Mengenal Kain Tafetta dan Bagaimana Pemanfaatannya | Toko Kain Surabaya

Windy 9 May 2023 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Mengenal Tafetta dan Bagaimana Pemanfaatannya?

 

 

Kain Taffeta

 

Ada yang pernah dengar kain taffeta? Kain ini merupakan salah satu jenis kain tenun yang tebal. Saalh satu kegunaan kain taffeta adalah untuk digunakan sebagai bahan pembuatan busana malam dan pakaian formal. Hal ini karena bahan taffeta dapat memberikan kesan mewah pada pakaian yang dikenakan.

 

Pada mulanya, kain taffeta dibuat dari serat sutra. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi tekstil, saat ini kain taffeta juga dapat dibuat dengan bahan lainnya. Mulai dari serat rayon, asetat, nilon, dan polyester. Saat ini, telah tersedia bergam jenis kain taffeta di pasaran. Mulai dari ukuran yang ringan hingga berat, serta motif dan tekstur yang beragam. Hal ini membuat kain taffeta menjadi pilihan kain yang dapat dengan fleksibel memenuhi semua kebutuhan tekstil. 

 

Dalam proses pembuatannya, kain taffeta dicampur dengan serat nilon. Kualitas dari kain taffeta sangat dipengaruhi oleh komposisi serat nilon. Serat nilon inilah yang memberikan kekuatan pada kain. Kualitas kain taffeta akan semakin baik jika ditambahkan dengan spandeks yang cukup elastisitas. Dengan komposisi seperti itu kain taffeta akan meregang dengan baik, bebas dari kerut, tahan angin, dan cepat kering saat basah.

 

Dengan berbagai karakteristiknya tersebut, kegunaan kain taffeta dapat diimplementasikan pada berbagai jenis pakaian. Mulai dari sebagai lapisan dalam pakaian khusus olahraga, perlengkapan rumah tangga serta juga dalam pembuatan peralatan wisata.

 

Untuk pembahasan lebih detail, berikut ini beberapa kegunaan kain taffeta yang bisa Amda simak.

 

Rekomendasi Bahan Seragam Wearpack Unione Drill Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Baju Pernikahan

Kegunaan kain taffeta yang paling utama lebih cenderung untuk busana pesta. Alasannya karena berbagai karakteristik dan sifat kain taffeta yang memberikan kesan mewah pada pakaian. Faktanya, kain taffeta memang telah lama populer menjadi bahan pembuatan gaun pengantin dan pakaian formal. Hal ini karena kain taffeta memiliki tekstur tenunan yang halus, serta memiliki suara gemerisik yang khas ketika kain-kainnya bergesekan. Sifatnya tersebut menambah nuansa elegan pada kain ini. Namun dalam implementasinya, Anda perlu perlu melapisi pakaian berbahan taffeta dengan jenis kain lainnya karena kain taffeta memiliki kilau yang berserat dan tipis.

 

Alur dari hasil tenunan taffeta biasanya terlihat jelas, sehingga menjadikannya sebagai motif yang sangat cantik. Kain taffeta dari bahan silk juga memiliki keindahan yang sama, namun tekstur kain taffeta lebih lembut dan pada beberapa jenis akan lebih berkilau dari taffeta biasa atau yang dari bahan satin. Kain taffeta paling sesuai jika dirancang secara kontemporer dan minimalis, serta paling cocok untuk pengantin dengan tubuh big size. 

 

Kain Taffeta Digunakan Bahan Baju Pernikahan

 

Produk printing

Kain taffeta bisa dipakai tanpa jahitan pada produk printing seperti spanduk, poster, kemasan, bendera, dan awning. Terlebih hasil dari kualitas cetak yang cukup jelas dan konsisten diperoleh pada kain ini menjadikannya sebagai bahan yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan.

 

Ruang lingkup kegunaan kain taffeta memang tidak terbatas. Meski tidak memiliki daya tarik estetika khusus, tapi bahannya yang tipis dan cukup lapang juga sangat cocok digunakan sebagai pelapis. Pelapis dari kain taffeta akan menciptakan latar belakang yang dekoratif.

Perlengkapan wisata

Kegunaan kain taffeta lainnya adalah untuk bahan membuat perlengkapan wisata. Kain taffeta juga cocok digunakan sebagai bahan untuk menjahit perlengkapan wisata seperti  koper perjalanan yang tahan lama, tas ransel, tas rumah, serta sepatu karena sifatnya yang tahan terhadap air dan juga angin.

Pakaian Outdoor

Secara umum, kain taffeta cocok digunakan sebagai bahan membuat pakaian luar yang nyaman dikenakan. Misalnya seperti pakaian musim dingin. Hal tersebut karena kain ini cukup hangat, tetapi tidak terasa panas. Sama seperti jaket taffeta dan windbreaker yang dirancang secara khusus sehingga membuat Anda tetap hangat namun tidak panas. 

 

Jika lapisan insulasi dililitkan pada pakaian atau peralatan, maka akan dapat tetap digunakan meskipun pada kondisi suhu rendah. Biasanya pakaian khusus ini dijahit dari bahan sutra poliester kamuflase yang diperkuat dengan membran tertentu. Kain Dobby Ponge yang digunakan sebagai pelapis khusus juga sangat cocok untuk membuat jaket, celana olahraga, dan jas hujan. 

 

Selain itu kain taffeta juga dibuat sebagai mantel dengan impregnasi yang sering dibeli oleh pencinta pendaki pegunungan. Pakaian outdoor ini sangat tahan angin, tapi cukup ringan serta bebas kerut. Pastinya kain jenis ini akan melindungi Anda dari hujan yang cukup dingin, maupun saat cuaca panas dengan pakaian seperti itu tidak akan terkena sengatan panas. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Kebaya

Bahan 100% Polyester yang dibuat sebagai kain taffeta akan memiliki sifat berkilau, tahan air, dan tahan angin. Kegunaan kain taffeta jenis ini biasanya diaplikasikan dalam pembuatan kebaya meskipun akan berpengaruh pada harganya yang relatif lebih mahal dan juga susah dibentuk. Namun setelah dilengkapi dengan jahitan bordir, kebaya yang dihasilkan dari kain taffeta akan menjadi sangat unik dan elegan. 

 

Kain Taffeta Digunakan Bahan Kebaya

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 16
  • 2115 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article