Antisipasi Gelombang Omicron Inilah Tips Tetap Nyaman Memakai Masker Dobel | Toko Kain Surabaya

Windy 22 Mar 2022 at 8:25
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

 

Antisipasi Gelombang Omicron, Inilah Tips Tetap Nyaman Memakai Masker Dobel

 

 

Antisipasi Gelombang Omicron

 

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa puncak gelombang Omikron di Indonesia diperkirakan terjadi pada akhir Februari 2022 dan jumlah kasus Omikron akan menjadi 2-3 kali lipat dari puncak gelombang varian Delta. Juru Bicara Vaksinasi covid-19 dari Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa kasus varian Delta pertengahan tahun yang lalu mencapai sekitar 56 ribu kasus per hari yang membutuhkan waktu tiga minggu. Sedangkan kasus omicron saat ini sudah mencapai 40 ribu perhari. 

Dari data tersebut kita bisa melihat bahwa kecepatan penularan kasus omicron lebih tinggi daripada kasus Delta, walaupun gejalanya ringan serta angka kematiannya lebih rendah. Meskipun begitu, hal ini menjadi hal yang perlu diperhatikan karena tingginya angka penularan. Beberapa kota di Indonesia juga telah melakukan PPKM level 3 dan kembali melaksanakan bekerja dari rumah dan sekolah dari rumah.

Untuk mengurangi beban tenaga dan fasilitas kesehatan, mereka yang terdiagnosis Covid-19 tetapi tidak menunjukkan gejala dan memiliki gejala ringan atau sedang disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Jika kamu membutuhkan obat, kamu bisa mendapatkannya melalui apotek atau aplikasi telemedicine.

 

Pilihan Warna Kain Oxford dari Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Tips Memakai Masker Dobel

 

Model Memakai Masker Dobel

 

Untuk kamu yang masih bekerja di kantor (WFO) ada baiknya jika semakin waspada terhadap penyebaran varian Omikron ini. Salah satu caranya adalah dengan memakai masker dobel. Pemakaian masker dobel ini sudah resmi direkomendasikan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Namun, tetap ada aturan memakai masker dobel yang harus ditaati supaya perlindungan yang didapatkan benar-benar efektif. Berikut ini beberapa tips yang dapat kamu terapkan agar tetap nyaman memakai masker dobel.

  1. Memakai masker dobel dengan cara menggunakan masker medis atau masker bedah di bagian dalam dan masker kain di bagian terluar. Masker dua lapis ini harus digunakan dengan benar yaitu menutupi hidung, mulut, dan dagu. Namun tidak disarankan menggunakan 2 masker medis secara bersamaan, karena tidak akan meningkatkan kapasitas penyaringan masker.

  2. Pastikan kawat yang terdapat pada masker medis ditekan ke arah wajah sehingga bentuknya mengikuti hidung. Hal ini bertujuan agar tidak ada sembarang udara yang masuk ke masker dari arah atas.

  3. Memakai masker kain yang ukurannya pas dengan wajah. Hal ini bertujuan agar masker tidak kebesaran atau kekecilan sehingga tetap nyaman dipakai.

  4. Pastikan tali masker dikaitkan dengan baik pada telinga. Tips untuk meningkatkan kesesuaian masker ke wajah caranya adalah dengan mengikat tali masker di dekat wajah. Lalu lipat kedua ujung masker ke dalam, untuk meminimalkan rongga udara di masker. Kemudian, pastikan tidak ada rongga masker saat memakai masker dobel.

  5. Cobalah untuk menghembuskan napas, kemudian rasakan apakah masih ada udara mengalir dari sisi atas dan sisi samping masker. Jika masih ada, kamu dapat mengatur kembali posisi masker.

  6. Pastikan bahwa kamu tetap dapat bernapas dengan nyaman dan tidak merasa pusing karena memakai masker dobel.

 

Mengapa Kita Harus Memakai Masker Dua Lapis?

 

Ilustrasi Memakai Masker Dua Lapis

 

Penelitian terbaru mengenai penggunaan masker dobel menunjukkan bahwa memakai masker dobel lebih efektif untuk mencegah penularan covid-19 daripada penggunaan satu masker saja, walaupun masker yang digunakan adalah masker bedah.

 

Dalam penelitian ini dikatakan bahwa masker bedah dapat menghalangi partikel udara yang berpotensi menularkan virus corona sebanyak 84,3%. Tetapi, ketika memakai masker bedah yang didobel dengan masker kain, perlindungannya bisa meningkat hingga 96,4%.

 

Hal ini disebabkan karena masker bedah biasanya terpasang longgar dan masih memberikan celah di atas hidung dan di pipi. Akibatnya, masih ada partikel udara ataupun droplet yang dapat masuk. Berbeda dengan masker bedah, masker kain umumnya dapat diatur kekencangannya dan pas dipakai di wajah. Oleh karena itu, kombinasi antara masker bedah dan masker kain bisa memberikan perlindungan yang lebih baik.

 

CDC menguji berbagai masker untuk melihat efektivitasnya dalam menyaring partikel kecil di udara (aerosol) dan menghasilkan bukti bahwa:

  1. Masker medis yang dikenakan dengan benar dapat memberikan perlindungan hingga 56,1%.

  2. Penggunaan masker kain tiga lapis yang tepat dapat memberikan perlindungan sampai 51,4%.

  3. Masker medis yang bagian ujung karetnya di tali simpul, sehingga masker lebih kencang dan rapat, bisa melindungi sampai 77 %.

  4. Sementara itu, menggunakan masker medis yang dilapisi masker kain mampu memberikan perlindungan sampai 85,4 %.

 

Selain itu, penggunaan masker dobel juga tentunya harus diikuti dengan tetap menjaga jarak, menghindari keramaian dan ventilasi dalam ruangan yang buruk, mencuci tangan, dan mengurangi mobilitas untuk melindungi dari penularan Covid-19.

 

Baca Juga Artikel Berikut

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 9
  • 1790 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article