Kiat Sukses UMKM Go Digital Saat Masa Pandemi | Toko Kain Surabaya

Windy 5 Jan 2022 at 8:09
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Kiat Sukses UMKM Go Digital Saat Masa Pandemi

 

 

Kiat Sukses UMKM Go Digital Saat Masa Pandemi

 

UMKM, go digital dan pandemi, menjadi trending topic hampir setahun ke belakang. Hal itu karena UMKM adalah salah satu sektor yang paling terdampak oleh pandemi yang tidak kunjung usai. Ditambah, UMKM adalah salah satu sektor penting dalam kekuatan ekonomi negeri. Lebih dari 50% bentuk usaha dalam negeri adalah UMKM. Banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya pada sektor bisnis UMKM ini. Oleh karena itu, ketika pandemi datang dan menggempur habis-habisan sektor UMKM, banyak masyarakat yang kesulitan dan ekonomi nasional pun terimbas.

 

Namun, meskipun banyak UMKM yang terdampak dan berakhir gulung tikar, ternyata masih banyak juga UMKM yang mampu bertahan hingga sekarang. Salah satu alasan UMKM yang masih bisa bertahan itu adalah karena mereka memanfaatkan teknologi digital. Pemasaran yang awalnya offline beralih menjadi online. Pemilik bisnis jadi bisa menjangkau semakin banyak pelanggan yang lokasinya jauh bahkan lintas kota karena pemasaran online. Ditambah lagi saat ini perangkat berbisnis online semakin lengkap. Ada jasa pengiriman yang mulai menjamur dimana-mana dan memiliki jaringan pengiriman yang luas hingga ke pelosok, dengan berbagai jenis penawaran harga. Melalui cara inilah, beberapa UMKM yang survive, dapat melewati masa pandemi dengan baik. Mereka tetap bisa melakukan penjualan meski berbagai aturan pembatasan sosial dilakukan pemerintah dan mobilitas masyarakat menurun drastis.

 

Go digital terbukti mampu menjadi solusi untuk mempertahankan UMKM di tengah gelombang pandemi ini. Inilah beberapa alasan mengapa go digital sangat penting!

 

Rekomendasi Bahan Celana Kargo Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Kenapa Harus Go Digital?

 

Kiat Sukses UMKM Go Digital Saat Masa Pandemi

 

  1. Kebiasaan belanja masyarakat telah bergeser

Pandemi membuat segalanya berubah. Tidak hanya protokol kesehatan ataupun kebiasaan sekolah dan bekerja yang berubah, namun juga kebiasaan berbelanja masyarakat sangat berbeda dengan masa sebelum pandemi. Dulunya kita lebih suka berbelanja langsung datang ke tokonya, makan di tempat restoran ataupun sekedar berjalan-jalan di mall.

Pandemi membatasi semua pergerakan kita yang memicu kerumunan. Setahun lebih peraturan pembatasan sosial membuat semua kebiasaan itu berubah ke online. Belanja online menjadi alternatif untuk terus survive. Kini masyarakat sudah terbiasa, bahkan jadi lebih suka belanja online sekalipun pembatasan sosial mulai turun levelnya.

  1. Pemerintah mengeluarkan aturan-aturan untuk mendukung berkembangnya bisnis berbasis online

Situasi yang berubah membuat pemerintah juga mesti beradaptasi dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat. Kebiasaan belanja dan konsumsi dengan pola baru membutuhkan penyesuaian dari segi birokrasi dan peraturan-peraturan terkaitnya. Saat ini sudah ada beberapa aturan baru untuk mendukung bisnis berbasis digital dan online, juga untuk menyeimbangkan dengan bisnis offline. Contohnya seperti peraturan pajak e-commerce, yang saat ini sudah disesuaikan agar tetap adil dengan bisnis offline.

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Kiat sukses mempersiapkan UMKM go digital

 

Kiat Sukses UMKM Go Digital Saat Masa Pandemi

 

Tak ada lagi alasan untuk tidak beranjak ke bisnis digital. Berikut ini adalah beberapa kiat agar sukses go digital.

  1. Carilah ilmu pengetahuannya dan asah skill digital

Banyak yang ragu memulai go digital karena bingung apa yang harus dilakukan pertama kali dan bagaimana caranya. Banyak persepsi dan ketakutan bahwa go digital itu rumit dan sulit. Sebenarnya semua itu salah. Agar persepsi ini tak menghentikan langkah kita menuju UMKM yang sukses, kita harus belajar dulu dan mengupas tuntas segala seluk beluk go digital. Mengikuti seminar online, kelas khusus digita marketing atau juga bergabung dengan komunitas-komunitas UMKM online bisa menjadi jalan untuk mengasah skill.

  1.  Persiapkan rencana desain produk dan strategi pemasarannya

Sebelum benar-benar beralih, desain lah dulu bagaimana konsep produk dan pemasarannya. Hal ini sangat penting karena pemasaran digital sangat mengandakan visualisasi produk dan membangun kepercayaan konsumen semuanyaa lewat online. Jika produk dan strategi marketingnya tiap siap, akan sangat sulit mendapatkan pelanggan meskipun sudah go digital.

  1.  Lengkapi teknologi pendukungnya (smartphone, print struk, wifi, dll)

Go digital juga mensyaratkan perangkat pendukung yang kompatibel, seperti smartphonenya harus yang memiliki RAM minimal 3 gb agar mampu merespon dengan cepat setiap pesanan yang masuk dan mengoperasionakan banyak hal yang membutuhkan kecepatan, lalu juga jaringan internet yang cepat dan printer struk online yang dapat meningkatkan citra profesional di mata pelanggan.

  1. Buatlah rencana pengaturan keuangannya

Yang tidak boleh diskip adalah pengelolaan keuangan. Ketika semua sudah dipersiapkan dan dijalankan, keuangan pun tidak boleh jebol. Pengeluaran harus tetap sesuai dengan budget yang sudah dibuat di awal. Pengelolaan keuangan ini sangat penting untuk menjaga kesehatan bisnis terutama untuk bisnis yang baru dimulai.

  1.  Berani memulai

Yang terakhir adalah beranilah memulai. Percuma saja semua konsep sudah dibuat sangat detail jika kita sendiri tak cukup berani untuk melaksanakannya. Berbagai kekhawatiran mungkin membayang, namun keberanian untuk memulai harus dibangun sejak awal. Karena inilah kuncinya semua konsep bisa terlaksana.

Saat ini pun banyak pengamat dan praktisi marketing yang mendukung agar UMKM di Indonesia mulai beralih go digital, sebab bukti keberhasilannya sudah ada. UMKM digital mampu survive di tengah gempuran pandemi. Banyak seminar dan pintu-pintu pelatihan dibuka oleh pemerintah. Sekarang saatnya kita yang berani memulai untuk go digital.

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 31
  • 1854 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article