Inilah Aneka Jenis Kain Drill yang Sering Dibuat Menjadi Seragam | Toko Kain Surabaya

Administrator 13 Apr 2021 at 17:40
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Inilah Aneka Jenis Kain Drill yang Sering Dibuat Menjadi Seragam

 

 

Setiap tahun ajaran baru hampir tiba, orang-orang mulai disibukkan dengan berbagai persiapan untuk menghadapi masa pembelajaran yang baru. Seperti institusi pendidikan, orang tua atau wali murid, peserta didik dan tak lupa juga para pembuat seragam sekolah. Karena itu menjadi salah satu kebutuhan penting menjelang dimulainya masa-masa pendidikan.

 

Di pasar tradisional maupun pasar modern biasanya telah tersedia seragam sekolah yang umumnya dipakai. Seperti seragam merah putih, seragam dengan warna biru putih untuk tingkat SMP atau seragam putih abu untuk tingkat SMA. Tidak hanya seragam yang ready use, terkadang penjahit atau produsen seragam akan menerima orderan yang bersifat customize atau dibuat sesuai pesanan untuk seragam yang akan dipakai.

 

Baca Juga :

 

Jika pejahit atau produsen seragam mendapatkan orderan yang bersifat customize maka hal pertama yang harus disiapkan oleh produsen atau penjahit adalah jenis kain seragam yang akan digunakan sebagai material pembuatan seragam. Pada umumnya, material yang digunakan untuk membuat seragam adalah bahan kain drill. Jenis kain drill sangat cocok untuk bahan seragam sebab kain drill memiliki jalinan benang yang kuat, dan cukup tebal.

 

Kain drill merupakan jenis kain yang terbuat dari bahan katun ataupun bahan polyester. Tidak hanya dipakai untuk bahan seragam sekolah, kain drill yang tebal juga dapat digunakan sebagai material seragam koki, seragam kerja. Sedangkan untuk kain drill yang lebih tipis akan dipakai sebagai bahan pembuatan kemeja, blus serta pakaian work out.

 

Kain drill memiliki beberapa jenis, diantaranya japan drill , american drill dan ribstop drill , Unione Drill . Berikut ini ulasan secara mendalam mengenai kain drill ditinjau dari jenis maupun kelebihan kain drill.

 

Jenis-jenis Kain Drill

 

1. Kain American Drill

 
Baju Menggunakan Bahan Drill
Foto : Kemeja Menggunakan Bahan Drill
 
 

Kain American drill memiliki karakter permukaan yang lebih lembut dibanding kain drill berjenis twist. Kain American Drill terbuat dari perpaduan bahan katun dengan bahan polyester. Lain dengan kain twist drill, jenis kain ini memiliki serat yang lebih besar ukurannya.

Kain American Drill biasanya digunakan untuk seragam lapangan yang berbasis otomotif. Kain bahan ini juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membuat seragam karena harganya yang cukup ekonomis dengan kualitas yang terbilang bagus.

 

Pilihan Warna Rekomendasi Kain American Drill Bahan Kain Seragam Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Beberapa merek" kain American drill diantaranya :

- American Drill 1919

- Unione Drill

- Castillo Drill

- Nagata Drill

 

2. Kain Japan Drill

 

Kain Japan Drill
Foto : Kain Japan Drill
 
 

Kain Japan Drill adalah jenis kain yang paling sering digunakan untuk membuat seragam lapangan. Kain ini adalah kain drill yang paling tebal dan kuat diantara jenis kain drill lainnya. Kain Japan Drill yang paling digemari adalah kain drill yang kandungan bahan katunnya lebih tinggi dari bahan polyester. Karena jika kain drill memiliki kandungan bahan katun yang tinggi maka kain drill akan lebih nyaman dipakai dan tidak terasa panas atau gerah.

 

Beberapa jenis kain japan drill diantaranya hisofy drill, Kain ini dikenal juga dengan nama hisoft drill. Kain ini cocok dipakai di wilayah beriklim tropis karena kain ini memiliki sifat sejuk dan nyaman. Salah satu kekurangan kain ini adalah variasi warnanya yang terbatas.

 

Kain Japan Drill memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan jenis kain drill lainya. Kain ini mampu menyerap air ataupun keringat dengan cukup baik. Beberapa merek terkenal yang menggunakan kain jenis ini adalah Nagata Japan Drill, Avana Japan Drill, Taipan Japan Drill, Japan Drill by Sumtex dan Bravada Japan Drill.

