Tutorial Membuat Jaket Rafel | Toko Kain Surabaya

Windy 31 Jul 2021 at 4:51
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tutorial Membuat Jaket Rafel

 

Jaket denim atau yang sering disebut dengan jaket jeans, tentu tak asing bukan? Tapi bagaimana dengan jaket rafel? Apakah Anda juga akrab dengan jenis kain satu ini? Karena secara tampilan, kain ini sangat mirip dengan kain denim. Meskipun penggunaannya tidak sebanyak kain denim biasa, tapi kain rafel juga cukup banyak diminati. Tentu saja karena karakternya, yang akan kita bahas lebih lengkap di bawah ini!

 

Baca Yuk Artikel Tentang Jaket Yang Lain

 

Apa itu Kain Rafel?

Kain Rafel adalah jenis kain yang memiliki ciri kas dari permukaan seratnya yang berbulu dan halus. Karena kain ini melalui proses pencucian saat di pabrik. Kain ini banyak dimanfaatkan untuk produk fashion seperti jaket, tas, celana, atau topi. Bukan karena bahannya yang kaku, tapi lebih karena kain ini termasuk bahan yang cukup tebal, sehingga kurang cocok untuk produk fashion seperti kaos. 

 

Ada beberapa jenis kain rafel yang banyak beredar di pasaran, yakni:

 

  1. Rafel Sueding

Jika Anda membuat jaket rafel dengan jenis kain yang satu ini, maka akan tampak mirip dengan jaket denim. Bahkan sebagian orang juga menyebut kain ini dengan rafel denim Meski jika Anda amati lebih dekat, akan terlihat perbedaannya yang cukup signifikan. Pertama, bahan rafel ini berbulu dan lebih halus dari denim. Kedua, kain ini memiliki pola serat yang miring, seperti kain drill. 

 

  1. Rafel Mentah Katun 

Jenis kain rafel yang kedua adalah Rafel Mentah Katun. Disebut demikian karena kain ini dibuat hanya dengan katun mentah, tanpa campuran apapun. Karenanya saat dipakai sebagai jaket atau topi, memberikan efek yang sejuk, meski kainnya tebal. Kain ini juga sering disebut dengan bahan twill, terutama karena seratnya mirip dengan rafel mentah polyester.

 

  1. Rafel Mentah Polyester

Sedangkan untuk jenis Rafel Mentah Polyester, terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu rafel mentah dan rafel katun. Secara penampakan sangat mirip, tapi akan berbeda saat Anda bakar sedikit di ujungnya. Rafel katun akan tercium aroma kertas terbakar, sedangkan rafel mentah (polyester) akan tercium aroma plastik terbakar. 

 

Rekomendasi Bahan Jaket & Topi Rafelds Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Model Jaket Rafel

Sebelum membuat jaket rafel, tentu saja kita perlu menentukan terlebih dahulu desain jaket yang akan dibuat. Supaya kita memiliki acuan saat melakukan setiap proses, mulai dari pembuatan pola hingga proses menjahit. Berikut ini adalah beberapa model jaket yang bisa dibuat dengan menggunakan kain rafel:

 

  1. Crop Jacket

Wanita Memakai Jaket Rafel

 

Model jaket crop tanpa furing seperti gambar di atas bisa menjadi salah satu alternatif. Sekilas akan tampak seperti jaket jeans, tapi akan berbeda saat dilihat lebih dekat para permukaannya. Jika Anda memilih model jaket satu ini, lebih baik untuk membuatnya dengan kantong dada atau tidak sama sekali. Jika tidak menggunakan kantong, bisa membuat pola garis jahitan di bagian depan, supaya tidak flat (boring).

 

  1. Jaket Kimono

Model yang kedua yang juga bisa Anda gunakan untuk tutorial ini adalah jaket kimono. Jaket rafel satu ini akan semakin cocok jika menggunakan jenis sueding. Dengan panjang mencapai paha atas, jaket ini akan membuat tampilan menjadi unik dan chic. Kabar baiknya lagi, model jaket satu ini juga unisex, sehingga cocok untuk pria maupun wanita. 

 

Pria Memakai Jaket

 

  1. Jaket Denim

Model jaket ini mengadopsi dari model jaket denim pada umumnya. Dibuat dengan ukuran yang tidak terlalu longgar (pas badan), dilengkapi dengan kerah dan kantong. Cocok jika dibuat dengan kain rafel terutama jenis twill. Seperti yang terlihat pada jaket rafel di gambar bawah ini. 

 

Model memakai Jaket Rafel

 

  1. Jaket Parka

Alternatif yang juga tak kalah menarik adalah model jaket parka. Jaket yang dulunya banyak dipakai oleh tentara militer ini juga salah satu ikon fashion yang banyak diminati. Karena selain unisex, jaket ini juga membuat tampilan tetap fashionable saat musim penghujan atau dingin. 

 

Model Memakai Jaket Rafel

 

Pembuatan Jaket Rafel

Jaket yang akan dibuat dalam tutorial satu ini mengacu pada model jaket ke-3, yaitu jaket denim. Jaket juga akan ditambahkan kerah pada bagian atas. Bedanya, jaket yang akan dijelaskan disini tidak menggunakan tambahan kantong dada, melainkan kantong bawah (kantong tak terlihat). Sedangkan untuk bagian buka tutup jaket juga menggunakan kancing. 

