Tips Merawat Kain Crinkle Supaya Tahan Lama | Toko Kain Surabaya

Eva J 22 Jun 2023 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tips Merawat Kain Crinkle Supaya Tahan Lama

 

 

 

Kain crinkle

 

 

Cara merawat kain crinkle menjadi salah satu topik yang banyak di cari belakangan ini. Hal ini tidak terlepas dari pakaian berbahan crinkle yang menjadi salah satu tren populer baru-baru ini. Kain crinkle merupakan salah satu bahan pakaian yang banyak dijual di platform e-commerce. Mulai dari atasan, blouse, gamis, bahkan kerudung berbahan crinkle. Meskipun demikian, banyak orang masih belum mengetahui secara jelas tentang kain crinkle.

 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

 

 

Karakteristik Kain Crinkle

Kain crinkle adalah jenis kain yang memiliki karakteristik unik berupa lipatan-lipatan atau kerutan-kerutan pada permukaannya. Karakteristik ini terjadi karena kain tersebut diproses dengan teknik yang disebut "crinkling" atau "pleating" yang menghasilkan tampilan yang berbeda dari kain biasa.

Salah satu karakteristik kain crinkle yang paling mencolok adalah keanggunan dan kerutannya yang teratur. Kain ini sering digunakan dalam pembuatan pakaian wanita, terutama untuk gaun atau blus, karena memberikan tampilan yang feminin dan elegan.

Selain itu, kain crinkle juga memiliki keunggulan dalam hal perawatan dan penggunaannya. Karena memiliki lipatan-lipatan atau kerutan-kerutan yang alami, kain ini tidak memerlukan penyetrikaan yang rumit. Cukup diregangkan dan dijepit untuk mempertahankan bentuknya. Kain crinkle juga relatif mudah dijahit dan tidak mudah terlipat, sehingga sangat cocok untuk pakaian yang sering digunakan.

 

 

Jenis Kain Crinkle

 

 

Jenis kain crinkle

 

 

Saat ini kain crinkle banyak digunakan untuk bahan pembuat berbagai macam pakaian, misalnya seperti blouse dan hijab. Ada beberapa variasi kain crinkle yang sering digunakan di pasaran. Berikut beberapa jenis kain crinkle yang sering dijumpai:

 

  1. Crinkle Crepe

Jenis kain crinkle crepe merupakan jenis yang kerutannya paling terlihat. meskipun terlihat kasar, Crinkle jenis tetap lembut ketika disentuh dan bersifat elastis. Crinkel Crepe sangat cocok digunakan di iklim tropis seperti Indonesia.

 

  1. Crinkle Silk

 Jenis kain crinkle silk adalah gabungan crinkle dengan kain satin. Biasanya, kain crinkle silk terbuat dari benang sutra sehingga membuatnya cenderung transparan dan membutuhkan lapisan lainnya untuk digunakan. Karakter bahan yang seperti ini membuat tampilannya mewah dan dapat dipadukan dengan berbagai macam jenis produk fashion lainnya.

 

  1. Crinkle Cotton

Crinkle cotton sebenarnya memiliki tampilan yang hampir sama dengan kain crinkle lainnya. Yang membedakan, crinkle cotton terbuat dari katun sehingga lebih tebal daripada tampilan kain crinkle lainnya. Karena katun memiliki sifat menyerap keringat dengan baik, crinkle cotton biasa dijadikan blouse dan dress.

 

  1. Crinkle Shawl

Jenis kain crinkle shawl adalah salah satu varian crinkle yang paling sering digunakan sebagai bahan jilbab pashmina. Kain ini tergolong ringan dan teksturnya bergelombang. Walaupun tampilannya terlihat seperti kusut, kain ini tetap nyaman digunakan karena sejuk.

 

  1. Crinkle miyake 

Jenis kain crinkle miyake sangat populer di Jepang. Namun saat ini,crinkle miyake juga sedang naik daun dan sering digunakan sebagai variasi motif celana kulot di Indonesia. Kulot dengan bahan crinkle miyake sangat dimininati oleh para muslimah yang sering memadu padankannya dengan blouse atau outer tertentu.

 

 

Rekomendasi Bahan Celana Kulot Unione Drill Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

 

 

Merawat Kain Crinkle

 

 

Merawat kain crinkle

 

 

Selain jenis-jenis yang sudah dijelaskan sebelumnya, masih banyak varian kain crinkle yang sebenarnya bisa Andda temukan. Namun, ke lima contoh varian di atas sudah cukup memberikan gambaran tentang karakteristik dan ciri-ciri kain crinkle. Berikut ini adalah beberapa tips efektif dalam merawat kain crinkle yang ringan, tipis, dan lembut:

 

  1. Hindari penggunaan mesin cuci dan mesin pengering

Salah satu tips untuk merawat kain crinkle adalah pada metode pencucciannya. Mencuci kain crinkle dengan tangan sangat disarankan agar kain ini tetap awet. Alasannya karena mesin cuci dapat merusak serat kain. Apalagi jika mengeringkannya dengan mesin cuci, maka kain crinkle yang pada dasarnya lembut dan tipis akan jadi mudah robek. Jadi, setelah mencucinya dengan tangan, lebih baik langsung menggantungnya untuk tetap menjaga kualitas kain crinkle.

 

  1. Gunakan deterjen yang lembut

Pilihlah deterjen yang dirancang khusus untuk kain yang ringan dan lembut. Jangan gunakan deterjen yang mengandung pemutih atau bahan kimia agresif lainnya yang dapat merusak tekstur crinkle pada kain. 

 

  1. Jangan memutar atau menggosok kain secara kasar

Hindari memutar atau menggosok kain secara kasar saat dicuci agar tidak merusak kerutan alami pada kain crinkle.

 

  1. Hindari Sikat dan Pemutih

Pada dasarnya kain crinkle memiliki karakteristik halus dan ringan. Namun, karakteristik tersebut membuatnya lebih rentan rusak jika tidak dirawat dengan hati-hati. Penggunaan sikat baju dan produk pemutih dapat merusak serat kain juga merusak warna asli kain. Sehingga kedua hal ini sangat tidak direkomendasikan untuk digunakan dalam merawat kain crinkle agar tetap awet.

 

  1. Hindari Air Panas dan Setrika

Beberapa jenis kain memang dapat dicuci dengan air panas untuk membunuh bakteri pada pakaian. Tapi untuk jenis kain crinkle, mencucinya dengan air panas dapat merusak kain. Menggunakan setrika juga dapat merusak crinkle, karena dapat menghilangkan kerutan alamin kain crinkle, bahkan berpotensi melubangi kain crinkle karena panas setrika.

 

  1. Jemur kain dengan cara yang tepat

Jangan menjemur kain crinkle di bawah sinar matahari langsung karena hal ini dapat memudarkan warnanya. Sebaiknya, jemur kain di tempat yang teduh dan angin yang cukup, lalu lipat kain secara rapi agar tetap terjaga kerutan alaminya.

Dengan merawat kain crinkle dengan tepat, Anda dapat memperpanjang umur pakai kain ini dan menjaga keunikan teksturnya tetap terjaga. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 10
  • 1774 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article