Inovasi di Bidang Fashion yang Bisa Jadi Inspirasi | Toko Kain Surabaya

Windy 4 Oct 2022 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Inovasi di Bidang Fashion yang Bisa Jadi Inspirasi

 

Dunia Fashion sangat dinamis sekali sehingga setiap tahunnya selalu ada pergantian tren. Hal tersebut berkat para desainer berbakat yang dapat mengubah selembar kain biasa menjadi item Fashion yang luar biasa. Dan untuk menghasilkan karya yang berbeda tentunya sangat diperlukan inovasi dalam setiap buah karya Fashion. Inovasi dapat tercipta jika dapat menerapkan ide kreatif yang mengandung bukan hanya baru tapi sungguh unsur kebaruan dan kemanfaatan tinggi secara nilai sosial dan ekonomi.
 

Inovasi Fungsi Tenun Ikat

 

Foto : Tas Tenun

 

Kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia tentu saja sangat memicu para desainer untuk terus menciptakan karya yang kreatif. Program pengembangan kapasitas daerah-daerah budaya di Indonesia dalam berinovasi berbasis produk yang diunggulkan telah diusung bersama antara Cipta Inovasi Sejahtera dengan Center for Innovation Space. Salah satu contohnya Tenun Ikat merupakan produk budaya dari Nusa Tenggara Timur yang sangat terkenal, seiring dengan perkembangan zaman hasil dari Tenun Ikat tersedia dalam berbagai ukuran serta mempunyai peralihan fungsi-fungsi baru yang sebelumnya hanya digunakan pada acara adat daerah saja. Tapi kini Tenun Ikat telah digunakan menjadi tas tangan, aksesoris, baju kantor, gaun pesta bahkan sampai pakaian sehari-hari. Diharapkan dengan ini para desainer kreatif bisa membantu meningkatkan perekonomian para penenun daerah.

 

Rekomendasi Unione Drill Bahan Seragam Kerja Terbaik Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Inovasi Upcycling Fashion

 

Pada industri Fashion kini telah marak menggunakan kembali sisa bahan produksi atau produk yang rusak menjadi bahan baku pembuatan produk tanpa melakukan penghancuran terlebih dahulu agar memiliki nilai jual kembali. Contohnya saat ada produk kaos yang rusak maka akan dibuat menjadi bahan kemeja, jaket atau bahkan produk Fashion yang lainnya. Dengan metode upcycling ini sangat efektif untuk mengurangi kebutuhan energi untuk membuat bahan mentah atau bahan baku sehingga akan sangat membantu lingkungan juga karna otomatis polusi air, udara, dan limbahnya juga akan berkurang. Uniknya produk yang dihasilkan dari Upcycling Fashion ini akan menjadi Limited Edition karena tidak akan dimiliki oleh orang lain.

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Terdapat beberapa brand yang telah menggunakan metode ini dalam membuat produknya antara lain, perusahaan pakaian di Amerika Patagonia yang memproduksi pakaian outdoor yang ramah lingkungan. Mereka mengusung ReCrafted dengan menggunakan kain sisa-sisa yang sangat ikonik dari brand tersebut, dengan desain minimalis, warna kontras serta aksen-aksen robekan yang menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri bagi para peminatnya.

Di Indonesia juga sudah ada beberapa brand lokal yang menggunakan metode Upcycling yaitu MONEY MAN yang memproduksi kemeja dari sisa kain bandana kemudia kemeja itu di beri nama The Bandana, kemeja tersebut memiliki motif dan warna yang one-of-a-kind. Produk lainnya yang mereka buat adalah Reversible Bandana Jacket yang sangat unik karena memiliki dua sisi yang dapat digunakan, artinya satu jaket bisa dipakai seperti memiliki 2 jaket. Brand lainnya adalah Phantasma Studio, mereka memproduksi kemeja dari sisa bahan flanel, selain itu mereka juga memproduksi vest dari sisa kain jeans. Jeans yang mereka pakai adalah produk fast Fashion Zara dan Cheap Monday, sangat menarik bukan.

 

Cow Print

Setelah muncul print ular dan print zebra, kini juga populer print sapi yang dinilai lebih netral perpaduan warna nya jika akan dipadukan dengan pakaian yang lainnya.

 

Gaun Rajut

 

Foto : Gaun Rajut

 

Dahulu teknik rajut hanya digunakan pada sweater atau berbagai model pakaian hangat lainnya. Tapi brand Chanel membuat gaun mewah dengan teknik rajut untuk menampilkan kesan klasik dan modern yang sangat menawan.

 

Patchwork

 

Foto : Baju Patchwork

 

Berkonsep tabrak pola dan corak, jika dahulu harus memastikan semua warna dan pola berpadu dengan baik, tidak berbenturan, kini konsep tersebut sudah tidak berlaku lagi karena dunia mode sudah dipenuhi oleh cetakan pola dan motif yang berani, menyenangkan bahkan kontradiktif, biasanya pada Fashion produk berupa gaun, jaket dan flanel. Konsep ini juga dipopulerkan oleh beberapa brand seperti Gucci, Issey Miyake serta Dolce & Gabbana.

 

Home Clothes Mewah

Pandemi menjadikan desainer berkreasi lebih kreatif, mereka menciptakan pakaian rumahan yang mewah tentu saja akan sangat cocok untuk kalangan kelas atas. Banyak brand yang tidak mau ketinggalan untuk menggunakan konsep ini juga antara lain Chanel, Balenciaga, Miu Miu, dan Celine.

 

Busana Muslim Denim

 

Model Mengenakan Gamis Denim

 

Karena sangat jarang terlihat bahan Denim pada busana muslim, maka digunakan oleh brand Jawhara untuk membuat busana muslim dan hijab syar’i menggunakan bahan Real Denim yang adem. Berbagai jenis busana muslim dan hijab bisa digunakan sehari-hari karena berpotongan sederhana tetapi tetap elegan. Jawhara ingin meninggalkan kesan Denim yang kasual dan santai tapi tetap tidak melupakan syariat Islam. Sehingga para muslimah Indonesia dapat percaya diri, memakai busana muslim syari yang modis, ringan, adem dan tentunya sesuai dengan syariat.

 

Baca Juga Artikel Berikut

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 9
  • 2915 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article