Pakaian Terkena Noda Darah Daging Idul Adha Ini Trik Membersihkannya | Toko Kain Surabaya

Hilda W 1 May at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Pakaian Terkena Noda Darah Daging Idul Adha Ini Trik Membersihkannya

 

Pakaian Terkena Noda Darah Daging Idul Adha Ini Trik Membersihkannya

 

 

   Tidak terasa saat ini umat Islam sedang merayakan puasa Ramadan, dan sebentar lagi akan menyambut Hari Raya Idul Fitri serta Hari Raya Idul Adha atau biasa dikenal dengan Idul Qurban. Di Indonesia, umat Islam memiliki syariat dan tradisi yang dijalankan dalam melalukan ibadahnya. Misalnya puasa ramadan yang syariatnya menahan makan, minum, dan hawa nafsu, diramaikan dengan adanya tradisi ngabuburit. Pun denggan Hari Raya Lebaran yang selalu ramai dengan tradisi mudik atau pulang ke kampung halaman.

   Idul Fitri yang merupakan bentuk kemenangan karena bisa puasa satu bulan penuh juga selalu diisi de   ngan tradisi saling memaafkan sesama saudara. Idul Adha juga selalu diramaikan dengan tradisinya sendiri, dimana hari ini identik dengan penyembelihan hewan qurban dan membagikan daging qurban ke masyarakat sebagai bentuk tanda syukur.

 

Tradisi Idul Adha

 

 

Tradisi Idul Adha

 

 

  Momen penyembelihan hewan qurban saat Idul Adha di Indonesia memiliki beberapa keunikan tradisi yang dilakukan oleh kaum muslim di beberapa daerah. Dilansir dari kompas.com, ada beberapa tradisi unik yang dilakukan oleh kaum muslim yang merayakan Qurban. beberapa contohnya adlah tradisi Apitan Semarang dan Grebeg Gunungan Yogyakarta. Kedua tradisi ini memiliki kemiripan, karena umat Islam di dua daerah tersebut sama-sama membuat gunungan yang diarak dan diperebutkan oleh masyarakat setempat. Yang membedakan adalah gunungan Apitan terbuat dari hasil tani dan ternak, sedangkan Grebeg Gunungan terbuat dari sayuran dan buah-buahan.

   Salah satu tradisi yang sangat unik dan efektif adalah Manten Sapi Pasuruan. Dalam tradisi ini, hewan qurban akan dihias seperti pengantin dengan mengenakan bunga tujuh rupa yang dililitkan dengan kain kafan, serban, dan sajadah. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap hewan qurban yang akan disembelih. Setelah proses penyembelihan, daging qurban akan diolah dan dinikmati bersama oleh masyarakat setempat.

     Terakhir adalah Aceh. Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki tradisi yang kaya akan nilai-nilai keagamaan. Salah satu tradisi yang dikenal adalah Meugang, yang biasanya dilakukan saat Idul Adha, Bulan Ramadhan, dan Idul Fitri. Meugang merupakan tradisi yang mirip dengan syariat Islam, dimana daging hewan qurban dibagikan secara gratis untuk masyarakat dan diolah menjadi hidangan untuk keluarga. Selain itu, Meugang juga menjadi momen untuk mempererat hubungan antar tetangga dan kerabat. Tradisi Meugang ini terus dilestarikan oleh masyarakat Aceh sebagai warisan budaya yang bernilai tinggi.

 

Tips Membersihkan Noda Darah Daging Qurban

 

 

Tips Membersihkan Noda Darah Daging Qurban

 

 

  Selain adanya tradisi unik dalam merayakan Hari Raya Idul Adha umat muslim di berbagai daerah, baik yang menjadi panitia qurban mapun warga kerap membantu proses penyembelihan dan pengemasan daging qurban. Hal ini membuat pakaian yang digunakan selama proses ini kerap terkena noda darah. 

     Pakaian yang terkena noda darah cukup sulit dihilangkan dan berpotensi membuat noda permanen. Untuk menghilangkan noda darah, beberapa trik di bawah ini mungkin bisa membantu anda dalam membersihkan pakaian:

 

1.Gunakan Air Dingin dan Sabun Batang

Beberapa mungkin pernah mendengar, bahwa air hangat atau panas sangat baik digunakan untuk mencuci baju dengan tujuan unttuk menghilangkan kuman. Tetapi faktanya, air panas malah dapat merusak kain bahkan berpotensi membuat noda darah melekat pada serat kain.

Sebaliknya, untuk mengurangi noda darah, direkomendasikan untuk menggunakan air dingin saat merendam pakaian. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi noda darah sedikit demi sedikit. Setelah direndam, gosok dengan sabun batang agar noda hilang secara bertahap. Sabun batang terbukti efektif dalam mengatasi noda yang membandel.

 

2. Gunakan Lemon dan Garam

    Jarang yang mengetahui bahwa lemon maupun jus lemon dapat membersihkan noda darah pada pakaian. Lemon memang menjadi salah satu pembersih alami yang manjur dalam membersihkan noda. Dilansir dari popbela.com, lemon memiliki zat hydrogen yang mampu membantu menyamarkan noda. Sedangkan noda sendiri juga dapat membantu proses menyamarkan noda darah pada pakaian. Kedua bahan tersebut dapat sangat efektif untuk menghilangkan noda bekas darah hewan qurban.           Namun jika Anda ingin menggunakan garam saja juga bisa. Cukup oleskan sedikit garam pada noda atau rendam dengan air garam. Namun, akan lebih efektif jika garam ini digunakan bersama lemon dengan cara menggosokkan lemon dan garam pada noda darah.

 

3. Gunakan Baking Soda atau Cuka Putih

   Jika noda darah sudah terlanjur mengeras dan membandel, baking soda dapat diandalkan untuk mengilangkannya. Cuka putih juga dipercaya ampuh dalam menghilangkan noda darah. Cara menggunakan baking soda maupun cuka putih juga memiliki kesamaan, yaitu merendam atau mengoleskan noda darah dan didiamkan selama 30 menit untuk hasil yang maksimal.

  Setelah memilih akan menggunakan trik yang mana seperti di atas, anda dapat melanjutkan proses menghilangkan noda darah dengan cara dicuci seperti biasa dengan detergen. Karena mencuci dengan trik di atas dapat bekerja maksimal jika dilanjutkan dengan detergen anti noda. Dengan berbagai trik ini, diharapkan dapat membantu Andauntuk tetap bisa maksimal beribadah tanpa takut kotor. Semoga trik menghilangkan noda darah saat Idul Adha dapat bermanfaat

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 5
  • 72 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article