Inspirasi Model Kebaya Modern yang Disukai Berbagai Kalangan | Toko Kain Surabaya

Windy 10 Oct 2022 at 8:06
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Inspirasi Model Kebaya Modern yang Disukai Berbagai Kalangan

 

Kebaya telah menjadi bagian dari identitas khas wanita Indonesia. Kebaya menjadi busana wajib untuk berbagai acara adat dan resmi, bahkan untuk menghadiri acara resmi kenegaraan di luar negeri, wanita Indonesia memakai kebaya sebagai identitas dan kesopanan. Kebaya telah menjadi citra wanita Indonesia. Seakan tidak lekang oleh waktu dan perkembangan zaman, kebaya terus bertransformasi dan bertahan di tengah derasnya arus kompetisi dan budaya. 

 

Inspirasi Model Kebaya Modern

 

Kebaya rupanya memiliki banyak model dimana desain-desain ini terus menerus mengalami perubahan yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar masa kini tanpa menghilangkan esensi dari kebaya itu sendiri. oleh karenanya, meskipun kebaya terus mengalami transformasi, tapi model kebaya yang sesungguhnya tidak pernah hilang. 

Untuk anda yang sedang mencari model kebaya modern yang paling sesuai untuk dipakai di hari istimewa, ada baiknya anda menyimak jenis-jenis kebaya modern berikut ini. 

 

Rekomendasi Bahan Seragam Kantor Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Kebaya Jawa 

Inspirasi model kebaya modern pertama adalah kebaya jawa. Kebaya Jawa terinspirasi oleh adat keratonan di wilayah Yogyakarta. Model kebaya jawa seringkali dipakai oleh para abdi dalem dan keluarga kerajaan di Jawa. Dahulu, kebaya jawa ini hanya boleh dipakai oleh kaum bangsawanan dan kelas menengah atas saja, namun saat ini semua orang bisa memakainya. 

 

Inspirasi Model Kebaya Modern

 

Kebaya jawa dibuat dari bahan yang tipis, permukaannya lembut dan terkadang juga memiliki efek kilap saat terkena cahaya. Kebaya jawa biasanya dibuat dari kain brukat, bludru, nilon dan sutra. Kebaya yang dibuat dari kain sutra adalah yang paling mahal harganya dan biasanya hanya kalangan menengah atas saja yang memakai kebaya sutra. Karena bahan yang dipilih cukup tipis, saat memakainya butuh menggunakan dalaman berupa kemben. 

Kebaya jawa memiliki panjang hingga selutut dengan kedua ujung depan yang meruncing lebih panjang dibanding bagian belakang. Bagian kerah lehernya berbentuk V dengan ujung bawahnya saling mengatup ratap. Satu lagi yang penting dalam detail kebaya jawa ini adalah aturan warnanya yang dibatasi hanya hitam dengan bordiran pita emas. Hiasan bordir warna emas ini melingkari ujung lengan, kerah leher dan bagian bawah kebaya. 

 

Baca Artikel Terkait

 

Kebaya Solo 

Kebaya solo masuk ke dalam jajaran model kebaya modern yang disukai berbagai generasi. Secara kasat mata, penampilan kebaya solo dan jawa keratonan hampir menyerupai. Beberapa perbedaan yang dapat kita perhatikan dari detail kedua kebaya tersebut adalah warna dan motifnya. Pada kebaya jawa keratonan, warnanya hanya hitam dengan pita bordir emas saja, sementara kebaya solo masih mengizinkan keberadaan warna coklat pada hiasannya. Jadi kebaya solo terdiri dari warna dasar hitam dengan hiasan bordilnya kuning dan coklat. 

 

Inspirasi Model Kebaya Modern

 

Perbedaan yang kedua selain warna yaitu modil bordilnya. Pada kebaya keratonan, bordil pita hanya di pinggiran saja dengan mengelilingi bawah kebaya, ujung lengan dan kerah leher saja. Tidak ada motif bordil selain di pinggiran pakaian. Namun, kebaya solo tidak demikian. Motif bordilnya hampir penuh di seluruh permukaan kebaya. 

 

Kebaya encim atau kebaya betawi 

Model kebaya modern kedua adalah Kebaya encim datang dari perpaduan adat betawi dengan tionghoa semenjak masa penjajahan Belanda. Kebaya encim terlihat sangat berbeda bila dibandingkan dengan kebaya jawa dan solo sehingga tidak terlalu susah untuk mengidentifikasi keduanya. 

 

Inspirasi Model Kebaya Modern

 

Kebaca encim memiliki potongan pakaian yang lebih pendek dengan model yang lebih sederhana. Panjang kebaya bagian belakang hanya sampai di pinggul saja, sementara bagian depan meruncing. Kerah leher berbentuk V. kebaya encim dihiasi oleh bordilan tanaman atau binatang di sekeliling bawa kebaya, kerah dan ujung lengan. Warna-warna kebaya encim cenderung cerah, seperti kuning, putih, merah, pink dan biru muda. 

 

Kebaya bali 

 

Inspirasi Model Kebaya Modern

 

Kebaya bali masuk ke dalam list inspirasi model kebaya modern berikutnya. Kebaya bali sangat khas dengan selendang yang dililitkan di bagian pinggang. Selendang yang menjadi pengikat pinggang ini memberikan kesan tegas pada bentuk lekuk tubuh. Sementara bagian leher dan sambungan kanan dan kiri kebaya lebih mirip dengan kebaya kutu baru. Kebaya bali memilih warna-warna yang cerah seperti putih dan kuning dengan warna selendangnya yang lebih gelap atau tua. 

 

Kebaya madura 

 

Inspirasi Model Kebaya Modern

 

Kebaya madura mudah dikenali dan dibedakan dari kebaya lainnya. Kebaya madura memiliki warna-warna yang cerah dan tegas seperti merah, hijau dan kuning. Bagian bawahnya dipadukan dengan jarik bermotif batik yang dipakai sepanjang lutut atau sampai betis saja. Bagian kerah leher kebaya madura ini berbentuk V dengan ujung bawahnya yang rapat.  

 

Kebaya kutu baru 

 

Inspirasi Model Kebaya Modern

 

Akhir-akhir ini model kebaya modern yang hits di kalangan anak muda adalah kebaya kutu baru. Model kebaya modern ini mengusung tema lebih fresh dan mengikuti perkembangan tren. Kebaya kutu baru identik dengan kain tambahan yang menghubungkan sisi kanan dan kiri kebaya. Kebaya ini membutuhkan dalaman yang berbentuk kemben dan dibalut stagen di bagian perut. Motif stagen terlihat karena kain penghubung kebaya tidak menutup bagian perut. 

 

Baca Artikel Terkait

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 15
  • 3699 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article