Banyak Dipakai untuk Produksi Gamis Inilah Karakter Bahan Kain Toyobo | Toko Kain Surabaya

Administrator 15 Apr 2021 at 19:53
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Banyak Dipakai untuk Produksi Gamis Inilah Karakter Bahan Kain Toyobo

 

 

Salah satu trend fashion yang saat ini sedang populer di masyarakat adalah trend busana muslimah yang syar’i (sesuai dengan aturan agama Islam). Yaitu tidak membentuk lekuk tubuh, tidak ketat, dan dapat menutup aurat secara sempurna. Busana muslimah yang syar’i biasanya terdiri dari jilbab atau kerudung yang panjangnya minimal menutup dada, kemudian kaos kaki, dan pakaian panjang yang dapat menutup tubuh secara sempurna tanpa menonjolkan bentuk badan. Pakaian panjang tersebut biasa disebut dengan gamis.

 

 

Model Menggunakan Kain Bahan ToyoboToyobo Warna Hijau Army H20

 

 

Pada dasarnya baju gamis tidak memiliki banyak model seperti baju lainnya, karena tujuan utama dari baju gamis adalah menutup tubuh tanpa menunjukkan bentuk tubuh si pemakai. Walaupun baju gamis tidak memiliki model yang bervariasi, namun bahan yang digunakan untuk membuat baju gamis sangatlah beragam. Hal itulah yang menyebabkan bermunculan gamis dengan beragam harga, karena tentu saja bahan kain gamis akan mempengaruhi harga jual yang ditawarkan.

 

Salah satu kain yang digunakan untuk membuat gamis adalah bahan kain toyobo. Bahan kain toyobo merupakan jenis kain katun impor dari negeri sakura. Karakter kain toyobo adalah memiliki tekstur yang lebih halus, lembut, sedikit lebih tebal, lebih jatuh bahannya dan cenderung mengkilap apabila dibandingkan dengan kain katun jepang yang biasa. Kain toyobo juga dinilai lebih sejuk di kulit jika dibandingkan dengan bahan kain wolfis maupun bahan kain wollycrepe.

 

Gamis toyobo sangat diminati oleh konsumen karena kualitasnya serta harga gamis yang dinilai cukup terjangkau.  Harga kain toyobo di pasar online maupun offline berkisar antara Rp 18.000,- hingga Rp 55.000,- untuk jenis yang premium.

 

Produsen gamis senang memakai bahan ini, karena bahan kain toyobo dinilai lebih ekonomis, hal ini dikarenakan apabila Anda membuat gamis dengan bahan ini, Anda tidak perlu lagi menambahkan furing atau lapisan gamis. Gamis toyobo tidak akan menerawang apabila dipakai,sehingga bisa menutup tubuh dengan baik. Secara umum, bahan kain toyobo tidak hanya dipakai untuk membuat gamis, tapi juga dapat dipakai untuk membuat mukena, blouse, kemeja, baju koko, jilbab dan rok.

 

Saat ini sudah banyak beredar kain toyobo abal-abal, sehingga Anda perlu berhati-hati saat melakukan pembelian bahan baku ini. Jangan tergiur dengan harga yang murah namun kualitas nya jauh dibawah pasaran. Anda akan tahu penjelasan selengkapnya di bawah ini!

 

Rekomendasi Bahan Gamis Terbaik Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Kelebihan Kain Toyobo

 

1.     Adem dan nyaman

Kain toyobo dibuat dari serat kapas alami, sehingga bahan kain toyobo bersifat adem dan nyaman. Kain toyobo juga memiliki kemampuan menyerap keringat dengan baik. Sehingga gamis dengan bahan ini tetap nyaman ketika dipakai untuk beraktivitas di siang hari.

 

2.     Tebal

Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat diatas, bahwa bahan kain toyobo cenderung tebal. Karena kain ini memiliki tingkat kerapatan benang yang baik sehingga Anda tidak perlu merasa was-was akan terlihat menerawang jika memakai gamis berbahan ini.

