Kelebihan dan Kekurangan Berbisnis Lewat Marketplace | Toko Kain Surabaya

Windy 3 May 2021 at 17:48
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Kelebihan dan Kekurangan Berbisnis Lewat Marketplace

 

Mungkin tidak semua orang memahami istilah marketplace, tapi pasti hampir semua orang tahu tentang beberapa situs marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain. Beberapa platform itu telah menjadi bagian dari kehidupan kita, baik bagi para pebisnis untuk menjajakan produknya ataupun masyarakat umum untuk berbelanja online.

Logo Marketplace

Menariknya bahwa aneka platform marketplace yang saling bersaing menyajikan produk yang semakin beragam. Bahkan produk-produk yang sebelumnya dianggap akan sulit untuk dijajakan lewat online. Produk konveksi custom atau pre-order, salah satunya. Sesuatu yang awalnya dianggap harus melalui transaksi secara langsung untuk mendapatkan kualitas produk terbaik.

Tak mengherankan jika akhirnya mulai banyak pengusaha konveksi yang mencoba memanfaatkan marketplace. Namun apakah memang itu adalah strategi yang efektif? Itulah yang lebih penting untuk dipahami. Karenanya berikut ini kami bagikan ulasan lebih lengkap tentang memanfaatkan marketplace untuk berbisnis, berikut kelebihan dan kekurangannya!

 

Baca Juga Yuk Artikel Terkait

 

Kelebihan Platform Marketplace

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika memanfaatkan platform marketplace sebagai media pemasaran bisnis:

  1. Menawarkan Peluang yang Lebih Besar

Pebisnis selalu menyukai peluang, karena itu bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan. Termasuk juga peluang yang ditawarkan oleh marketplace, yang menariknya lebih besar dari pemasaran offline. Bagaimana bisa?

Pertama, peluang marketplace dalam menjangkau pasar yang lebih luas. Bukan hanya menjangkau market dari kota lain, bahkan juga bisa menjangkau pasar negara lain, selama Anda mau. Karena saat ini banyak platform marketplace yang menjangkau pasar global. Dengan jangkauan yang lebih luas, peluang untuk mendapatkan customer tentu semakin terbuka lebar, bukan?

 

Orang sedang berbelanja lewat marketplace

Kedua, peluang marketplace juga lebih besar dari sisi jaringan bisnis. Karena didalamnya berkumpul para pebisnis dari berbagai bidang. Anda bisa menemukan banyak pebisnis dengan bidang yang beririsan, dimana Anda dan mereka bisa saling mendukung. Misalnya Anda sebagai produsen pakaian bertemu dengan pengusaha grosir kain dari kota lain yang bagus. Itu bisa menjadi alternatif untuk mengembangkan bisnis Anda lebih jauh lagi.

 

  1. Biaya Relatif Kecil

Bukan mengada-ada jika ada yang mengatakan bahwa pemasaran online cenderung lebih efisien, memang. Termasuk juga pemasaran melalui platform marketplace juga lebih efisien secara biaya jika dibandingkan dengan metode offline. Dengan target yang sama, misalnya menjangkau pasar luar negeri, memanfaatkan situs marketplace jelas jauh lebih hemat dibanding Anda melakukan pemasaran offline langsung ke luar negeri.

Bahkan kalaupun Anda menggunakan fitur-fitur tambahan yang berbayar di situs marketplace, misalnya seperti iklan, hal itu juga masih lebih hemat. Ini tentu bisa menjadi alternatif yang sangat bagus untuk para pebisnis pemula, yang masih terbatas dari segi biaya pemasaran.

 

  1. Pengelolaan Lebih Mudah

Mungkin ada beberapa pebisnis yang menganggap bahwa menggunakan marketplace itu rumit, namun itu sebenarnya lebih mudah dan praktis daripada toko offline. Selain membutuhkan lebih sedikit tenaga pengelola toko, tidak diperlukan aktivitas buka-tutup ataupun penjagaan oleh security. Karena toko Anda akan buka 24 jam dan aman.

 

Orang sedang berbelanja lewat marketplace

Kalaupun Anda tergolong gagap teknologi, Anda bisa merekrut pegawai khusus untuk menjadi admin toko di marketplace. Lalu beberapa orang lagi untuk mengurus pengepakan dan pengiriman barang. Anda bisa mendapatkan laporan secara instan setiap harinya tentang barang yang terjual dan omset yang diterima. Karena platform marketplace biasanya menyediakan fitur untuk menampilkan laporan transaksi update real time.

