Tips And Trick Baju Putih Agar Terlihat Bersih Seperti Baru | Toko Kain Surabaya

Hilda W 25 Jul at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

 

Tips And Trick Baju Putih Agar Terlihat Bersih Seperti Baru

 

 

Tips And Trick Baju Putih Agar Terlihat Bersih Seperti Baru

 

Baju berwarna putih tetap bisa bersih seperti baru dengan menggunakan beberapa cara mencuci baju putih dari Jakmall. Simak cara lengkapnya di sini!

Baju berwarna putih jadi benda yang wajib ada di lemari. Warnanya yang netral membuat baju ini mudah dipadupadankan dengan baju dan bawahan lainnya. Tak hanya itu, warna putih juga bisa membuat seseorang terlihat rapi dan berwibawa.

Meski cocok digunakan ke berbagai acara, sayangnya banyak orang yang enggan membeli baju ini karena mudah kusam atau menguning jika tidak dicuci dan dirawat dengan benar. Tak hanya itu, baju putih juga lebih rawan terkena lunturan warna dari baju lainnya.

Nah, jika kamu berniat membeli baju dengan warna ini, tak usah khawatir karena Jakmall.com sudah menyiapkan beberapa cara mencuci baju putih agar tetap bersih yang bisa kamu praktekkan di rumah.
 

Cara Mencuci Baju Putih, Kinclong dan Bebas Noda

 

Mengatasi masalah baju putih yang kusam dan menguning ternyata tak perlu menghabiskan banyak tenaga. Yuk, simak beberapa cara mencuci baju putih agar kinclong dan bebas noda agar baju favoritmu tetap bersih seperti baru.

 

1. Pisahkan Baju Putih dari Baju Berwarna

 

 

 Pisahkan Baju Putih dari Baju Berwarna

 

 

Cara mencuci baju putih pertama adalah memisahkannya dengan baju berwarna.

Baju dengan warna gelap seperti merah, cokelat, biru, dan hitam umumnya diwarnai menggunakan pewarna kain yang pekat. Pewarna ini dapat luntur bahkan sampai beberapa kali proses pencucian.

Maka pisahkan baju putih untuk mencegah terkena lunturan warna dari baju lainnya saat mencuci menggunakan tangan atau mesin cuci.

 

2. Bersihkan Noda Sebelum Dicuci

 

 

 Bersihkan Noda Sebelum Dicuci

 

 

Setelah memisahkan baju, ada baiknya kamu membersihkan noda yang menempel di baju sebelum mencucinya. Cara ini dilakukan untuk mencegah noda bekas kotoran semakin melebar atau meninggalkan bercak pada bagian baju.

Kamu dapat menggunakan klorin atau produk penghilang noda lainnya kemudian aplikasikan pada bagian baju yang terkena noda dan kucek hingga noda hilang. Kamu bisa ulang langkah ini hingga baju benar-benar bersih dari noda.

Punya konsentrasi lebih tinggi dari deterjen biasa, pastikan kamu tidak berlebihan menggunakan produk penghilang noda karena bisa merusak serat pada baju.

 

3. Gunakan Deterjen Khusus

 

 

Gunakan Deterjen Khusus

 

 

Jika kamu bermasalah dengan baju kumal, menggunakan deterjen khusus bisa jadi pilihan cara mencuci baju putih yang menguning.

Berbeda dari deterjen biasa, deterjen khusus untuk baju putih biasanya dibekali kandungan optical brighteners yang berfungsi untuk mengikat cahaya biru sehingga baju terlihat cerah. Tak hanya itu, kandungan ini juga berfungsi untuk mencegah pigmen warna dalam air agar tidak menempel di baju.

Meski bagus digunakan untuk mencuci baju putih, hindari menggunakan deterjen ini secara berlebihan karena dapat meninggalkan bercak di serat baju.

 

4. Manfaatkan Sitrun

 

 

Manfaatkan Sitrun

 

 

Alternatif bahan lain yang dapat digunakan untuk membuat baju putih terlihat bersih seperti baru adalah sitrun. Bahan yang terbuat dari fermentasi berbagai jenis jeruk ini ternyata sangat ampuh untuk mencerahkan dan mengangkat noda dari baju.

Cara mencuci baju putih dengan sitrun juga sangat mudah, cukup campurkan beberapa sendok sitrun dengan air hangat kemudian gunakan air ini untuk merendam baju. Tunggu selama 20-30 menit dan kucek baju hingga noda menghilang.

Kamu bisa langsung menjemur baju atau mencucinya lagi dengan deterjen dan bilas hingga bersih untuk hasil maksimal.

 

5. Cuci dengan Air Hangat

 

 

 Cuci dengan Air Hangat

 

 

Tidak hanya berfungsi untuk meregangkan otot yang lelah seharian beraktivitas, air hangat juga dapat digunakan untuk mencuci baju putih.

Pasalnya suhu panas pada air ini membantu proses pelepasan kotoran dan minyak yang menempel pada serat baju. Kamu jadi tak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu dan tenaga untuk mengucek baju.

Selain itu, air hangat juga bisa meluruhkan debu dan partikel mikro lain yang menyebabkan baju terlihat kusam.

 

6. Tambahkan Pemutih Pakaian

 

Jika semua langkah di atas sudah kamu lakukan dan belum menunjukkan hasil, cara mencuci baju putih yang menguning selanjutnya adalah menambahkan pemutih.

Pemutih bekerja dengan mengikir lapisan terluar pakaian serta menghancurkan debu dan kotoran yang menempel. Cara kerja ini membuat pemutih punya kandungan lebih keras jika dibanding deterjen biasa sehingga kamu tidak dianjurkan terlalu sering menggunakannya.

Selain menggunakan produk pemutih yang ada di pasaran, kamu juga dapat menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur seperti soda kue atau boraks.

 

7. Bilas dengan Cuka

 

Cara mencuci baju putih terakhir adalah dengan membilasnya dengan cuka untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran yang masih menempel.

Campurkan satu cangkir cuka pada air yang digunakan untuk membilas pakaian. Gunakan air ini pada bilasan pertama dan kedua hingga busa deterjen benar-benar bersih. Setelah itu bilas baju menggunakan air hangat dan jemur di bawah sinar matahari lansung.

Cara mencuci baju putih memang sedikit lebih rumit jika dibandingkan mencuci baju dengan warna lainnya. Namun, kamu pasti tidak akan menyesal saat melihat baju favoritmu terlihat bersih seperti baru dibeli dari toko.

Selamat mencoba!

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 4
  • 84 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article