Inilah Mengapa Kain Batik Bisa Berharga Sangat Mahal | Toko Kain Surabaya

Windy 3 Nov 2022 at 8:07
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Inilah Mengapa Kain Batik Bisa Berharga Sangat Mahal

 

Dilansir dari katadata.com nilai ekspor batik Indonesia pada Oktober 2021 menembus 7,5 triliun rupiah. Bukankah nilai itu sangat fantastis? Ya, kain batik Indonesia memiliki peminat yang sangat tinggi di dunia internasional. Berbagai pameran batik juga masih terus dilakukan secara masif di dalam negeri dan juga di luar negeri melalui berbagai even. 

Banyak alasan mengapa pasar dalam dan luar negeri sangat menyukai kain batik. Salah satu alasannya karena kain batik memiliki nilai seni estetika dan historis yang sangat tinggi. Kain batik lahir dari faktor budaya daerah yang sangat khas dan menjadi identitas bangsa. Bagi pasar dalam negeri, alasan tersebutlah yang sangat dijunjung tinggi. Sementara untuk pasar luar negeri, mereka menyukai kain batik karena coraknya yang sangat indah, detail dan merupakan karya tangan yang orisinil khas Indonesia. Dengan berbagai alasan itulah, kain batik Indonesia tetap laku keras di pasar meski dibandrol dengan harga yang cukup mahal. 

Inilah beberapa alasan mengapa kain batik sangat mahal. Pada pembahasan kali ini akan fokus mengulas batik tulis saja. 

 

Pilihan Warna Rekomendasi Kain American Drill Bahan Kain Seragam Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Batik tulis memiliki corak yang unik tanpa pengulangan satu pun 

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengidentifikasi manakah batik tulis adalah melihat pola coraknya. Pada batik tulis, seluruh gambar coraknya tidak ada yang sama. Setiap gambarnya dibuat dengan berbeda karena digambar manual dengan tangan. Tidak seperti batik cap yang dibuat dengan mesin dengan gambar yang sama dan berulang, batik tulis benar-benar tidak memiliki gambar yang sama dalam satu lembar kainnya. Pengrajin batik membuatnya dengan sangat teliti dan orisinil. Inilah yang membuat batik tulis mahal, karena setiap gambar dalam selembar kain batik adalah sebuah karya seni. 

 

Inilah Mengapa Kain Batik Bisa Berharga Sangat Mahal

 

Kain batik memiliki motif yang sangat mendetail hingga tidak menyisahkan ruang kosong pada kain 

Batik tulis tidak mengenal gambar/ corak yang sederhana apalagi menyisahkan ruang kosong tanpa sentuhan garis begitu saja. Corak batik yang sederhana biasanya dibuat dengan mesin cap, sebaliknya batik tulis dilukis manual menggunakan canting. Motif yang dibuat sangat detail, rumit dan begitu rapi hingga semua ruang kain penuh. Maka tidak heran bila proses pelukisan batik tulis sendiri memakan waktu berminggu-minggu lamanya. 

 

Inilah Mengapa Kain Batik Bisa Berharga Sangat Mahal

 

Proses pengerjaannya sangat lama hingga 3 bulan untuk 1 lembar kain 

Membuat batik tulis membutuhkan waktu yang sangat lama. Satu lembarnya paling tidak menghabiskan waktu 3-6 bulan. Lamanya waktu produksi ini dikarenakan oleh banyaknya prosedur pembuatan yang semuanya dilakukan secara manual dan tradisional. Proses membuatnya dimulai dengan melukis corak batik dengan lilin yang dipanaskan dan digambar menggunakan canting. Kemudian pewarnaan dengan pencelupan beberapa kali sebab 1x pencelupan hanya berlaku untuk 1 warna. Kemudian melepaskan lilin lalu menjemur batik, mencucinya dan mengemasnya. 

 

Inilah Mengapa Kain Batik Bisa Berharga Sangat Mahal

 

Proses pelukisan corak batik dikerjakan manual dengan canting dan lilin yang dicairkan.

Proses inilah yang paling sama yang sangat membutuhkan kesabaran serta ketekunan. Ukuran canting yang digunakan cukup kecil, satu kali mengambil lilin cair hanya cukup untuk menggambar beberapa garis saja. Belum lagi dengan sifat lilin yang mudah beku lagi, maka tidak bisa mengambil terlalu banyak lilin dalam satu canting. Itulah mengapa proses ini cukup lama. Ditambah lagi dengan luasnya selembar kain dan kecepatan melukis setiap pengrajin yang berbeda. 

 

Butuh banyak tahapan untuk proses pewarnaan 

 

Inilah Mengapa Kain Batik Bisa Berharga Sangat Mahal

 

Proses mewarnai selembar kain batik tulis tidak bisa satu kali sekaligus banyak warna. Satu kali pencelupan warna hanya bisa mewarnai 1 warna. Semakin banyak variasi warna, maka semakin banyak pencelupan yang dilakukan. Setiap pencelupan dari pertama ke berikutnya membutuhkan waktu karena perlu menunggu warnanya meresap dengan baik sebelum dilukis lagi dengan lilin untuk membuat pola dan corak berikutnya yang berbeda warna. Proses pewarnaannya masih tradisional sehingga membutuhkan banyak sumber daya manusia dan waktu. 

 

Dibutuhkan ketekunan, ketelitian dan kesabaran yang luar biasa untuk melukis batik 

Yang tidak bisa dibeli dengan harga murah adalah ide suatu karya, ketekunan dan ketelitan dalam mengerjakan dan membuat corak batik hingga kesabaran dan waktu yang sangat panjang selama proses pembuatannya. Dari sekian banyak alasan mengapa kain batik berharga sangat mahal adalah ini. Sebuah karya seni yang dibuat dengan ketekunan, ketelitian, serta kesabaran adalah karya seni yang paling berharga. Hal inilah yang tidak dapat dibandingkan dengan batik cap meskipun harganya jauh lebih murah. 

 

Inilah Mengapa Kain Batik Bisa Berharga Sangat Mahal

 

Menggunakan kain premium 

Kain batik tulis yang mahal tidak hanya karena proses pelukisan batiknya yang sulit dan lama, melainkan juga karena kain dasar untuk membatiknya menggunakan kain premium. Kain yang berkualitas dapat memudahkan proses pelukisan dengan lilin, dan mempercepat peresapan warna. Warna batik juga menjadi tahan lama. 

 

Baca Juga Artikel Terkait

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 6
  • 2640 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article