Bahan yang dipakai untuk tutorial artikel ini adalah bahan rafel denim. Dengan warna yang juga mirip dengan model jaket no.3. Berikut ini adalah penampakan permukaan kain rafel yang kita gunakan:

 

Kain Rafel

 

Tampak bagian luar (berbulu)

 

Texture Rafel

 

Tampak bagian dalam (tidak begitu berbulu)

 

Sedangkan untuk ukuran yang digunakan pada pembuatan jaket rafel dalam artikel ini antara lain:

 

  • Lebar bahu 11 cm

  • lebar punggung 42 cm

  • Panjang lengan 59 cm

  • Keliling dada 85 cm

  • Panjang badan 76 cm

 

Beberapa bahan lain yang Anda butuhkan untuk mengikuti tutorial ini adalah kancing khusus jaket denim dan benang dengan warna senada. Sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa model jaket denim tidak membutuhkan furing. Sehingga Anda tidak perlu menyiapkan bahan furing tambahan untuk mengikuti tutorial dalam artikel ini. 

Jika semua bahan dan alat sudah tersedia, maka Anda bisa melanjutkan pada proses berikut ini:

 

  1. Pembuatan Pola 

Jika Anda mengikuti tutorial ini dan menggunakan ukuran baju wanita universal,, Anda bisa menggunakan pola baju wanita universal yang sudah tersedia. Namun jika Anda menggunakan ukuran yang lebih custom, maka Anda perlu membuat polanya terlebih dulu sesuai ukuran tersebut. Anda bisa melihat selengkapnya cara untuk membuat pola dasar baju wanita disini.

Berikut gambaran umum pola yang dibuat berdasarkan ukuran yang telah ditentukan di atas:

 

Pola Membuat Jaket Rafel

  • Pola besar untuk jaket rafel terdiri dari pola bagian depan dan bagian belakang. 

  • Sedangkan pola bagian kecil terdiri dari pola lengan, pola kerah dan pola kantong. 

 

  1. Pemotongan Pola

Tahap berikutnya adalah memotong pola yang sudah dibuat. Disarankan untuk memakai gunting yang benar-benar tajam agar hasil potongan rapi. Anda bisa memulai potongan dari bagian yang dekat dengan tepian, mengikuti garis yang sudah dibuat. Sampai dihasilkan potongan pola seperti yang tampak di gambar atas. 

 

  1. Melekatkan Kain Keras

Karena kain rafel sudah cukup tebal, tidak dibutuhkan kain keras untuk lapisan kerahnya. Anda hanya perlu menjahit dua lapis kain, sudah cukup. Begitu pula dengan bagian pergelangan tangan, tak perlu ditambah oleh kain keras. 

 

  1. Menjahit Jaket Rafel

Untuk proses penjahitan, Anda bisa mulai melakukannya dari bagian-bagian kecil terlebih dulu seperti kerah, lengan dan kantong. Kemudian dilanjutkan dengan bagian-bagian yang besar (bagian badan).

  • Berdasarkan model yang sudah ditentukan di atas, untuk bagian belakang jaket terdiri dari dua potong yang menyatu di bagian garis ketiak. Yakni potongan bagian punggung atas dan punggung bawah. Satukan kedua bagian tersebut terlebih dulu. 

  • Sedangkan untuk bagian depan, masing-masing bukaan kanan dan kiri terdiri dari 4 potong. 1 potong untuk bagian pundak sampai garis ketiak. Kemudian 3 potong menyatu dengan 2 garis sejajar vertikal dari garis ketiak sampai bagian bawah jaket. 

  • Satukan antara bagian belakang dan depan dengan menjahit bagian pundak, kemudian bagian samping kanan dan kiri. Jika sudah, obras supaya tampilan jaket menjadi semakin rapi.

  • Jahit bagian lengan dan gabungkan dengan bagian ujung lengan yang sudah direkat dengan kain keras. Satukan bagian lengan dengan potongan bagian badan yang sudah menyatu. Kemudian satukan bagian kerah dengan bagian badan yangsudah menyatu. 

 

 

 

 

 

Proses membuat Jaket Rafel

 

  • Jika sudah selesai, Anda tinggal memasang bagian kantong dan merapikan bagian-bagian tepi.

  • Sedangkan untuk tahap akhir, adalah pemasangan kancing dan pembuatan lubang kancing pada bagian bukaan jaket depan dan pergelangan tangan.

 

Proses membuat Jaket Rafel 

 

Setelah semua proses selesai, bagian depan jaket rafel akan tampak seperti foto di bawah ini:

 

Proses Membuat Jaket Rafel

 

Sedangkan untuk bagian belakang akan tampak seperti gambar di bawah ini:

 

Proses Membuat Jaket Rafel

 

Itulah tutorial membuat jaket rafel  yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!

 

Baca Juga Yuk Artikel ini

 

 



 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 61
  • 4600 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article