Bordir atau Sablon Ini Kelebiha dan Kekurangannya | Toko Kain Surabaya

Windy 20 Jan 2022 at 9:02
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Bordir atau Sablon? Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

 

Lebih suka mana, pakaian yang polos tanpa gambar dan tulisan, atau pakaian dengan banyak variasi gambar tulisan? Jawabannya tentu berbeda satu orang dengan lainnya. Setiap dari kita memiliki preferensi minatnya masing-masing. Ada yang lebih menyukai pakaian polos, namun tidak sedikit juga yang menganggap baju polos itu membosankan sehingga yang bergambar lebih menarik.

 

Untuk Anda yang lebih menyukai baju bergambar, variasi sablon dan bordir menjadi salah satu alternatif yang paling layak dicoba. Dua pilihan cara ini menjadi alternatif yang paling banyak dirujuk. Bordir dan sablon adalah dua teknik menggambar pada kain yang sebenarnya sangat berbeda, namun ternyata masih banyak juga yang bingung untuk membedakan keduanya. Ada batas yang jelas antara bordir dan sablon, namun terkadang batas itu menjadi sangat limit pada beberapa kasus.

 

Kita perlu untuk memiliki wawasan terkait perbedaan bordir dan sablon ini. Kenapa penting? Jawabannya agar hasil akhir gambar pada pakaian bisa maksimal, awet dan sesuai kebutuhan. Bordir dan sablon memiliki karakternya masing-masing, karakter itulah yang membuat mereka cocok di kondisi dan kebutuhan yang berbeda pula. Agar kita tidak salah memilih teknik mana yang paling tepat untuk pakaian kita, yuk kita ulas di bawah ini!

 

Pilihan Warna Rekomendasi Kain Nagata Drill Bahan Kain Seragam Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Tentang bordir

 

Bomber Bordir

 

Bordir merupakan teknik menyulam benang untuk menggambar sebuah simbol pada permukaan pakaian. Yang digambar dapat berupa tulisan maupun sebuah objek. Untuk membentuk sebuah gambar di atas kain, digunakan benang yang disulam dengan teknik tertentu dan kerapatan yang tinggi dan kuat pada serat kain. Gambar yang dihasilkan akan sedikit timbul dan tebal.

Bordir dapat dibuat dengan dua cara, yaitu secaara manual dan komputer. Ketika membuat desain yang simpel dan tidak terlalu banyak warna, gambarnya pun sederhana, bordir teknik manual sudah cukup. Namun jika desain bordir yang diminta cukup rumit dan banyak warnanya, serta membutuhkan kecepatan, kita membutuhkan teknik bordir komputer. Bordir komputer dapat bekerja lebih cepat dan otomatis, sehingga proses bordir massal sangat memungkinkan dilakukan.

Keunggulan bordir dibandingkan teknik sablon adalah lebih awet dan kuat. Gambar yang dihasilkan merupakan sulaman benang dengan kuat, gambarnya menyatu dengan serat kain. Sehingga bordiran lebih tahan terhadap proses pencucian dan setrika.

Namun, di satu sisi, bordir tidak mampu dibuat untuk desain yang terlalu rumit dan melibatkan banyak warna. Ada jumlah warna yang terbatas untuk bisa diaplikasikan dengan mesin bordir. Selain itu, untuk mendapatkan hasil bordir terbaik, dibutuhkan juga serat kain yang kuat. Jika kainnya terlalu tipis, tidak cocok untuk bordir.

 

Baca Artikel Terkait Yuk

 

Sekilas mengenal sablon

 

Foto Kaos Sablon

 

Berbeda dengan bordir yang menyulam benang pada serat kain, teknik sablon adalah mewarnai kain dengan tinta khusus untuk membentuk sebuah gambar atau tulisan. Tinta dibubuhkan di atas permukaan kain hingga menyerap ke serat kain. Karena prosesnya yang berbeda dari bordir, teknik sablon ini membutuhkan jenis serat kain yang mudah menyerah tinta sablon. Kain yang tipis lebih cocok untuk sablon daripada bordir, sebab tinta sablon dapat meresap dengan mudah hingga ke lapisan terbawah kain.

Teknik sablon dapat mengkombinasikan ragam warna yang lebih banyak daripada bordir. Tingkat kerumitan gambar yang mampu dibuat pun juga lebih tinggi. Inilah yang salah satu kelebihan yang dimiliki teknik sablon dibandingkan dengan bordir. Teknik sablon memiliki banyak sekali variasi finishing. Mulai dari finishing dove, timbul, glossy ataupun kelap-kelip gliter. Untuk anda yang lebih menyukai desain variasi yang lebih beragam, sablon menjadi jawaban atas kebutuhan anda.

Teknik sablon jauh lebih murah harganya dibanding bordir. Untuk kebutuhan pakaian dalam jumlah banyak, teknik sablon lebih ramah di kantong dan hasilnya lebih cepat jadi.

Namun, disisi lain teknik sablon ini juga memiliki kekurangan. Pada beberapa jenis sablon tidak cocok untuk diaplikasikan pada kain berwarna cerah karena sifat tintanya tidak bisa mengalahkan warna serat kain. Kemudian, sablonan perlu dilakukan perawatan khusus ketika mencuci pakaian dan menyetrikanya. Jika salah perawatannya, sablon akan mudah terkelupas.

 

Tips memilih bordir atau sablon

Bordir atau sablon, keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Kita bisa menentukan mana yang terbaik dengan mempertimbangkan tiga hal: jenis serat kain pakaian, tingkat kerumitan gambar dan jumlah warna yang dibutuhkan dalam gambar tersebut.

Bordir memerlukan serat kain yang lebih pakem, rapat dan kuat. Ketebalan kainnya juga harus pas, agar dapat menjadi tumpuan oleh sulaman benang bordir. Sedangkan sablon justru lebih cocok pada kain yang tipis.

Bordir hasilnya memang bagus dan kokoh, namun gambar-gambar yang dihasilkan lebih sederhana dan simpel. Warna yang bisa dikombinasikan dalam satu gambar juga terbatas. Jika desain gambarnya sangat rumit dan warnanya banyak, lebih baik memilih sablon saja. Hal itu karena sablon memiliki lebih banyak jenis finishing dan teknik.

 

Baca Artikel Terkait Yuk

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 19
  • 5119 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article