Tips menjahit baju olahraga kustom dengan kain diadora | Toko Kain Surabaya

Windy 11 Aug 2022 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tips menjahit baju olahraga kustom dengan kain diadora 

 

 

Bisnis pakaian kustom sedang naik daun. Hal ini tidak terlepas dari keminatan pasar milenial terhadap segala produk kustom yang hanya dibuat khusus untuk mereka saja. Pasar milenial rela membayar lebih mahal untuk sebuah produk kustom karena dianggap istimewa dan limited. Bisnis produk kustom kini semakin merambah pembuatan outfit olahraga. Berbagai produk olahraga kustom dibuat hanya untuk pemesannya. Dari banyaknya pemesanan tersebut, bahan diadora menjadi salah satu bahan dasar rujukan untuk membuat baju olahraga berkualitas. 

 

baju olahraga dengan kain diadora

 

Bahan diadora dikenal sebagai bahan dasar pakaian olahraga yang super nyaman, lembut dan menyerap keringat. Bahannya pun cukup ringan, sehingga tidak akan membebani pemakainya untuk menggerakkan tubuh lebih aktif. Satu dari permukaannya yang licin dan mengilap, menjadi salah satu daya saing diadora dengan kain baju olahraga lainnya. Kain diadora juga baik sekali dalam menyerap keringat. Namun, satu kelemahannya yaitu bahannya cukup tebal sehingga mengisi volume ruang tubuh. Bahan ini cocok dipakai saat cuaca dingin karena dapat menghangatkan tubuh.

 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Hal yang perlu diperhatikan sebelum menjahit baju olahraga diadora 

  1. Pastikan karakteristik dan serat kainnya.

Untuk membuat produk kustom yang memuaskan, kita perlu memeriksa semua prosesnya dari A-Z. kita perlu memahami bagaimana sifat diadora, sehingga dapat merencanakan proses pemotongan dan penjahitannya dengan tepat. 

 

baju olahraga dengan kain diadora

 

 

  1. Melengkapi ukuran kustom yang dibutuhkan 

Yang tidak kalah penting untuk disiapkan adalah ukuran baju olahraga yang akan dibuat. Karena ini adalah pesanan kustom, maka ukuran yang dipakai sebaiknya berdasarkan pengukuran langsung pada sang pemesan, bukan menggunakan standart ukuran umum. Karena salah satu motivasi memesan kustom adalah untuk mendapatkan baju olahraga yang fit di badan dan nyaman beraktivitas. 

 

  1. Fixasi pola dan desain baju olahraga agar sesuai pesanan 

Sebelum memulai produksi baju olahraga, kita butuh meminta konfirmasi pada pemesan mengenai persetujuan model bajunya. Apakah pemesan menginginkan satu ciri khas desain yang berbeda, yang lebih unik, mungkin juga perpaduan warna yang tidak pasaran, dan sebagainya. Hal ini penting dilakukan demi mendapatkan kepuasan pelanggan.

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Tips menjahit baju olahraga diadora yang awet

  1. Teknik jahitan 

Untuk menjahit baju olahraga yang berkualitas dan kuat, kita membutuhkan teknik jahitan yang kuat dan rapat. Namun rupanya teknik jahitan ada beberapa jenis bergantung pada kegunaannya. Teknik jahit tiga jarum yang saat ini sering diandalkan oleh konveksi kaos olahraga. Menjahit dengan tiga jarum bersamaan ini diaplikasikan untuk jahitan di leher, ujung lengan dan ujung bawah kaos. Sedangkan untuk jahitan di bagian lainnya menggunakan teknik jahit biasanya. 

 

baju olahraga dengan kain diadora

 

  1. Benang yang dipakai 

Layaknya semen yang merekatkan material dinding, benang memiliki fungsi yang sama untuk menyatukan setiap lembar kain menjadi baju olahraga. Semakin tinggi aktivitas yang dilakukan dengan pakaian tersebut, semakin tinggi pula peluang jahitannya rusak. Namun, itu tidak akan terjadi ketika benang yang dipakai menjahit adalah benang berkualitas tinggi yang tidak mudah putus. Benang yang berkualitas, lebih tahan terhadap kondisi-kondisi yang ekstrem. 

Untuk menjahit baju olahraga berbahan diadora, pilihlah benang yang kuat, contohnya benang dari nylon. Hal ini agar jahitan lebih tahan lama sekalipun digunakan banyak beraktivitas bahkan dalam kondisi basah. Beberapa jenis benang berkualitas rendah, mudah putus dalam keadaan basah atau sering mendapatkan tarikan. Ketika benang mudah putus, jahitan gampang sobek dan kegiatan berolahraga jadi terganggu. 

 

  1. Jenis jarum 

Jarum adalah elemen penting dalam proses menjahit baju olahraga berbahan diadora. Memilih jarum yang tepat untuk menjahit, memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil baju olahraganya. Jarum dipilih berdasarkan tipe kain dan ketebalan kainnya. Menjahit kain katun biasa dengan kain jeans yang tebal, seharusnya menggunakan dua jarum yang berbeda. Kain jeans yang tebal dan keras, tidak akan mampu dijahit dengan jarum yang kecil seperti halnya menjahit katun. Kita membutuhkan nomor jarum yang lebih besar agar mampu menembuskan benang ke kain yang tebal. 

Hal yang sama juga berlaku saat kita menjahit baju olahraga berbahan diadora. Kain diadora sedikit lebih tebal dibandingkan katun, namun tidak setebal atau sekeras kain jeans. Ketebalan kain diadora dipengaruhi oleh satu sisinya yang lebih berbulu. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan jarum jahit mesin dengan nomor yang lebih besar dari yang biasa dipakai menjahit katun. 

 

 

baju olahraga dengan kain diadora

 

  1. Jahit pinggiran kain 

Kita pun perlu memastikan benang pada pinggiran kain diadora tetap rapi dan awet. Bila pinggiran kain ini dibiarkan, lambat laun benangnya akan keluar-keluar dan jahitan jadi kendor. Ada beberapa teknik jahit pinggiran kain yang dapat dilakukan untuk finishing menjahit baju olahraga, yaitu dengan nechi, obras atau jahitan tepi. Nechi dapat digunakan untuk bagian luar kain yang terlihat. Obras lebih sering diaplikasikan untuk semua pinggiran kain yang nantinya akan dijahit, sedangkan jahit tepi saat ini banyak dipakai untuk berbagai pinggiran dengan cara dijahit kecil dan rapi. 

 

 

Pilihan Warna Bahan Diadora Bahan Pakaian Olahraga Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 15
  • 2336 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article