Pengertian Fungsi dan Manfaat Fashion | Toko Kain Surabaya

Windy 17 May 2023 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Pengertian, Fungsi dan Manfaat Fashion

 

 

Kata fashion merupakan hal yang sering kita dengar dan dapat ditemui dimana saja dengan mudah. Namun apakah Anda tahu apa fashion itu?

 

Pengertian, Fungsi dan Manfaat Fashion

 

Pengertian Fashion

Fashion adalah model pakaian yang dikenakan baik untuk keseharian atau momen-momen tertentu dengan tujuan untuk meningkatkan penampilan agar menjadi lebih bagus, angun, gagah, atau tujuan spesifik lainnya. Jika diartikan secara singkat, fashion adalah model berpenampilan seseorang.

 

Baca Juga Yuk, Beberapa Artikel Menarik Mengenai Kain Untuk Bahan Jas

 

Jenis-Jenis Fashion

Dalam penerapannya, ada berbagai macam jenis fashion yang digunakan dalam momen tertentu. Berikut macam-macam fashion yang dapat mempertegas karakter Andaketika mengenakannya:

  • Casual Style 

Merupakan jenis fashion yang menampilkan gaya yang santai. Style fashion bisa diterapkan dengan menggunakan pakaian seminimal dan nyaman mungkin. Misalnya menggunakan kaos. Style ini biasanya digunakan untuk acara-acara santai atau kegiatan sehari-hari. Faktanya beberapa perusahaan kini telah memperbolehkan karyawannya berpakaian casual, terutama untuk perusahaan di bidang start up.

  • Formal Style

Merupakan jenis fashion yang menampilkan gaya formal. Jenis fashion ini seringkali digunakan di acara-acara penting, resmi, ataupun perkantoran.

  • Romantis Style 

Style ini sangat cocok Anda kenakan ketika ingin menciptakan momen romantis bersama pasangan. Gaya ini biasanya didominasi warna pink atau warna soft lainnya. Sehingga menimbulkan efek manis dan lembut bagi Anda yang mengenakannya.

  • Glamour Style 

Kesan unik yang ditimbulkan gaya glamor fashion adalah menunjukkan strata ekonomi atau kedudukan seseorang di masyarakat. Sehingga tidak sedikit kaum wanita yang mengidam-ngidamkan untuk menggunakan gaya fashion ini. Anda dapat menggunakan pakaian-pakaian dengan warna mencolok dan berkilau.

  • Flamboyant Style 

Bagi Anda yang memfavoritkan warna-warna terang, maka mungkin Anda dapat mencoba Flamboyan Style. Walaupun sebagian orang menganggap fashion Anda menabrak warna, tapi kesan unik dan tampil beda akan Anda dapatkan.

 

Pengertian, Fungsi dan Manfaat Fashion

 

  • Eksotis Style 

Desain dan motif yang unik menjadi ciri khas gaya eksotis karna dapat memberikan kesan misterius ketika dilihat.

  • Classic Style 

Karakteristik classic style fashion adalah jahitannya yang rapi, warna yang simpel, dan terkesan elegan. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin tampil lebih vintage.

 

Fungsi Fashion

Fungsi fashion adalah menunjukkan identitas seseorang ataupun suatu kelompok dan sudah menjadi sebuah gaya hidup di era sekarang. Jadi, fashion tidak hanya sekedar untuk menutup bagian tubuh tertentu saja.

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Manfaat Fashion

Selain memiliki fungsi yang penting, nyatanya fashion juga dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi penggunanya. Beberapa manfaat dari fashion adalah:

  • Menumbuhkan rasa percaya diri  

Fashion yang digunakan pada waktu dan tempat yang tepat, nyaman, serta sesuai dengan trend akan membuat Anda terlihat menarik. Hal ini juga bisa menumbuhkan rasa percaya diri.

  • Memiliki Magnet Khusus 

Mengenakan fashion yang tepat dan menarik dapat menjadi magnet tersendiri bagi orang-orang di sekitar Anda. Fashion yang tepat dapat membuat Anda menjadi pusat perhatian bagi setiap orang yang berpapasan.

  • Membuat Bahagia 

Rasa puas mengenakan fashion yang menarik akan membangkitkan hormon endorfin. Hal ini secara otomatis akan membuat Anda akan meras senang dan nyaman.

 


Perubahan Tren Fashion

Sebuah fashion menjadi tren ketika secara masif digunakan dan diidamkan oleh masyarakat. Setiap tahunnya, tren fashion dunia dan khususnya di Indonesia selalu mengalami perubahan. Hal ini dikarenakan adanya pengaruh-pengaruh yang selalu menampilkan tren fashion baru. Beberapa hal yang menjadi trend setteri meliputi:

  • Media Massa 

Media massa, baik elektronik maupun cetak memiliki peranan penting untuk mengubah suatu tren fashion. Jangkauan yang luas, ditambah ketika menggunakan model yang menjadi idola membuat media masa sangat mudah mempengaruhi tren fashion masyarakat. Anda dapat dengan mudah menemukan majalah-majalah fashion yang menampilkan tren-tren fashion terbaru dari para model atau selebriti.

 

Fashion Idol K-pop

 

  • Entertainment 

Dalam dunia entertainment, para selebriti dituntut selalu mengubah mode busana yang dikenakan untuk mengikuti tren fashion terkini. Hal ini menjadikan masyarakat secara tidak sadar mengikuti fashion yang dikenakan idola mereka sehingga secara alamiah fashion tersebut menjadi suatu tren di masyarakat.

 

  • Internet 

Media internet seperti website yang Anda baca sekarang ini juga ikut mempercepat perluasan suatu tren fashion. Ditambah lagi dengan adanya peran dari penjual busana online yang menyediakan item fashion yang sedang tren di berbagai e-commerce yang ada sehingga masyarakat tergerak untuk membeli item fashion tersebut secara massal.

 

  • Bisnis fashion

Para pelaku bisnis di bidang fashion akan senantiasa mencari ide fashion terbaru dan membuatnya diminati oleh masyarakat luas. Tak jarang, mereka menggunakan berbagai media untuk mengajak/mempromosikan tren fashion yang mereka gagal baik melalui iklan, brand ambasador, dan sebagainya.

 

Bahan Jas Dari Kain HighTwist Pilihan Di Toko Kain Mitra Mulia Surabaya

 

Demikianlah ulasan lengkap mengenai Pengertian, Fungsi dan Manfaat dari Fashion, semoga bisa menambah wawasan Anda dalam industri mode, sehingga tak ragu lagi dalam menentukan gaya fashion yang sesuai dengan selera Anda.

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 7
  • 4401 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article