Kenali Bahan Cotton Kain Alami Pengganti Polyester | Toko Kain Surabaya

Windy 10 Feb 2023 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

 

Kenali Bahan Cotton, Kain Alami Pengganti Polyester

 

Dalam industri tekstil, bahan cotton sangat populer dijadikan sebagai bahan pakaian. Karena bahannya yang nyaman dan mudah untuk menyerap keringat. Bahan ini biasanya berasal dari serat kapas selulosa, yaitu serat alam yang berasal dari tumbuhan.

 

Baca Artikel lain nya

 

Jenis-Jenis Bahan Cotton

 

Bahan Cotton, Kain Alami Pengganti Polyester

 

Faktanya, kain cotton memiliki beragam jenis yang dapat Kamu gunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Jenis-jenis kain cotton ini mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah perbedaan jenis-jenis kain cotton :

  1. Kain Katun Supernova 

Termasuk dalam bahan yang ringan, cukup lembut, dan adem saat dikenakan adalah ciri khas dari kain katun supernova. Hal inilah yang membuat kain katun supernova terasa sejuk dan nyaman saat digunakan. Di samping itu, kain katun supernova mempunyai serat-serat benang halus yang terburai tipis pada permukaan kain. Namun, kain katun jenis ini mudah kusut sehingga harus disetrika saat ingin dikenakan.

  1. Kain Katun Rayon 

Bahan dasar kain katun rayon adalah perpaduan antara serat rayon dan serat katun. Bahan kain katun rayon dikenal ringan saat dikenakan, sejuk dan licin. Keunggulan lainnya, jenis kain katun rayon mudah untuk menyerap keringat, bahannya berkilau atau bercahaya. Perawatan jenis kain ini juga cukup mudah. Dan dapat diaplikasikan untuk bahan dasar hijab, pakaian muslim, mukena, daster, kemeja, dan lain sebagainya

  1. Kain Katun Biasa 

Jenis kain cotton ini mempunyai harga yang cukup terjangkau daripada jenis kain katun yang lain, sehingga kain katun ini disebut kain katun biasa Variasi motif kain katun ini juga banyak, mulai dari bunga-bunga, abstrak, kotak-kotak, garis-garis dan beragam motif lainnya. Dan tersedia berbagai pilihan warna yang dapat Kamu sesuaikan dengan kebutuhan. 

Ciri dari katun biasa ada pada gulungan atau pinggir kain yang tidak memiliki kode warna. Walaupun tergolong relatif murah, kain katun ini memiliki daya serap yang baik dan cukup awet untuk digunakan. 

  1. Kain Katun Linen Euro

Jenis kain katun linen euro cenderung lebih kaku dibandingkan kain katun lainnya, dan mempunyai serat benang paling besar dan longgar. Bahan yang adem dan halus membuatnya cocok untuk baju koko yang nyaman digunakan. Dan kain katun linen euro tergolong jenis kain katun yang mempunyai mutu yang baik.

  1. Kain Katun Flanel

Kain katun flanel sering disebut dengan kain kotak-kotak karena biasanya digunakan sebagai bahan dasar kemeja kotak-kotak Bahan dasar kain katun flanel adalah wol, yang merupakan serat kain paling tua yang digunakan oleh manusia. Sehingga pakaian berbahan kain katun flanel dapat menjaga tubuh tetap hangat. Dan karena terbuat dari wol maka kain katun flanel sedikit berbulu, namun bahannya halus, tebal, serta mudah untuk menyerap keringat. 

  1. Kain Katun Jepang 

Kain katun Jepang bisa dibuat oleh negara matahari terbit (Jepang) atau negara lainnya dengan syarat sudah mendapat hak paten dari Jepang. Berbahan alami tanpa sedikit pun campuran bahan sintetis adalah ciri khas kain katun ini yang masih dipertahankan sampai sekarang. 

Bahannya yang lembut, ringan, tidak ada serabut bulu, dan dapat menyerap keringat dengan baik adalah keunggulan yang membuatmu akan merasa sangat nyaman saat mengenakannya. Tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan antara kain katun rayon, kain katun biasa dan kain katun jepang. 

 

Rekomendasi Bahan Gamis Terbaik Inma Premium Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Ciri-Ciri Katun Jepang

 

Bahan Cotton, Kain Alami Pengganti Polyester

 

Katun Jepang merupakan jenis kain yang memiliki tekstur sangat lembut dan ringan. Tidak heran bila kain jenis ini sering digunakan untuk membuat gamis karena memiliki kelembutannya serta memiliki warna yang dan tidak luntur. Namun, orang-orang yang masih awam biasanya akan cukup sulit untuk dapat mengenali perbedaan-perbedaannya. Maka dalam artikel ini akan dijelaskan karakteristik khusus kain katun jepang yang membedakan dengan jenis kain lainnya. Sehingga Kamu dapat mengenali kain katun jepang dengan lebih mudah.

  • Terdapat Watermark

Pada sisi ujung kain, Kamu akan melihat watermark atau label “Japan Design” atau “Pure Cotton Japanesse”. Watermark ini menunjukkan Kamu telah menemukan jenis kain katun Jepang dengan kualitas terbaik. Dan terdapat pula kode warna kain dari pabrik tekstil pembuat kain katun Jepang ini.

  • Memiliki Permukaan Yang Halus 

Ketika Kamu menyentuh kain katun Jepang, akan terasa permukaan yang sangat halus. Karena bahan dasarnya yang berasal dari 100% bahan serta alami.

  • Memiliki Daya Serap Keringat Yang Baik

Kain katun Jepang memiliki bahan dasar Pure Cotton (katun alami) tanpa campuran bahan sintetis Hal ini adalah jaminan untuk Kamu menemukan kain yang sangat baik dalam menyerap keringat. Sehingga aktivitas Kamu akan terasa lebih nyaman ketika mengenakan pakaian yang berbahan dasar kain katun jepang.

  • Memiliki Warna Yang Tahan Lama

Warna yang cerah dan glossy (berkilau) dari kain katun Jepang dapat bertahan lebih lama dibandingkan jenis kain katun yang lain meskipun sering kali dicuci. 

  • Bisa Dijadikan Berbagai Macam Produk

Kain katun Jepang sangat cocok digunakan untuk berbagai macam produk fashion design, seperti gamis, seprai, mukena, dan sejenisnya karena karakteristiknya yang halus, dan nyaman digunakan.

 

Baca Artikel lain nya

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 10
  • 1585 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article