 

  1. Fitur-fitur Pendukung

Kelebihan berikutnya yang sangat penting untuk para pebisnis adalah adanya fitur-fitur tambahan yang menarik. Fitur itu bukan hanya memudahkan penggunaan, namun bahkan juga bisa berguna untuk mendukung kredibilitas toko. Karena orang yang berbelanja online harus dibuat percaya supaya mau untuk membeli. Apalagi jika nominal transaksinya cukup besar.

Contoh fitur yang bisa sangat berguna bagi para pebisnis adalah fitur asuransi pengiriman, pembayaran integrasi, rekening bersama dan fitur verifikasi. Fitur-fitur itu mendukung toko Anda untuk mendapatkan kepercayaan, bahkan oleh pelanggan baru. 

 

  1. Tersedia Banyak Promo

Terkadang pembeli menjadi ragu ketika harus dibebankan oleh biaya pengiriman yang mahal. Tapi Anda bisa bernapas lega jika menggunakan marketplace. Karena kebanyakan platform menjalankan banyak promo, salah satunya yang paling sering adalah diskon ongkos kirim.

 

Perhitungan diskon marketplace

 

Tentunya selain itu juga masih tersedia pilihan promo lain, seperti cashback, diskon event khusus, diskon khusus outlet, dan seterusnya. Jadi Anda bisa memaksimalkan kekuatan pemasaran online untuk menggaet hati para customer. 


 

Kekurangan Platform Marketplace

Selain memahami kelebihan, penting juga untuk Anda mengetahui kekurangan dari penggunaan marketplace. Sehingga dengan begitu bisa Anda siapkan strategi sejak awal untuk mengantisipasinya.

 

  1. Persaingan Ketat 

Ini adalah hal pertama yang menjadi tantangan untuk setiap pebisnis yang memanfaatkan platform marketplace. Persaingan yang sangat ketat antar pebisnis dalam satu bidang usaha yang sama. Produk mereka harus berjajar dan secara gamblang menunjukkan harganya, dengan produk para pesaing, yang bisa jadi sama persis. 

 

Persaingan ketat

Misalkan Anda sebagai pengusaha konveksi menjual aneka model seragam kantor. Pesaing Anda yang menjual produk serupa akan muncul dan bersandingan langsung dengan produk Anda setiap saat customer melakukan pencarian. Bagus jika ternyata produk Anda lebih unggul baik dari segi kualitas dan harga. Namun mengkhawatirkan jika sebaliknya, karena biasanya pelanggan akan langsung mengeliminasi produk Anda.

  1. Dipengaruhi Power Marketplace

Hal kedua yang juga perlu Anda perhatikan sebelum memanfaatkan platform marketplace adalah poin ini. Dimana ketika Anda menggunakannya, maka Anda harus patuh dan akhirnya bergantung pada marketplace tersebut. Jika suatu saat mereka menghentikan promo atau bahkan menutup website, Anda tidak bisa protes.

Dari sekian banyak marketplace,  pasti ada situs yang lebih banyak diminati oleh customer. Peluang produk Anda akan lebih banyak ketika menggunakan situs yang ramai tersebut. Tapi untuk lebih amannya, disarankan menggunakan lebih dari satu platform. Karena dalam persaingan bisnis, apapun bisa terjadi, termasuk situs marketplace yang semula ramai bisa menjadi sepi.

 

  1. Brand Awareness Lemah

Brand awareness lemah

 

Kekurangan ketiga dari penggunaan platform marketplace adalah lemahnya brand awareness customer. Kali ini mungkin mereka membeli di toko Anda, tapi di waktu selanjutnya mereka bisa jadi membeli di toko lain. Karena orang yang berbelanja di marketplace mudah berpindah-pindah, selama bisa mendapatkan barang yang lebih bagus.

Sehingga Anda tidak bisa berharap bahwa setiap customer yang sudah membeli akan menjadi pelanggan nantinya. Mereka sangat mudah berpindah ke toko lain, dan kemungkinan juga tak mengingat toko Anda. Sehingga lebih baik untuk fokus pada kualitas, sehingga Anda bisa mendapatkan review dan rating yang bagus. Dengan begitu bisa cepat menarik banyak pelanggan baru.

Itulah kelebihan dan kekurangan memanfaatkan platform marketplace yang perlu Anda pahami dalam berbisnis. Semoga bermanfaat!

 

 

Rekomendasi Bahan Seragam Kerja Unione Drill Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 41
  • 4344 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article