 

3.     Halus dan lembut

Gamis dengan bahan toyobo akan memberikan kesan halus dan lembut. Sehingga Anda akan merasa betah memakai gamis berbahan ini dalam jangka waktu yang lama.

 

4.     Ringan dan jatuh

Walaupun karakter kain toyobo tebal, namun gamis dengan bahan ini tetap terasa ringan saat dipakai dan memiliki kesan jatuh sehingga tetap cocok dipakai bagi wanita yang memiliki tubuh berisi sekalipun.

 

 

Model Menggunakan Kain Bahan ToyoboToyobo Warna Kubus 629

 

5.     Banyak variasi warna

Bahan kain toyobo tersedia dalam banyak warna, dari warna gelap hingga warna cerah. Sehingga jika Anda ingin membuat gamis dengan kain ini, Anda dapat memproduksi gamis dengan berbagai warna. Bahan kain toyobo memiliki kurang lebih sekitar 40 jenis warna diantaranya cappuccino, dark navy, hijau botol, yellow pumpkin, maroon, teal blue, kunyit, red cherry, cream, choco milk, dusty pink, hitam, blue tosca, red candy, dusty blue, pink salem, broken white, bubble gum, magenta, peanut, biru, hijau army, grey, green lime, coffee, navy, powder blue, dusty purple, green lime, clean white, terakota, hingga royal blue.

 

6.     Tidak mudah kusam ataupun luntur

Bahan kain toyobo memiliki keunggulan lain yaitu tidak mudah kusam dan luntur warnanya. Kalaupun luntur, hanya untuk proses pencucian yang pertama. Meski begitu Anda tetap disarankan untuk memperhatikan cara merawat gamis atau produk lain yang berbahan kain toyobo. 

 

7.     Awet

Bahan kain toyobo tergolong cukup awet untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama walaupun tidak terbuat dari serat sintetis.

 

8.     Tidak mudah kusut

Kain toyobo juga memiliki keunggulan lain yaitu tidak mudah kusut, sehingga produk-produk yang dihasilkan dari kain ini tidak perlu sering disetrika.

 

Baca Juga artikel Terkait

 

Kekurangan Kain Toyobo

 

 

Model Menggunakan Kain Bahan Toyobo

 

 

1.     Jarang ditemukan bahan kain bermotif

Di pasar tekstile, jarang sekali ditemukan bahan kain toyobo yang memiliki motif seperti bahan kain katun jepang. Biasanya bahan kain toyobo yang beredar hanyalah yang berwarna polos. Sehingga Anda akan sangat jarang menemui gamis berbahan toyobo yang bermotif. Jikapun ada kain toyobo yang bermotif maka harga yang ditawarkan akan jauh lebih mahal dari harga kain toyobo yang polos.

 

2.     Harga yang ditawarkan diatas rata-rata kain katun

Walaupun harga bahan baku toyobo terbilang cukup terjangkau, namun apabila Anda akan membuat gamis yang berukuran jumbo dan membutuhkan bahan baku yang banyak, Anda akan membutuhkan budget yang lebih besar. Sebab jika dibandingkan dengan kain katun jepang tentu saja harganya akan lebih mahal.

 

3.     Membutuhkan perawatan khusus

Bahan kain toyobo terbuat dari serat kapas alami, sehingga bahan kain ini tidak sekuat serat kapas sintetis atau dapat dibilang mudah rapuh. Apabila Anda tidak memperhatikan perawatan baju gamis yang berbahan toyobo, masa pakainya tidak bisa cukup lama. Perawatan yang dimaksud disini adalah sebaiknya Anda tidak sering melakukan pencucian gamis dengan mesin cuci, apalagi jika kekuatan putaran mesin cuci disetting high. 

 

Disarankan untuk mencuci gamis  berbahan ini dengan memakai tangan dan dikucek secara ringan, gunakan jenis detergen yang tidak terlalu keras. Apabila Anda menyetrika gamis berbahan ini, disarankan memakai panas yang rendah atau sedang, hal ini bertujuan agar tekstur kain gamis toyobo tidak rusak.

 

Baca Juga artikel Terkait

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 94
  • 6974 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article