Strategi Reseller untuk Perluas Jangkauan Bisnis Anda | Toko Kain Surabaya

Windy 21 Jul 2021 at 10:01
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Strategi Reseller untuk Perluas Jangkauan Bisnis Anda

 

Ada banyak strategi yang dapat diterapkan untuk memperluas jangkauan bisnis kita, salah satunya dengan membuat reseller-reseller untuk produk kita. Semakin banyak reseller yang bekerja sama dengan kita untuk memasarkan dan menjual produk kita, semakin luas pula pasar yang bisa dijangkau. Semakin luasnya jangkauan pemasaran akan meningkatkan peluang pembelian. 

 

Foto : Strategi Reseller Perluas Jangkauan Bisnis

 

Saat ini strategi reseller ini banyak sekali diminati dan hampir semua penjual-penjual besar menggunakan cara ini untuk melakukan ekspansi bisnis. Apalagi dengan menjamurnya bisnis online yang sedang naik daun, banyak sekali reseller-reseller baru yang bermunculan. Nah kenapa strategi ini banyak sekali diminati sebagai salah satu cara pemasaran yang dianggap ampuh? Yuk kita simak. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Kenapa memilih strategi reseller?

 

Ini dia beberapa alasan yang menjadi pertimbangan para pebisnis ketika memilih strategi reseller untuk produk mereka:

 

  1. Menjangkau semakin banyak pasar

Anggap saja satu orang reseller mampu memasarkan dan menjual ke seribu orang konsumen, lalu Anda memiliki seratus reseller. Maka produk Anda bisa menjangkau seratus ribu konsumen. Semakin banyak reseller yang bekerja sama dengan Anda, semakin luas jaringan pemasaran yang bisa Anda ciptakan. 

 

  1. Low budget marketing 

Strategi reseller merupakan salah satu cara pemasaran yang murah. Reseller bisa diibaratkan seperti sales yang bekerja di perusahaan yang tugasnya memasarkan dan menjual produk Anda. Bedanya adalah reseller tidak bekerja pada Anda dan Anda tidak perlu menggaji mereka. Ikatan yang ada bukan sebagai bos dan karyawan, namun partner kerja sama bisnis. 

 

Foto : Strategi Reseller Perluas Jangkauan Bisnis

 

Sehingga strategi reseller lebih murah budget dibanding harus merekrut tenaga pemasaran tersendiri. Selain itu, kita tidak perlu mengeluarkan biaya pemasaran yang terlalu besar untuk menjangkau pasar yang luas, semua itu bisa dilakukan oleh reseller kita. Karena mereka juga ingin dagangannya laku sehingga mereka pasti akan menjualkan barang kita. 

 

  1. Seller sekaligus customer service yang berhubungan langsung dengan konsumen kita

Reseller juga akan bertindak sebagai perwakilan kita dalam berhubungan langsung dengan konsumen. Jadi sama seperti memiliki partner kerja sama yang menghandle tugas sebagai customer service. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

Bagaimana cara mendapatkan reseller berkualitas?

 

Sebetulnya ada lebih dari tiga alasan kenapa strategi reseller banyak sekali diminati, namun tiga yang dibahas di atas dianggap bisa mewakili alasan utama yang ada. Dengan begitu berharganya strategi reseller ini, tentu setiap pebisnis menginginkan reseller-reseller yang handal untuk menjadi partner bisnisnya. 

 

Foto : Strategi Reseller Perluas Jangkauan Bisnis

 

Reseller handal bisa didefinisikan sebagai reseller yang mudah diajak kerja sama, support dan welcome terhadap ketentuan yang kita buat serta yang utama adalah mahir berjualan. Karena penjualan reseller yang tinggi secara langsung juga mendatangkan keuntungan bisnis bagi produk kita. Nah bagaimana cara merekrut reseller yang handal? Ini dia!

 

  1. Tunjukan kualitas produk dan daya saing produk kita dibanding kompetitor

Salah satu daya jual tertinggi adalah produk. produk menjadi pusat dari nilai sebuah bisnis. Produk ini bisa berupa barang ataupun jasa. Produk menjadi magnet utama reseller mau bekerja sama. Karena produk inilah yang akan dijual dan mendatangkan keuntungan. Produk kita harus memiliki kualitas yang baik dan daya saing tinggi di antara kompetitor lainnya. 

Tunjukkan pada calon reseller apa kelebihan dan kekurangan dari produk yang kita miliki. Bagaimana potensi penerimaan pasar, pasar mana yang dibidik dan bagaimana peluang penjualannya. Semua itu harus dipahami oleh reseller agar mereka semakin yakin untuk bekerja sama dengan kita. 

 

  1. Sistem motivasi dengan reward penjualan 

Tak lupa, agar para reseller makin semangat untuk berjualan, kita bisa menyiapkan reward-reward khusus untuk memacu motivasi kerja para resellleer ini. Semisalnya hadiah uang tunai atau paket give away untuk seller dengan penjualan tertinggi.

 

Foto : Strategi Reseller Perluas Jangkauan Bisnis

 

  1. Jelaskan juga mengenai keuntungan yang mereka dapatkan 

Salah satu dorongan terbesar reseller untuk bergabung adalah mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dari laba penjualan produk. semenjak awal hendaknya kita mengatakan secara terbuka mengenai harga barang dan berapa persen keuntungan yang bisa mereka ambil. memberitahu ini di awal sebelum kesepakatan, agar bisa mendapatkan reseller terbaik. 

 

  1. Kenali reseller sebelum melakukan kontrak 

Satu yang tidak boleh dilupakan dalam sebuah kerja sama bisnis adalah mengenali dulu siapa yang akan diajak kerja sama ini. Bagaimana kiprahnya, track recordnya dan tanggung jawabnya. Apakah dia bisa dipercaya atau tidak. Sebelum benar-benar melakukan perjanjian, kenali dulu siapa calon reseller itu. 

 

Foto : Strategi Reseller Perluas Jangkauan Bisnis

 

  1. Buatlah MOU resmi sebagai persetujuan kerja sama

Untuk menghindari kerugian-kerugian di masa depan akibat perselisihan atau ketidak jelasan, maka di awal kerja sama baiknya membuat MOU bersama. Bagaimana batasan kerja sama, keuntungan hak dan kewajiban masing-masing pihak harus benar-benar jelas sejak awal agar tidak blunder ke depannya. Kemudian semua kesepakatan harus dituangkan dalam MOU yang masing-masing pihak menandatanginya. Kenapa harus MOU? Karena dokumen ini memiliki payung hukum yang cukup. 

 

Itulah beberapa alasan dan cara untuk mendapatkan reseller yang terbaik. Selamat mencoba!

 

Rekomendasi Bahan Celana Kargo Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article