Rekomendasi Bahan yang Nyaman untuk Bekerja Outdoor | Toko Kain Surabaya

Windy 4 Dec 2021 at 7:41
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Rekomendasi Bahan yang Nyaman untuk Bekerja Outdoor

 

 

Apa sih bekerja outdoor itu?

 

 

Bekerja outdoor adalah aktivitas bekerja yang lebih banyak dilakukan di luar ruangan. Sebagian besar orang memandang bekerja di lapangan terasa lebih berat dibanding kerja di kantoran. Medan kerja yang harus bersentuhan langsung dengan cuaca, kepadatan lalu lintas dan konsumen/klien dari beragam karakter menjadi tantangan tersendiri.

Selain tantangan, bekerja outdoor ternyata mempunyai kelebihan dibanding kerja kantoran. Seperti saat bertemu dengan orang, maka bisa membangun relasi. Jika melebihi target, komisi pun menjadi lebih besar. Jam kerja yang lebih fleksibel menjadi kelebihan tersendiri bekerja outdoor. Tahukah kamu bahwa jenis pekerjaan outdoor itu banyak sekali? Tidak sebatas mereka yang kerja di lapangan proyek atau sales, loh!

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Jenis-jenis pekerjaan outdoor

Sebenarnya maklum jika banyak yang beranggapan bahwa bekerja outdoor hanya sebatas pekerjaan proyek atau sales yang menawarkan produk ke rumah-rumah dan pertokoan. Mungkin, karena dua pekerjaan lapangan itu yang sering kita jumpai.

Apabila seseorang mengobservasi pekerjaan lapangan, akan lebih banyak lagi ditemukan variasinya. Seperti kontraktor, tim survei, supir, teknisi, fotografer, event organizer dan masih banyak lagi adalah jenis-jenis dari pekerjaan outdoor.

 

Penting! Pekerja outdoor memperhatikan kenyamanan pakaian yang digunakan

Di awal telah disinggung bahwa bekerja lapangan adalah mereka yang bekerja di luar ruangan, maka pilihan bahan pakaian yang nyaman untuk bekerja menjadi salah satu yang perlu diperhatikan. Hal ini karena pakaian yang tidak nyaman akan mengganggu suasana hati dan produktivitas dalam melakukan pekerjaan.

 

Adapun rekomendasi bahan pakaian yang nyaman untuk bekerja outdoor, antara lain;

 

  1. Katun

 

 

Katun menjadi rekomendasi pertama yang cocok digunakan bekerja outdoor. Hal ini karena karakteristik katun yang dingin dan menyerap keringat menjadi pilihan tepat bekerja di bawah terik dan yang banyak bergerak. Banyaknya jenis katun membuat bahan ini bisa jadikan atasan, bawahan bahkan setelan dalam bekerja outdoor.

Bekerja di lapangan ada yang dituntut untuk tampil formal dan boleh kasual. Umumnya yang tampil kasual menggunakan kaos berbahan katun combed dan kaos bahan polo shirt. Sedangkan jenis katun yang memberikan kesan formal ketika dilapangan adalah katun toyobo, katun madinah, serta katun oxford.

 

  1.  Drill

 

 

Drill adalah rekomendasi bahan selanjutnya yang nyaman digunakan untuk bekerja outdor. Bahan ini memang banyak sekali digunakan untuk seragam kerja baik yang bekerja di dalam maupun di luar kantor. Karakteristiknya yang tebal dan terdapat garis diagonal pasa permukaan kainnya. Untuk kadar kemampuan menyerap keringatnya tergantung komposisi bahannya. Lebih banyak kandungan katun atau polyester.

Ada tiga jenis drill, yaitu twill drill, americanwamerican drill dan japan drill/nagata. Berdasarkan ketebalan serta kelembutan kainnya yang cocok untuk digunakan bahan pakaian kerja outdoor adalah american drill dan japan drill. Untuk kualitas terbaik dari drill yang selaras dengan harga lebih mahal merupakan ciri dari japan drill.

 

Cek Yuk Bahan Seragam Kerja American Drill Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

  1.  Kanvas

 

 

Untuk pekerjaan proyek yang membutuhkan seragam lapangan dengan memberikan perlindungan dari goresan material serta alat-alat berat di lokasi proyek membutuhkan seragam yang lebih tebal serta nyaman. Oleh karena itu, bahan kanvas menjadi jawaban atas kebutuhan tersebut.

Kanvas memilik karakteristik tebal dan menyerap keringat. Hal ini karena kanvas juga terbuat dari pintalan benang kapas dan masih masuk dalam kategori katun. Kekurangan dari bahan ini selain harganya lebih mahal dibanding katun dan drill, kain kanvas memiliki keterbatasan warna-warna gelap saja. Variasi warna yang biasanya tersedia adalah hitam, abu-abu, kream, cokelat tua, dan hijau tentara.

 

  1.  Ripstop

 

 

Jika tiga rekomendasi bahan sebelumnya merupakan kain yang pemintalannya dominan katun, ripstop adalah jenis bahan pakaian pekerja outdoor yang pemintalannya mengandung bahan nilon.

Karakter bahan ripstok tebal setara dengan kanvas. Selain itu, pada permukaannya mempunyai tekstur kotak-kotak. Dipintal dengan teknik penguatan membuat bahan ini cukup kuat dan tidak mudah sobek oleh goresan. Termasuk jenis bahan yang kedap air.

Rekomendasi dari ripstop ini bisa dibuat kemeja, jaket, celana, rompi, tas. Seragam tentara adalah salah satu bentuk pakaian yang terbuat dari ripstop.

 

Rekomendasi Bahan Ribstop Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

  1.  Taslan

 

 

Taslan adalah jenis bahan yang cocok sekali untuk dibuat jaket. Perkembangan lapangan driver ojek online  dan kurir ekspedisi menumbuhkan kebutuhan pakaian kerja yang memberikan kenyamanan saat memakainnya dan juga perlindungan dari angin serta air saat berkendara. Jaket berbahan taslan menjadi rekomendasi pakaian outdoor yang sesuai untuk pekerjaan tersebut.

Karakteristik taslan memiliki serat yang rapat dan sedikit kaku. Pada permukaannya terlihat motif salur, dan waterproof.  Umumnya taslan yang digunakan untuk jaket pengemudi sepeda ini berjenis taslan salur WP, heavy taslan WP, dan taslan milky. Jika dalam membuat seragam outdoor yang warnanya terlihat terang, maka jenis taslan yang menyediakan variasi warna tersebut adalah taslan salur WP dan taslan milky. Sebaliknya jika hendak memilih warna yang sedikit doff maka pilihan yang tepat heavy taslan WP.

 

Pilihan Warna Bahan Parasut Milky Taslan di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 26
  • 5974 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article