Kain Linen Kekurangan Kelebihan dan Pemanfaatannya | Toko Kain Surabaya

Administrator 23 Feb 2021 at 2:11
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Kain Linen Kekurangan Kelebihan dan Pemanfaatannya

 

 

Selain serat sintetis, kain untuk membuat baju biasanya memakai bahan alami seperti katun. Tapi rupanya ada bahan alami yang juga bisa digunakan untuk bahan baju yang terbuat dari linen. Bahan linen terbuat dari tanaman rami. Bukan dari bunga atau daun melainkan dari batangnya.

 

 

 

 

Proses pembuatannya cukup rumit dan panjang. Tak heran pada zaman dahulu hanya kelas atas saja yang mampu membeli karena harganya cukup mahal. Seiring perkembangan zaman, mesin produksi memudahkan semua proses sehingga harganya cukup terjangkau.

 

Baca Juga Artikel Terkait

 

Karakteristik

 

Foto : Kain Linen
Foto : Kain Linen
 

Kain linen yang terbuat dari bahan alami tanaman rami ini memiliki tekstur yang unik dan khas. Sekilas mirip tekstur kain balotelli, namun keduanya punya perbedaan signifikan. Kain bahan linen ditandai dengan garis-garis serat besar dan tak beraturan meski justru terlihat classy dan estetis.

Bahan linen cukup halus dan lembut, sebab dibuat dari bahan alami layaknya kain katun. Jika memiliki pakaian berbahan linen, sangat mudah dirasakan betapa istimewanya kain linen. Pasalnya, kain ini bisa tahan bertahun-tahun selama dirawat dengan baik.

 

Bisa menyesuaikan suhu; menghangatkan saat cuaca dingin, dan menyejukkan saat cuaca panas. Karakteristik kain bahan linen membuat kain linen tidak mudah terburai.

 
 

Kelebihan dan Kekurangan

 

Foto : Kain Linen
Foto : Kain Linen
 

Meskipun terbuat dari bahan alami, kelebihan kain linen selalu berkaitan dengan kekurangannya. Kelebihan yang dimiliki oleh bahan linen adalah serat yang halus, lembut, dan bertekstur indah. Cukup tebal namun tidak kaku, sehingga kecil kemungkinan kain tersebut tembus pandang. Jika membuat baju gamis dengan kain linen, akan terasa adem saat memakainya. Pun menghangatkan saat cuaca sedang dingin-dinginnya.

 

Secara umum, kelebihan linen rata-rata seperti yang disebutkan di atas. Mengingat jenis kain bahan linen ada banyak, setiap jenis memiliki karakter dan kelebihan kekurangan masing-masing. Ada linen yang sifatnya jatuh dan ada yang tidak. Ada yang sedikit berkilau, ada juga jenis linen yang doff.

 

Sementara kekurangan kain linen adalah mudah kusut. Sebagian besar jenis bahan linen sifatnya tebal, sehingga dianggap cukup berat untuk dipakai. Ini harus jadi pertimbangan penting jika tak suka memakai bahan kain yang berat. Perawatannya harus hati-hati, lebih baik dicuci manual dan hindari membuat lipatan yang tajam supaya tidak merusak serat.

 

Cek Yuk Pilihan Merk Dan Warna Kain Yg populer Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Penggunaannya dalam Busana

 
Foto : Kain Linen
Foto : Kain Linen
 

Memiliki keistimewaan dibanding jenis bahan kain lain membuat produk yang dihasilkan dari linen jadi berkelas. Harga bahan linen cukup mahal otomatis menjelaskan pengaruh produk tersebut. Beberapa produk linen seperti gamis, kemeja, hijab, rok wanita, tirai, dan lainnya.

 

· Baju

Terlihat anggun saat mengenakan gamis berkelas dari bahan linen tentu menjadi nilai lebih, meski jenis linen yang tebal tidak cukup jatuh. Tak hanya cocok untuk gamis terusan dan longgar untuk kaum wanita, bahan baju dari linen juga cocok untuk pria yang dipadupadankan dengan celana izaar.

 

· Kemeja dan Blouse

Berangkat kerja mengenakan kemeja bahan linen, kenapa tidak? Bahan linen dengan serat unik mengistimewakan hari dan membuat lebih percaya diri. Bahan linen cocok untuk kemeja pria maupun blouse wanita. Supaya lebih elegan dan memiliki kesan vintage, keunggulan bahan linen harus dikawinkan dengan model baju yang kasual.

 

· Hijab

Bukankah bahan linen tebal? Sebagian besar jenis linen memang tebal. Tapi untuk membuat hijab, jenis bahan linen ruby yang tipis dan sedikit transparan bisa dicoba. Soslusi lain, siasati dengan menambah ciput atau penutup kepala sebelum memakai hijab dengan bahan linen ruby.

 

· Rok

Isitmewanya bahan linen mampu menghadirkan nuansa vintage. Membuat bahan linen menjadi rok tak perlu tambahan aksesoris karena sudah cukup menarik dan cantik. Sebab yang ditonjolkan adalah keunikan dari bahan linen itu sendiri. Biasanya rok dari bahan linen lebih elegan jika dibuat dengan model flared skirt.

 

· Tirai

Siapa bilang kain bahan linen hanya dijadikan pakaian saja. Ternyata bahan linen juga digunakan untuk membuat perlengkapan rumah tangga, salah satunya adalah tirai. Tirai dengan bahan linen tentu tak sama dengan bahan yang dipakai untuk bahan baju gamis. Contoh linen holland, merupakan bahan linen yang sengaja ditenun longgar agar cocok untuk pembuatan tirai.

 

Baca Juga Artikel Terkait

 
 
 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article