita juga perlu memerhatikan beberapa hal untuk menjaga pakaian berbahan fleece kita awet. Pertama, bahan fleece ini sangat mudah kotor dan cukup sulit mengembalikannya seperti semula. Kedua, bila terlalu lama dijemur atau dipakai di bawah sinar matahari, warnanya cepat sekali pudar. Oleh karena itu, kita perlu rajin menjaga kebersihan sekaligus merawat pakaian berbahan fleece ini dengan baik. Rajinlah mencuci dan jangan terlalu lama berada di bawah sinar matahari. 

Inilah jenis bahan fleece yang perlu kita tahu

 

Fleece cotton 

Bahan Fleece

Bahan fleece cotton dapat dianggap sebagai fleece yang paling lembut dan sangat menyerap keringat. Kelebihan tersebut tersemat karena komposisi katun yang lebih besar dibandingkan campuran polyesternya. Karena perbedaan komposisi inilah, sifat-sifat katun pada fleece cotton ini lebih dominan. 

Fleece katun memiliki dua permukaan dimana keduanya memiliki kelembutan yang sama. Seratnya tidak terlalu besar dan hampir berserabut seperti kapas. Permukaannya yang sangat lembut ini  meminimalisir kemungkinan iritasi kulit dan gatal-gatal. Bahan fleece katun sangat cocok untuk produk-produk bayi seperti selimut, gendongan dan popok. 

 

Fleece polyester

Berkebalikan dengan fleece cotton, bahan fleece polyester memiliki komposisi polyester yang lebih besar sehingga sifat-sifatnya jadi lebih dominan. Bila fleece cotton halus di kedua sisinya, maka fleece polyester hanya memiliki satu permukaan halus yang lebih mengkilap sementara satu permukaan lainnya lebih berbulu. Fleece polyester lebih tebal dan terasa hangat saat dipakai. Hal tersebut karena kain ini tidak memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga panas tubuh akan dikunci. Dengan sifat tersebut, fleece polyester banyak dimanfaatkan untuk pakaian-pakaian yang berfungsi menghangatkan tubuh, seperti misalnya jaket dan sweater. Bahan ini juga tergolong tebal dan lebih berat dibandingkan fleece cotton. 

 

Rekomendasi Fleece Bahan Hoodie  Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Fleece CVC (cotton viscosa)

 

Bahan Fleece dan Karakternya

 

Secara garis besar, semua jenis bahan fleece memiliki karakteristik yang serupa. Kita dapat mengidentifikasi fleece CVC dari permukaannya yang bertekstur kotak-kotak samar karena teknik pemintalan benangnya. Ketika dipegang akan terasa halus dan hampir tidak bertekstur. Permukaannya lebih rapi dan tidak terlalu berbulu. Fleece cotton viscosa ini lebih kasar dibandingkan fleece cotton biasa namun tetap mampu menyerap keringat dengan baik. Seperti bahan fleece lainnya, fleece viscosa juga mampu menghangatkan tubuh dengan baik. Oleh karenanya bahan ini banyak diaplikasikan sebagai jaket, hoodie dan pakaian outdoor lainnya. 

 

Fleece bamboo 

 

Bahan Fleece dan Karakternya

 

Fleece bamboo dibuat dengan campuran serat bamboo. Bahan ini dikenal memiliki kelembutan yang melebihi katun. Selain itu fleece bamboo juga memiliki satu keunggulan lain dibandingkan fleece lainnya yaitu sifatnya yang anti bakteri dan anti bau secara alami. Sifat itu didapatkan dari serat bamboo yang dikandungnya. Fleece bambu yang sangat lembut dan anti bakteri ini sangat cocok dijadikan item fashion apapun, terutama pakaian-pakaian anak kecil dan bayi karena tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit. 

 

Fleece sherpa 

 

Jaket Bahan Fleece dan Karakternya

 

Pernahkah melihat kain fleece yang tebal dan mirip bulu domba? Fleece sherpa memiliki ciri khas seperti itu. Dua permukaannya memiliki ketebalan dan kelembutan yang berbeda. Satu sisinya halus, sementara sisi lainnya lebih tebal dan mirip sekali dengan bulu domba. Fleece sherpa yang tebal ini memberikan efek kehangatan yang lebih besar sehingga banyak sekali dipakai sebagai pelengkap jaket-jaket anti dingin dan angin. 

 

Quilted fleece 

Bila ingin menggunakan kain fleece yang lebih tebal dibanding semua jenis fleece, maka quilted fleece ini dapat menjadi jawabannya. Quilted fleece disusun dari tiga lapis yang menjadikannya memiliki ketebalan ekstra dan jadi lebih berat. Karena dibuat dari tiga lapis fleece, quilted fleece dipercaya mampu mengunci panas tubuh lebih baik sehingga sangat hangat saat dipakai. Ciri khas lainnya dari quilted fleece ini adalah keberadaan bordir pada permukaannya yang menjadikannya terlihat lebih indah karena memiliki motif yang unik. 

 

Micro fleece 

 

Bahan Fleece dan Karakternya

 

Bertolak belakang dengan quilted fleece yang tebal sekali, micro fleece menawarkan jenis kain fleece yang tipis. Kedua permukaannya sama lembutnya dan berbulu dengan ketebalan yang sama. Kemampuan penyerapan airnya pun sangat baik sehingga banyak dijadikan bahan dasar pembuatan popok bayi, sarung bayi, pakaian anak dan syal. Bahan micro fleece lebih fleksibel untuk semua jenis pakaian karena lebih tipis namun tetap hangat dan lembut. 


 

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 20
  • 1237 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article