 

 

Pilihan Warna Rekomendasi Bahan Jas Almamater dan Baju Wear Pack Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 
 

3. Ribstop Drill

 

 

Sampul Buku Ribstop

Foto : Katalog Ribstop Drill

 

 

Ribstop merupakan bahan kain yang sangat rekomendasi untuk seragam dan baju safety yang berkegiatan di lapangan dengan pola garis kotak . Kain Ribstop memiliki ketahan yang baik untuk penggunaan outdoor, dengan komposisi katun, polyster, nilon serta polypropylene dengan teknik tenun khusus,

 

Dan yang berbeda adalah cara menenunnya, didalam komposisinya bisa menggunakan katun dan polysternya sama atau lebih banyak atau nilonya lebih tinggi, dengan kerapatan yang sangat rapat dan berbagai pola bentuk garis mulai dari hexagon, diamond atau kotak membentuk struktur menjadi 3 anyaman sehingga membuat serat kain atau nilon menjadi terjalin sangat kuat, tidak mudah sobek.

 

Rekomendasi Bahan Ribstop Untuk Pdh/Pdl Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 
 

4. Nagata Drill

 

Pilihan Warna Rekomendasi Bahan Jas Almamater dan Bahan Baju Wear Pack Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Kelebihan Kain Drill

 

1. Bahan awet

Salah satu alasan pembuatan seragam menggunakan kain ini adalah karena kain ini bersifat awet, hal ini disebabkn serat kain drill memiliki tingkat kerapatan yang baik.

 

2. Warna nya tidak mudah luntur

Akan sangat mengganggu jika seragam sekolah atau seragam kerja Anda luntur saat dicuci, Anda tidak perlu khawatir jika seragam Anda terbuat dari kain drill karena keunggulan lain dari kain ini adalah warnanya tidak mudah luntur. Pada beberapa jenis kain drill mudah luntur, oleh sebab itu sebaiknya Anda menanyakan terlebih dahulu mengenai jenis kain drill yang akan Anda pakai kepada penjual seragam atau penjual kain drill.

 

 
American Drill
Foto : American Drill
 
 
 

3. Tidak kusut

Jenis kain drill adalah jenis kain yang tidak mudah kusut sehingga Anda tidak perlu khawatir jika jarang menyetrika seragam yang berbahan kain drill.

 

4. Tekstur kain unik

Tekstur kain ini berbentuk diagonal atau miring-miring, sehingga akan membuat sebagian orang merasa tertarik dengan kain ini. Tesktur kain seperti itu jarang ditemui pada kain lain.

 

5. Banyak variasi tingkat ketebalan

Kelebihan yang ini dapat menjadi solusi bagi konsumen yang tidak ingin memakai seragam atau pakai yang terlalu tebal, karena kain drill memiliki beberapa tingkat ketebalan yang berbeda-beda.

 
 
 
Bahan Baju Menggunakan Kain Drill
Foto : Celana kerja menggunakan kain drill
 
 
 

6. Dapat dipakai untuk formal dan informal

Kain drill tidak hanya dapat dipakai untuk membuat seragam, pakain yang bersifat informal atau casual pun dapat menggunakan material dengan bahan kain ini. Salah satu pakaian informal yang dapat dibuat dari kain jenis ini adalah blous atau kemeja.

 

7. Kuat dan kokoh

Karena serat benang dari kain drill tergolong rapat, sehingga kain drill memiliki sifat kuat dan kokoh, dengan kata lain kain ini tidak mudah rapuh apabila sering dicuci atau digunakan untuk aktivitas di luar ruangan.

 

8. Adem

Selain awet, kuat dan kokoh, kain berjenis ini dinilai cukup adem. Sehingga konsumen akan tetap merasa nyaman memakai pakaian atau seragam berbahan ini walaupun cuaca sedang terik.

 

9. Mudah menyerap keringat

Pakaian atau seragam dengan bahan kain drill ini memiliki kemampuan menyerap keringat yang cukup baik, sehingga Anda tidak perlu khawatir merasa kegerahan atau tercium aroma menyengat dari badan saat Anda beraktivitas dengan menggunakan pakaian berbahan ini.

 

 

Tumpukan kain varian warna drill
Foto : Varian warna kain drill
 
 

10. Memiliki variasi warna yang banyak

Kain bahan drill memiliki banyak variasi warna, terdapat lebih dari 20 jenis warna yang ditawarkan jika Anda akan memakai kain ini sebagai bahan seragam atau pakaian.

 

Baca Juga :

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 53
  • 19327 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article