7 Faktor yang Mempengaruhi Harga Kain Drill | Toko Kain Surabaya

Eva J 11 Jun 2023 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

7 Faktor yang Mempengaruhi Harga Kain Drill

 

Kain Unione Drill Kode 783

 

Kain drill adalah bahan tekstil yang sering digunakan untuk membuat pakaian kerja, seperti jaket, celana, dan seragam. Harga kain drill dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor internal maupun eksternal. Pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi harga kain ini dapat membantu Anda dalam memilih kain yang tepat untuk kebutuhan Anda dan juga membantu Anda memprediksi harga di masa depan. Untuk lebih jelasnya, mari kita uraikan satu per satu. 

 

Baca Juga Artikel

 

 

Permintaan pasar

Banyaknya permintaan pasar bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan harga kain drill menjadi mahal. Permintaan pasar yang tinggi terjadi ketika banyak konsumen yang ingin membeli kain drill untuk kebutuhan produksi pakaian, baik itu pakaian kerja maupun pakaian sehari-hari.

Ketika permintaan pasar naik, hal ini dapat menyebabkan kenaikan harga drill karena produsen kain drill memiliki keterbatasan dalam produksi kain. Naiknya permintaan dapat membuat persediaan kain drill menipis dan produsen terpaksa menaikkan harga untuk mengatur permintaan. 

Harga Bahan Baku 

Kain Japan Drill Kode 714

 

Kain drill terbuat dari campuran serat katun dan polyester, yang harganya bisa berfluktuasi tergantung pada ketersediaan bahan baku dan harga pasar. Mahalnya harga bahan baku dapat menyebabkan harga kain drill menjadi mahal. Terlebih apabila terjadi kelangkaan bahan baku akibat gagal panen, kondisi musim yang tidak mendukung, ataupun penurunan kualitas panen, yang menyebabkan fluktuasi harga bahan baku.

Kelangkaan bahan baku juga dapat terjadi pada situasi-situasi yang sulit sehingga harganya tiba-tiba melejit. Kondisi tidak terprediksi inilah yang menjadi salah satu faktor kenaikan harga drill. 

 

Kelangkaan Energi 

Ketersediaan energi menjadi hulu dari semua proses ekonomi sesudahnya. Produksi, distribusi hingga konsumsi, semuanya membutuhkan energi agar bisa berjalan. Energi dibutuhkan dalam produksi kain, proses pemintalan, produksi benang, operasional, bahan bakar untuk distribusi dan sebagainya, membutuhkan energi. Apabila energi menjadi langka, harganya akan naik semakin mahal. Kenaikan harga energi ini tentu saja berpengaruh langsung pada kenaikan proses sesudahnya yang berujung pada naiknya harga kain drill. 

 

Biaya produksi 

Banyak faktor  yang mempengaruhi biaya produksi kain drill. Di antaranya adalah harga bahan baku, infrastruktur, gaji tenaga kerja, harga energi penggerak produksi dan sebagainya. Semua variabel ini mempengaruhi biaya produksi. Apabila salah satu variabel naik harganya, maka biaya produksi kain drill secara keseluruhan juga ikut naik. Hal ini memaksa para pelaku industri yang menjadikan drill sebagai produk mereka terpaksa ikut menaikkan harga kain drill agar tidak merugi. 

Ada beberapa strategi yang biasanya diterapkan produsen kain drill untuk mengerem kenaikkan harga meskipun beberapa variabel produksi naik harganya. Misalnya dengan melakukan efisiensi energi, pengurangan jumlah tenaga kerja hingga mengganti kualitas bahan baku. Namun tentu saja strategi ini menyebabkan penurunan kualitas dan persaingan di pasar. 

 

Kain Ribstop Drill Kode 128

 

Persaingan Pasar

Persaingan pasar antar produsen dan antar distributor untuk mendapatkan pembeli semakin hari semakin sengit. Persaingan juga akan merambah pada harga kain drill. Apabila persaingan begitu ketat dengan jumlah pemain yang banyak sementara pangsa pasar terbatas, cenderungnya pengusaha akan menurunkan harga jual kainnya agar bisa tetap laku dan bertahan. 

 

Kondisi Musim dan Iklim 

Musim dan iklim berkaitan erat dengan suplai bahan baku kain drill dan permintaan kain drill di pasar.  Musim dan iklim yang ekstrem dan tidak menentu, menyebabkan gagal panen bahan baku pembuatan benang yang akan ditenun menjadi kain drill. Akan terjadi kelangkaan bahan baku dan stok yang tersedia juga tidak terjamin kualitasnya. Saat kelangkaan melanda, harga tetap menjadi tinggi dan barang tetap akan laku. 

Pada situasi musim dan iklim yang fluktuasi ini, permintaan pasar terhadap kain drill juga berpotensi turun bergantung pada kondisi cuaca. Pada musim-musim yang dingin dan berangin, kain drill tidak cocok dijadikan pilihan. Namun, pada musim yang normal dan kemarau, kain ini cocok karena menyerap keringat. Jumlah permintaan pasar pada musim-musim tertentu juga menjadi faktor kenaikan harga kain. 

 

Produk Kain Impor 

Tidak hanya mengimpor sembako dari luar negeri, rupanya Indonesia masih juga mengimpor bahan baku pakaian hingga pakaian yang sudah jadi. Tinggi rendahnya arus barang impor yang menggempur pasar Indonesia ini membuat pelaku bisnis lokal memutar otaknya. Salah satu yang menjadi perhatian besar adalah harga kain. Ketika banyak sekali impor kain yang dihargai murah dengan kualitas bersaing dari luar negeri, otomatis memaksa pengusaha kain lokal untuk ikut menyesuaikan harga kain mereka. harga kain drill bisa turun lebih murah.

 

 

Kain Japan Drill Kode 392

 

Dari 7 faktor yang telah dibahas, dapat disimpulkan bahwa harga kain drill dipengaruhi oleh banyak faktor yang kompleks. Pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi harga kain drill dapat membantu pelaku industri untuk menyesuaikan strategi bisnis mereka secara efektif.

 

Baca Juga Artikel

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 5
  • 612 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article