Jangan Salah Berikut Makna Warna Baju yang Sering Dipakai Ketika Paskah | Toko Kain Surabaya

Windy 6 May 2022 at 8:05
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Jangan Salah, Berikut Makna Warna Baju yang Sering Dipakai Ketika Paskah

 

Momen paskah adalah salah satu momen spesial yang identik dengan banyak warna. Kita dengan mudah terbayang dengan berbagai telur paskah yang dihiasi dengan berbagai warna cantik. Tapi apakah Kamu tahu? bahwa sebenarnya setiap warna yang digunakan dalam perayaan paskah sebenarnya memiliki arti tersendiri lho!

Artikel ini akan mengulas lebih mendalam tentang masing-masing warna yang banyak ditemui saat paskah. Ini akan menjadi pengetahuan khusus untuk Kamu sekaligus sebagai bahan untuk pertimbangan ketika Kamu memilih warna baju untuk merayakannya. Penasaran dengan apa saja arti makna warna paskah? Simak lebih lengkap berikut ini!

 

Pilihan Warna Rekomendasi Kain American Drill Bahan Kain Seragam Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Putih

 

Warna Baju Putih Sering Dipakai Saat Paskah

 

Pakaian putih secara umum banyak digunakan khususnya saat ibadah pagi di gereja. Warna ini tentu tidak muncul secara random, sebaliknya memiliki makna yang sangat mendalam. Warna putih saat momen paskah menjadi perlambang untuk kesucian atau kemurnian. Mirip dengan makna warna putih secara umum dan dalam pemahaman agama lainnya. 

Namun, meskipun begitu warna putih juga memiliki makna khusus. Warna tersebut banyak dipercaya merujuk pada bunga bakung paskah. Contohya, seperti bunga lili putih yang banyak tumbuh di Taman Getsemani pasca peristiwa penyaliban Kristus. Selain itu, dalam ilmu kesenian, bunga lili putih sering dihubungkan dengan kesucian Bunda Maria yang perawan. 

 

Baca Artikel Berikut

 

Merah Muda

 

Warna Baju Merah Muda Sering Dipakai Saat Paskah

 

Warna kedua yang juga sering ditemui saat perayaan paskah adalah merah muda. Warna ini sering digunakan khususnya untuk warna telur paskah dan dekorasi, serta pakaian pesta. Tapi apakah kamu tahu bahwa warna ini melambangkan makna tertentu? 

Warna merah mudah memiliki makna kebahagiaan atau kesenangan. Menurut Fifty Flowers, warna merah muda juga banyak dipilih sebagai warna bunga untuk dekorasi pesta paskah. Sebagai simbol untuk berkah dan kelembutan, warna ini digunakan dua kali pada minggu ketiga Advent dan minggu keempat saat saum. 

 

Kuning atau Emas

 

Warna Baju Kuning Atau Emas Sering Dipakai Saat Paskah

 

Warna kuning atau emas juga cukup banyak menjadi pilihan dalam perayaan paskah. Selain melambangkan persahabatan dan keceriaan, simbol dari sinar matahari, kuning juga sering dihubungkan dengan konteks spiritual keagamaan. Warna kuning atau emas menjadi perlambang kebahagiaan, kemenangan dan kebangkitan dari masa-masa penuh perjuangan. 

 

Ungu

 

Warna Ungu Sering Dipakai Saat Paskah

Warna ungu juga sering terlihat pada saat perayaan paskah. Bukan hanya cantik saat dijadikan warna dekorasi atau warna cat telur, ternyata warna ungu juga memiliki makna khususnya sendiri. Warna ini dianggap sebagai perlambang untuk pertobatan atas dosa-dosa yang telah dilakukan sebelumnya. Itulah mengapa warna ini banyak terlihat dipakai saat masa pra paskah dan saat masa adven. Selain itu, warna ungu juga banyak dipakai saat misa arwah, saat ada umat yang meninggal. 

 

Hijau

 

Warna Baju Hijau Sering Dipakai Saat Paskah

 

Warna ini juga sering terlihat digunakan saat perayaan paskah sebagai simbol untuk kehidupan yang abadi. Warna ini sering diasosiasikan dengan kembalinya musim semi, dimana kehidupan kembali hadir dan tumbuhan kembali tumbuh dengan subur. Hal ini sejalan dengan momen paskah yang bertepatan dengan periode kembalinya musim semi. 

 

Baca Artikel Berikut

 

Bagaimana Memilih Warna Baju untuk Paskah?

Berbagai makna warna di atas mungkin membuat Kamu bingung untuk memutuskan, warna baju apa yang paling cocok untuk dipakai. Kamu tak perlu pusing tentang hal itu. Warna-warna di atas hanya sebagai referensi untuk makna-makna khusus yang diangkat pada saat perayaan paskah. Bukan sebagai keharusan untuk Kamu mengikuti daftar warna yang ada. 

Kamu juga bisa memakai baju dengan warna selainnya, seperti warna merah, hitam atau biru. Hal itu bukan sebuah larangan dalam perayaan paskah. Karena yang menjadi inti dari perayaan paskah adalah umat kristiani merayakan momen kebangkitan Yesus setelah kematiannya. Momen yang diharapkan dapat dirayakan dengan aura positif dan kegembiraan karena melambangkan sebuah kebangkitan. 

 

Jadi, Kamu mau pilih warna baju apa?

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 98
  • 13063 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article