Mengenal Bahan Combed Yang Sering Dibuat Menjadi Kaos | Toko Kain Surabaya

Windy 1 May 2021 at 10:35
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Mengenal Bahan Combed Yang Sering Dibuat Menjadi Kaos

 

Kaos combed sudah sangat populer di kalangan anak muda. Bahan combed dikenal sangat adem, halus, nyaman dan harganya sangat terjangkau. Untuk lebih jauh lagi mengenal bahan combed ini, mari kita ulas satu per satu.

 

Baca Juga Artikel Terkait

 

KEUNGGULAN BAHAN COMBED

Bahan kaos dari combed ini memiliki segudang keunggulan. Apa saja? 

 

Foto : Kaos Bahan Combed

 

1. Proses pembuatan melalui proses penyisiran

Salah satu proses yang menjadikan combed begitu unggul dan pas untuk orang Indonesia, adalah proses pembuatan kainnya yang lebih spesial. Yaitu ada di penyisiran serat benang sebelum dipintal menjadi kain pada proses combing. Bahan baku benang yang berupa serat kapas alami 100%, dikirim ke pabrik dalam bentuk bal yang sudah dipres. Nah, ini harus diuraikan lebih dulu, dibersihkan lalu disisir untuk meluruskan serat dan memisahkan serat yang pendek-pendek. Supaya bisa dihasilkan serat kapas yang panjang dan berkualitas saja. Inilah yang membuat combed lebih halus dibanding jenis katun lainnya.

2. Bahan kaos lebih halus

Kaos combed lebih halus permukaan kainnya. Lembut dan juga rapi. Itu karena tidak ada serat-serat pendek yang mencuat ke permukaan seperti berbulu. Bahan combed telah diseleksi dan diproses sedemikian rupa sehingga bahannya begitu halus, lembut dan bersih.

3. Cocok sekali untuk bahan kaos yang adem

Kaos berbahan combed juga memberikan kenyamanan dan bebas gerah karena bisa menyerap keringat dengan baik dan bahannya tidak panas.

4. Harganya terjangkau

Keunggulan yang tidak bisa ditawar lainnya adalah soal harga. Dengan segudang keunggulan tersebut, bahan combed menawarkan harga yang cukup terjangkau dan kompetitif diantara jenis kaos lainnya.

 

JENIS COMBED YANG BANYAK DIPAKAI DI INDONESIA

Setidaknya ada empat jenis combed yang dikenal di negara kita. Namun, hanya tiga bahan combed saja yang banyak digunakan pada bisnis fashion dan distro karena kecocokan karakter combednya dengan kebutuhan orang Indonesia. Akan kita bahas satu per satu setiap karakteristiknya.

1. COMBED 20s

Kaos combed yang menggunakan jenis combed 20s adalah combed yang paling tebal. Semakin tinggi angkanya, kain semakin tipis karena angka gramasinya semakin rendah. Angka gramasi adalah satuan atau ukuran berat kain setiap meter perseginya. Angka ini juga dipengaruhi oleh tingkat kerapatan benangnya. Semakin rapat benangnya, akan semakin berat dan tinggi tingkat gramasinya.

Bahan combed 20s ini artinya, jarak kerapatan benangnya adalah 20, dipintal dengan sistem single. Kaos combed 20s yang tebal ini cocok sekali untuk dipakai di tempat bersuhu rendah, karena kainnya yang tebal akan memberi kehangatan lebih.

 

Foto : Kaos Bahan Combed

 

2. COMBED 24s

Kaos combed 24s lebih tipis dari 20s. Ini karena kerapatan benangnya sedikit lebih jauh dari 20s. kerapatan yang lebih rendah membuat tingkat gramasi bahan combed 24s ini sedikit lebih ringan, yakni 175-185gsm saja. Kaos combed 24s banyak dipilih karena posisinya di tengah-tengah. Tidak terlalu tipis, juga tidak ketebalan. Bagi kita yang lebih suka ambil aman, kaos combed 24s adalah pilihan terbaik.

3. COMBED 30s

Kaos combed 30s bisa dibilang yang paling populer diantara lainnya. Bahan Kaos ini dianggap yang paling pas dan ideal untuk masyarakat Indonesia yang hidup pada iklim tropis di mana matahari menyinari sepanjang tahun. Iklim tropis yang menawarkan suhu hangat abadi ini membutuhkan pakaian-pakaian yang tipis, tetap nyaman, tidak membuat gerah namun juga kuat. Kaos combed 30s bisa menjawab semua itu. bahannya lebih tipis dibanding 20s dan 24s, karena kerapatan benangnya lebih rendah.

