Model Kaftan Batik Elegan yang Banyak Diminati untuk Momen Spesial | Toko Kain Surabaya

Eva J 19 Jun 2023 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Model Kaftan Batik Elegan yang Banyak Diminati untuk Momen Spesial

 

 

model kaftan batik

 

 

Kaftan batik elegan adalah jenis pakaian yang semakin populer di kalangan pecinta fashion, terutama di momen-momen spesial seperti pernikahan atau acara formal lainnya. Keunikan motif dan warna yang dimiliki oleh batik memberikan kesan yang elegan dan berkelas. Kaftan Batik juga terbuat dari bahan yang nyaman dipakai, sehingga penggunanya dapat merasa nyaman sepanjang hari. 

 

Tren Kaftan Batik semakin berkembang di tahun 2023, banyak desainer busana yang memadukan kaftan batik dengan aksen modern seperti potongan asimetris atau aksen logam untuk memberikan tampilan yang lebih up-to-date dan stylish.

 

 

Baca Juga Artikel Tentang Batik Stilasi Dan Kain Brokat

 

 

4 Rekomendasi Model Kaftan Batik Elegan

 

Bagi Anda yang sedang mencari inspirasi dalam memilih kaftan batik untuk acara tersebut, berikut ini adalah empat rekomendasi model kaftan batik elegan yang dapat menjadi referensi untuk tampil memukau di acara spesial Anda.

 

  1. Kaftan batik panjang

 

Kaftan panjang memiliki tampilan yang sama seperti gamis, dimana model ini menutup sampai ke mata kaki. Model kaftan batik panjang menjadi pilihan alternatif bagi gamis. Gaya kaftan panjang memberikan kesan yang lebih trendy dan modern serta easy going. Potongannya yang oversize dapat memberikan keleluasaan bergerak dan beraktivitas untuk pemakainya.

 

model kaftan batik panjang

 

 

  1. Kaftan batik model tunik

 

Selain hadir dengan potongan gamis, kaftan batik elegan juga bisa dijadikan tunik tanpa meninggalkan model dan ciri khasnya. Perbedaan kaftan gamis dengan tunik ada pada panjang pakaiannya yang berbeda. Kaftan gamis memiliki panjang hingga mata kaki, sedangkan tunik hanya sepanjang lutut.

Kaftan tunik sangat cocok bagi Anda yang tidak menyukai gamis panjang tetapi ingin memakai kaftan. Dengan celana panjang dan hijab, Anda bisa mendapatkan tampilan kaftan modern yang trendi.

 

model batik kaftan tunik

 

 

  1. Kaftan full batik

 

Kaftan batin memiliki dua model, yaitu kaftan full batik dan kaftan dengan kombinasi batik dan bahan polos. Kaftan full batik artinya seluruh bahan kaftan baik model gamis atau tunik menggunakan kain batik. Jenis kaftan ini umumnya memiliki harga yang lebih tinggi karena sepenuhnya memakai batik. Namun secara kualitasnya, akan bergantung pada kualitas kain batik yang dipakai. Bila menggunakan kain batik tulis, maka kaftan batik akan dihargai sangat mahal sesuai bahan batik tulisnya. Begitu pun sebaliknya, ada juga kaftan batin dengan harga terjangkau yang menggunakan kain batik standart bahkan juga batik cap.

 

 

model kaftan full batik

 

 

 

  1. Kaftan batik dengan kombinasi polos

 

Kaftan batik elegan juga dapat dibuat dengan kreasi paduan batik dengan kain polos. Model kaftan ini biasanya dikombinasikan dengan kain polos berwarna senada, bahkan variasi batiknya melibatkan dua motif yang berbeda tetapi masih senada. Model kaftan setengah batik seperti ini banyak diminati generasi muda untuk kegiatan yang lebih santai tetapi masih tetap elegan.

 

 

model kaftan batik dengan kombinasi polos

 

 

Pilihan Warna Bahan Celana Kulot American Drill di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

 

Tips Perawatan Kaftan Batik Agar Awet

 

Kaftan batik membutuhkan perawatan yang sedikit berbeda dibandingkan kain polos biasa karena memiliki karakteristik yang beda. Ada motif dan warna-warna yang perlu dijaga supaya tidak pudar, karena letak nilai tertinggi dari kain batik terletak pada motifnya yang khas. Tanpa perawatan yagn tepat, warna kaftan batik elegan lambat laun akan memudar sehingga menjadi tidak menarik lagi. Berikut tips merawat baju kaftan batik agar tetap awet:

 

 

tips merawat batik kaftan

 

 

  1. Pisahkan dengan pakaian lain saat mencuci

Beberapa jenis batik masih luntur saat pertama kali dicuci. Ada juga batik yang tetap luntur meski sudah dicuci beberapa kali. Kain batik yang luntur dapat merusak warna pakaian lainnya bila dicampur saat mencucinya. Begitu pun sebaliknya, bila suatu saat ada pakaian lain yang warnanya luntur, dapat merusak warna kaftan batik. Sehingga sebagai antisipasi sebaiknya dipisahkan saja saat mencucinya.

 

  1. Jemur di tempat yang teduh dan berangin

Menjemur di bawah panas matahari langsung memang membuat pakaian cepat kering. Namun, panas matahari juga mempercepat pudarnya warna batik. Sehingga lebih baik menghindari panas matahari secara langsung ketika menjemur kaftan batik ini. Carilah tempat yang lebih berangin dan teduh sehingga pakaian tetap kering tanpa harus dipanaskan di bawah matahari. Proses keringnya memang akan lebih lama, tetapi dapat menjaga warna batik tetap awet.

 

  1. Menyetrika dengan suhu yang tidak terlalu panas

Sama halnya dengan panas matahari yang bisa memudarkan warna, suhu setrika yang terlalu panas dapat melelehkan serat-serat kain batik bahkan bisa membakarnya. Gunakan suhu yang pas, jangan terlalu panas karena akan merusak kaftan batik anda.

 

  1. Berikan kapur barus ketika di simpan

Ada bahaya lain yang mengintai kaftan anda di dalam lemari, yaitu jamur dan ngengat yang siap merusak pakaian anda. Jamur tumbuh karena lemari yang lembap, begitu pun dengan ngengat. Berikan kapur barus agar pakaian terbebas dari jamur dan ngengat ketika di simpan untuk menjaga lemari tetap kering dan wangi.

 

 

Baca Juga Artikel Tentang Stilasi

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 16
  • 2486 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article