4. COMBED 40s

Bahan kaos combed 40s ini yang paling jarang terdengar diantara tiga jenis sebelumnya. Kaos combed 40s menjadi yang tertipis karena kerapatan benangnya sangat jauh, yaitu 40. Untuk bahan ini biasanya diproduksi hanya untuk permintaan khusus saja.

 

TIPS MEMILIH COMBED (SEBAGAI KONSUMEN)

Pada artikel kali ini, kita tidak hanya membahas bahan combed yang cocok dari sudut pandang pebisnis saja, namun juga kita sebagai pengguna kaos combed. Seringkali kita dibuat bingung dengan banyaknya pilihan jenis combed dengan kode yang tidak asing lagi, 20s, 30s, 24s. Setelah kita banyak mengulas karakteristik setiap jenis combed sebelumnya, setidaknya kita sudah punya gambaran lebih jelas bagaimana sifat setiap jenis combednya. Meski demikian, tak jarang kita masih galau memilih mau memakai bahan combed yang mana yang cocok untuk kita?

 

Foto : Kaos Bahan Combed

 

Ada beberapa tips yang bisa kita jadikan pertimbangan untuk memilih bahan combed terbaik.

1. Tentukan kebutuhan dan tujuan pemakaian kain atau kaos

Tips pertama yang akan sangat membantu kita dalam memilih kaos combed adalah menentukan dulu mau kita pakai dalam aktivitas apa kaos tersebut? Apakah kaos combed itu akan dipakai untuk olahraga, untuk kegiatan di dalam ruang berAC, untuk kegiatan outdoor seperti outbond mungkin atau sekedar menjadi pakaian sehari-hari di rumah?

Kapan kaos combed itu akan kita pakai? Akankah lebih sering dipakai saat pagi, siang atau malam hari? Kenapa waktu pemakaian ini penting? Karena waktu pemakaian ini akan berpengaruh terhadap suhu lingkungan yang berakibat juga kepada kenyamanan dan kehangatan tubuh kita. 

Foto : Kaos Bahan Combed

Pada pagi dan siang hari, cuaca cenderung terik dan suhu tinggi. Lebih cocok menggunakan bahan kaos yang lebih tipis dan menyerap keringat supaya tidak gerah. Namun pada keadaan malam di mana suhu turun dan banyak angin malam yang kurang baik untuk kesehatan, lebih cocok memakai kaos combed tebal untuk menjaga kehangatan tubuh dan menghalangi angin malam.

2. Pertimbangkan lokasi geografis ketika memakai kaos

Di dataran tinggi yang suhunya lebih rendah, lebih baik memakai kaos combed 20s karena lebih tebal. Sedangkan jika Anda tinggal di dataran rendah di mana suhunya tinggi dan lebih panas, akan lebih nyaman jika Anda memilih bahan combed 30s yang lebih tipis.

 

Baca Juga Artikel Terkait

 

TIPS MEMILIH COMBED UNTUK BISNIS  

Nah, sebagai pebisnis konveksi, Anda perlu menentukan akan memfokusi combed jenis mana sebagai produk jualan utama Anda. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu Anda memilih.

1. Petakan karakter pasar yang akan ditarget

Siapa pasar yang Anda target ini sangat berpengaruh terhadap keputusan produk Anda. Apakah Anda akan menargetkan pasar anak muda yang tinggal di perkotaan dataran rendah, atau para orang dewasa yang tinggal di kabupaten di dataran tinggi? Apakah dari kalangan menengah atas, atau menengah ke bawah?

 

Foto : Kaos Bahan Combed

 

Setiap pasar memiliki karakternya masing-masing dan tentu saja karakter tersebut akan melahirkan kebutuhan-kebutuhan yang berbeda. Mengenali kebutuhan pasar secara tepat dapat membantu Anda menentukan bahan combed apa yang paling cocok baik dari sisi ketebalan, harga dan karakter lainnya.

2. Analisa persaingan pasar pada setiap jenis combed

Anda juga perlu memperhatikan bagaimana tingkat persaingan bisnis pada setiap jenis kaos combed di wilayah bisnis Anda. Jika persaingannya tinggi, Anda harus mempertimbangkannya apakah akan ikut bertarung pada medan tersebut ataukah mencari medan pertarungan pada jenis combed lainnya.

 

Cek Yuk Bahan Seragam Chef American Drill Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 49
  • 4139 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article